Catat 22 Wisata Cirebon Ini, Liburanmu Bakal Makin Hepi!

wisata Cirebon

Coba tebak! Kota udang adalah istilah untuk daerah apa? Heuuum, nyerah? Jawabannya Kota Cirebon! Liburan ke sini, ada banyak baget objek wisata Cirebon yang layak kamu eksplor satu per satu. Ada wisata bersejarah, wahana seru buat main air, bahkan mall kekinian yang lengkap banget. Cocok buat panduanmu pas liburan nanti, yuk kita simak daftar objek wisata Cirebon berikut ini!

1. Bukit Gronggong

wisata Cirebon
Credit: Instagram.com/mommykirana

Berhubung masih suasana Valentine, coba ajak sang pujaan hati ke Bukit Gronggong. Berlokasi di perbatasan antara Cirebon dan Kuningan, destinasi wisata satu ini romantis banget! Saat malam mulai tiba, kalian bisa menyaksikan pemandangan kota yang super indah. Lampu yang gemerlapan akan menambah suasana romantis bukit ini! 

Alamat Bukit Gronggong: Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat

2. Wisata Kera Plangon

wisata Cirebon

Credit: indonesia.travlr.com

Gak terlalu jauh dari pusat kota, kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama sekitar 45 menit untuk tiba di Wisata Kera Plangon. Di sini, kamu bisa berfoto dan bermain dengan para monyet yang aktif banget! Cara memanggil kawanan monyet juga sangat mudah. Tinggal pukul salah satu pohon tua yang memiliki lubang di tengah, monyet-monyet akan langsung berdatangan. Seru banget!

Alamat Wisata Kera Plangon: Babakan, Kecamatan Sumber, Cirebon, Jawa Barat

3. Taman Sari Gua Sunyaragi

wisata Cirebon
Credit: Instagram.com/yenni_puspo

Namanya Gua Sunyaragi diambil dari Bahasa Sansekerta. Sunya artinya sepi dan ragi berarti raga. Sesuai dengan namanya, gua ini dulunya merupakan tempat meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya. Sekarang, gua ini dijadikan destinasi wisata Cirebon yang instagenic banget. Dibagun dengan bebatuan yang megah, hunting foto di sini, hasilnya ciamik!

Alamat aman Sari Gua Sunyaragi: Sunyaragi, Kesambi, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat

4. Keraton Kasepuhan Cirebon

wisata Cirebon
Credit: nativeindonesia.com

Kasepuhan merupakan salah satu keraton tertua dan terbesar di Cirebon. Berdiri dari tahun 1529 yang lalu, bangunannya sangat kokoh dan keren! Banyak gaya arsitektur yang tertuang dalam bangunan ini. Ada aksen Hindu serta Tiongkok. Saat berkunjung ke sini, jangan lupa singgah melihat Kereta Singa Barong. Kereta itu merupakan kendaraan kebanggan kesultanan, lho.

Alamat Keraton Kasepuhan Cirebon: Jl. Kasepuhan No. 43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

5. Keraton Kanoman Cirebon

wisata Cirebon
Credit: cirebonlovers.blogspot.com

Berkunjung ke Keraton Kanoman Cirebon, kamu akan dibuat terpesona dengan bangunan yang ada di sini. Hampir semua gedungnya dihiasi piring-piring porselen asli Tiongkok. Bisa dibayangkan betapa elegannya gedung keraton ini!

Alamat Keraton Kanoman Cirebon: Jl. Winaon Kampung Kanoman, Kanoman, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

6. Pantai Kejawanan

wisata Cirebon
Credit: Instagram.com/ochiepasadena

Dari wisata Cirebon yang bersejarah, kita beranjak ke pantai-pantai yang keren. Pertama ada pantai Kejawanan. Untuk menikmati keindahan pantai ini, kamu cuman perlu bayar tiket masuk Rp6.000 saja. Beroperasi dari jam 6 pagi hingga 6 sore, kamu bisa menyaksikan sunset-nya yang bagus banget.  

Alamat Pantai Kejawanan: Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

7. Situ Sedong

wisata Cirebon
Credit: Instagram.com/dodyvirgantoro

Sebenarnya, situ ini memiliki fungsi untuk menampung air hujan, supaya Kota Cirebon tetap aman dari banjir. Tapi, pesonanya yang mencuri perhatian membuat banyak pengunjung berbondong-bondong datang ke sini. Cocok banget dijadiin tempat nyantai dan menghilangkan rasa penat.

Alamat Situ Sedong: Setu Sedong, kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat

8. Wanawisata Ciwaringin

wisata Cirebon
Credit: nativeindonesia.com

Siapa yang suka menghirup aroma minyak kayu putih? Kalau kamu orangnya, penting banget catat tempat ini dan kunjungi pas ke Cirebon nanti! Kawasan ini merupakan tempat tanaman kayu putih. Daunnya punya aroma yang sama dengan minyak kayu putih. Main ke sini, bakal terasa warm dan menenangkan.

Alamat Wanawisata Ciwaringin: Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat

9. Desa Wisata Cikalahang

wisata Cirebon
Credit: masdonie.blogspot.com 

Tempatnya hijau dan segar banget. Cocok dijadikan tempat refreshing setelah lelah dengan aktivitas yang super padat. Serunya lagi, objek wisata Cirebon yang satu ini punya sampan berbentuk bebek. Kamu bisa menyewanya untuk mengapung di perairan ini dan memandang pepohonan yang hijau banget.

Alamat Desa Wisata Cikalahang: Cikalahang, Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat

10. Banyu Panas Palimanan

Credit: cireboner.com

Supaya rasa pegal di badan sirna, berendam aja di  Banyu Panas Palimanan. Memiliki kandungan zat belerang yang tinggi, berendam di sini dipercaya bisa mengobati penyakit kulit dan tulang. Untuk memanjakan pengunjung, objek wisata Cirebon ini juga dilengkapi tempat untuk membasuh badan dan kamar mandi. Pas ke Cirebon nanti, langsung siapkan pakaianmu kunjungi Banyu Panas Palimanan ini, ya!

Alamat Banyu Panas Palimanan: Jl. Raya Cirebon – Palimanan, Palimanan Bar., Palimanan, Cirebon, Jawa Barat

11. Apita Waterboom

Credit: jalanjalancirebon.blogspot.com

Buat kamu yang liburan ke Cirebon bersama sang buah hati, Apita Waterboom ini wajib masuk ke list destinasi, ya. Berukuran super luas, si kecil bakal puas main di sini! Untuk biaya masuknya, kamu perlu membayar Rp50.000 saat weekdays dan Rp65.000 pas weekend.

Alamat Apita Waterboom: Jl. Kedawung, Cirebon, Jawa Barat

12. Waterboom Siwalk

Credit: wisatatempat.com

Selain Apita Waterboom, Cirebon juga punya Waterboom Siwalk. Waterboom ini berada di kawasan Taman Wisata Siwalk. Selain tempat bermain air, kawasan ini juga dilengkapi tempat bermain golf. Lengkap banget, ya! 

Alamat Waterboom Siwalk: Setupatok, Mundu, Setupatok, Mundu, Cirebon, Jawa Barat

13. Outbound Siwalk

Credit: ihategreenjello.com

Nah, ini dia wahana Outbound Siwalk. Kamu bisa menguji adrenalin di sini! Main ke sini, kamu gak perlu meragukan fasilitasnya. Parkirnya luas, dilengkapi mushola, kamar mandi, dan masih banyak lagi, deh! 

Alamat Outbound Siwalk: Setupatok, Mundu, Setupatok, Mundu, Cirebon, Jawa Barat

14.  CSB (Cirebon Superblock Mall)

Credit: gragepolitan.com

Buat yang mau singgah di pusat perbelanjaan di Cirebon, mampir aja ke CSB. Mall yang satu ini terbilang lengkap, lho. Kamu bisa menemukan H&M, Matahari Department Store, Starbucks, Burger King, hingga bioskop XXI. Meskipun sedang liburan, kamu tetap bisa menyaksikan film kesayanganmu yang sedang tayang di bioskop!

Alamat CSB (Cirebon Superblock Mall): Jl. DR. Cipto Mangunkusumo No.26, Pekiringan, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 

15. Danau Setu Patok

wisata Cirebon

Credit: Instagram.com/agniaprl

Bukan di Jepang, destinasi wisata satu ini masih ada di Cirebon, kok! Kalau dilihat sekilas, foto ini memang terlihat mirip dengan Danau Kawaguchiko yang background-nya Gunung Fuji. Tanpa perlu bawa paspor, kamu bisa menikmati keindahan yang versi lokal di Cirebon.

Alamat Danau Setu Patok: Jl. Banjar Wangunan, Setupatok, Kec. Mundu, Cirebon, Jawa Barat 

16. Wisata Kura-kura Belawa

Credit: republika.co.id

Di objek wisata cirebon bernama Wisata Kura-kura Belawa ini, kamu akan melihat beberapa bagian tempat kura-kura. Ada kolam tukik, untuk kura-kura yang masih sangat kecil, ada kolam dewasa, hingga kolam khusus kura-kura yang sedang dikembangbiakkan. Ada sekitar 200 kura-kura yang dirawat di sini!

Alamat Wisata Kura-kura Belawa: Belawa, Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat

17. Tahu Gejrot Wardi

wisata Cirebon
Credit: Instagram.com/sibungbung

Puas jalan-jalan mengunjungi berbagai objek wisata Cirebon, rasanya belum lengkap kalau gak mencicipi kulinernya. Salah satunya adalah tahu gejrot. Kamu bisa mengunjungi Tahu Gejrot Wardi yang terkenal kenikmatannya. Rasa tahunya gurih dan bumbunya yang super lezat bakal bikin kamu ketagihan, deh.  

Alamat Tahu Gejrot Wardi: Jl. Lemahwungkuk No.48-50, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

18. Nasi Jamblang Ibu Nur

wisata Cirebon
Credit: Instagram.com/dad_dish

Kalau Jogja punya angkringan, Cirebon punya nasi jamblang! Konsepnya mirip dengan angkringan. Bedanya, nasi akan dihidangkan di atas daun jati. Memiliki banyak pilihan lauk yang porsinya kecil, kamu bisa mengambil berbagai jenis pendamping nasi, tanpa takut makan berlebihan.

Alamat Nasi Jamblang Ibu Nur:  Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat

19. Nasi Lengko Haji Barno

Credit: yes24.co.id

Sederhana tapi super nikmat, nasi lengko jadi salah satu kuliner Cirebon yang gak boleh terlupakan! Kalau main ke Cirebon, kamu harus singgah ke Nasi Lengko Haji Barno, ya. Hanya terdiri dari nasi, tahu dan tempe goreng, toge, dan mentimun, rasanya makin lezat saat disiram saus kacang. Rasanya gurih dan enak banget!

Alamat Nasi Lengko Haji Barno: Jl. Pagongan No.15B, Pekalangan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat

20. Mie Koclok Jatimerta

Credit: Instagram.com/filipusverdi

Gak typo, kok. Bukan mie kocok, tapi mie koclok. Kuliner khas Cirebon ini terkenal dengan kuahnya yang kental dan terbuat dari bahan kelapa. Dalam seporsi mie ini terdapat ayam yang disuwir, telur, toge, kol, dan daun bawang yang bikin mie ini makin wangi! 

Alamat Mie Koclok Jatimerta: Jl. RA. Kartini, Kota Cirebon, Jawa Barat

21. Gado-gado Ayam Mang Djum

Credit: pergidulu.com

Kalau biasanya kamu makan gado-gado yang isinya sayuran, Cirebon punya gado-gado yang sedikit berbeda. Mirip dengan soto ayam, kuliner satu ini terdiri dari lontong kari dan kupat tahu, serta potongan ayam yang melimpah. Supaya makin nikmat dan crunchy, jangan lupa melahapnya dengan kerupuk!

Alamat Gado-gado Ayam Mang Djum: No. 53, Pulasaren, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat

22. Trupark Museum

wisata Cirebon
Credit: Instagram.com/dwanggraeni_

Sebelum pulang dari Cirebon, jangan lupa berbelanja oleh-oleh khas berupa kain batik. Salah satunya adalah Batik Trusmi. Nah, setelah borong batik, mampir sejenak ke Trupark Museum. Didekor dengan nuansa batik khas Cirebon, kamu bisa hunting foto sepuasnya di sini. Feeds media sosial milikmu bakal makin ciamik dan Indonesia banget!

Alamat Trupark Museum: Weru Lor, Weru, Cirebon, Jawa Barat

Objek wisata Cirebon sudah lengkap. Supaya liburan nanti lebih tenang, cek juga rekomendasi hotel Airy Cirebon di bawah ini. Mulai dari kamar yang strategis hingga harga terjangkau, semuanya bisa kamu temukan di Airy!

Airy PGC Sukalila Selatan 47 Cirebon

Airy CSB Pecilon Sutawinangun 210 Cirebon

Airy Sukapura DR Wahidin 52 Cirebon

Jadi, yang mana hotel Cirebon pilihanmu? Download dan install Airy Apps di Google Play Store atau App Store. Liburan di Cirebon nanti langsung Airy-in aja, ya! Oh, iya. Jangan lupa follow juga media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Info dan promo menarik akan dibagikan untukmu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

Header & Feature Image Credit: Maharanita Nugradianti on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *