Lengkap! Ini Daftar Destinasi untuk Libur Lebaran Nanti!

Liburan Lebaran

Bulan Ramadhan telah tiba. Puasa sudah berjalan selama beberapa hari. Meskipun perayaan Lebaran masih lama, gak ada salahnya kamu mulai mempersiapkan liburan setelah hari raya nanti. Anggap aja sekalian mengisi waktu kosong dan menunggu jam berbuka puasa!

Untuk umat muslim yang merayakan lebaran, setelah berkunjung ke rumah para kerabat, kamu bisa melanjutkan liburanmu dengan jalan-jalan ke destinasi wisata yang seru. Buat kamu yang gak menunaikan ibadah puasa, durasi liburanmu jadi lebih panjang, kan? Nah, untuk mengisi waktu liburan, Airy sudah siapkan info lengkap tentang destinasi wisata yang cocok kamu kunjungi saat libur lebaran nanti. Baca ulasannya hingga akhir, ya!

“Cicipi” kekayaan Indonesia dari Pulau Weh

Liburan Lebaran

Credit: Pinterest.com

Nusantara memang punya kekayaan alam yang super mempesona. Salah satunya adalah Pulau Weh. Meskipun belum terlalu familiar di kalangan traveler pada umumnya, pulau ini punya keindahan yang bikin kagum. Pantai di Pulau Weh ini punya ombak yang kuat, lho. Cocok banget dijadikan tempat berselancar!

Menikmati eksotisnya Bukit Lawang

Liburan Lebaran

Credit: Instagram.com/onikefas

Yang pulang ke Sumatra Utara mana suaranya? Kamu harus mengunjungi berbagai objek wisata Medan. Salah satunya adalah Bukit Lawang. Berlokasi di Desa Bahorok, Kecamatan Langkat, suasana di Bukit Lawang ini sejuk banget, karena berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Di Bukit ini, kamu bisa menemukan banyak Orangutan Sumatra yang sangat langka, menikmati keindahan alam, serta berenang di sungai jernih!

Mau memandang Danau Toba? Main ke Simarjarunjung aja!

Liburan Lebaran

Credit: travelkampung18071992.blogspot.com

Berjarak sekitar 167 KM dari kota Medan, Bukit Simarjarunjung punya pesona yang luar biasa. Bagaimana tidak? Dari atas bukit ini, kamu bisa menikmati keindahan Danau Toba serta Pulau Samosir. Salah satu objek wisata selfie yang sedang dikembangkan di sana adalah Bukit Indah Simarjarunjung. Jadi, selain berfoto berlatar belakang Danau Toba, kamu juga bisa berburu foto di spot buatan yang sudah disediakan.

Air Terjun Batang Kapas

Liburan Lebaran

Credit: riau.go.id

Dari Sumut, kita beranjak ke Kabupaten Kampar, Riau. Ada banyak objek wisata Kampar yang harus kamu eksplor satu persatu. Salah satunya adalah Air Terjun Batang Kapas. Diperkirakan memiliki tinggi 150 meter, kamu bakal dibikin terpesona saat berlibur ke sini!

Cari tahu fakta unik tentang Jam Gadang, Bukittinggi

Liburan Lebaran

Kalau London punya Big Bang, Indonesia harus bangga dengan Jam Gadang, Bukittinggi. Dengan ikon jam berukuran raksasa, Bukittinggi jadi punya objek wisata favorit para wisatawan. Keunikan dari Jam Gadang adalah, angka pada jam ditulis dengan huruf romawi. Tapi yang membedakannya, kalau angka 4 huruf romawi ditulis dengan ‘IV’, di jam gadang ditulis dengan ‘IIII’. Kira-kira kenapa, ya? Baca selengkapnya di sini, ya!

Ternyata, Ini Fakta Tentang Jam Gadang. Unik Banget!

Berburu vitamin sea di Pulau Sarudik Sibolga

Liburan Lebaran

Credit: wisataku.id

Salah satu objek wisata Sibolga yang terkenal adalah pantai di Pulau Sarudik. Punya air yang jernih banget, saat berkunjung ke sini, kamu bisa menjernihkan pikiran yang penat dengan berbagai rutinitas. Jaraknya juga gak terlalu jauh dari pusat kota Sibolga. Cukup menempuh jarak sekitar 3 KM dari kota, kamu sudah bisa puas menikmati vitamin sea di pantai ini.

Liburan di Payakumbuh, nikmati pesona alamnya!

Liburan Lebaran

Credit: rachvarental.com

Mendengar kata “Padang”, apa yang terlintas di pikiranmu? Nasi Padang, ya? Selain kulinernya yang lezat, Padang juga punya destinasi wisata yang aduhai! Salah satunya adalah daerah Payakumbuh yang berjarak sekitar 123 KM dari Padang. Di sekitar Payakumbuh, kamu bisa menemukan berbagai objek wisata yang layak dieksplor. Mulai dari Padang Mangatas, Batu Belubus, Lembah Harau, hingga Bukit Bulek. Semua keren banget dan layak masuk travel list-mu saat berkunjung ke Sumatra Barat.

Rayakan Hari Lebaran di Pasir Putih Lampung

Liburan Lebaran

Credit: tripadvisor.com

Mudik Lebaran nanti kamu pulang kampung ke Lampung? Pas banget! Setelah tradisi Lebaran selesai, mulai dari saling bermaaf-maafaan hingga makan bersama, kamu dan keluarga bisa melanjutkan quality time di Pantai Pasir Putih Lampung. Nikmati hari yang indah di pantai yang super memukau!

Rasakan sejuknya angin sepoi-sepoi di Pantai Parai Tenggiri

Liburan Lebaran

Credit: visitbangkabelitung.com

Disebut sebagai salah satu pantai terbaik di Pulau Bangka, Pantai Parai Tenggiri dikelilingi pohon kelapa dan batu granit raksasa. Sambil menikmati suara ombak yang menenangkan, rambutmu akan diterbangkan semilir angin yang sejuk! Amboi, indahnya tanah Bangka!

Siap-siap dibikin terpesona oleh Nikoi Island

Liburan Lebaran

Credit: traveltriangle.com

Mau coba libur Lebaran bertema back to nature? Rencanakan tamasya ke Nikoi Island. Di pulau yang berlokasi di kawasan administrasi Bintan, Kepulauan Riau ini, tidak ada televisi maupun AC. Listrik pun hanya menggunakan colokan. Tapi soal keindahan, pulau ini juaranya! Pasirnya putih, airnya super jernih, serta flora dan faunanya beragam!

Bermain bersama gajah di Desa Perangai

Liburan Lebaran

Credit: Instagram.com/deddyhuang

Siapa yang mudik 2019 ini pulang ke Lahat, Sumatra Selatan? Kamu harus mengunjungi objek wisata Lahat yang satu ini. Desa Perangai merupakan tempat penangkaran gajah. Para pengunjung boleh bermain bersama gajah, berfoto-foto, dan menunggangi gajah. Tentunya didampingi pihak pengelola tempat ini, ya!

Berenang bersama ubur-ubur di Pulau Kakaban, Derawan

Liburan Lebaran

Credit: news.bbmessaging.com

Derawan adalah salah satu daerah di Kalimantan Timur dengan berbagai destinasi wisata! Di sini, kamu bisa menemukan banyak spot liburan yang masih asri, seperti Kehe Daing. Destinasi ini merupakan sebuah laguna tersembunyi dengan pemandangan seperti surga dunia. Gak hanya itu saja, di Pulau Kakaban kamu bisa nyobain serunya main bersama jellyfish seperti Spongebob Squarepants! Di tempat ini, kamu bisa berenang di danau yang isinya ribuan ubur-ubur! Tapi, kamu gak perlu takut ubur-uburnya akan menyengat, karena ubur-ubur di tempat ini tidak berbisa!

Menikmati danau dengan dua rasa di Labuan Cermin

Liburan Lebaran

Credit: @Instagram.com/jm_adventour

Berlokasi di Desa Labuan Kalimantan Timur, Danau Labuan Cermin mirip dengan surga dunia yang tersembunyi. Untuk mencapai tempat yang cantik ini, kamu harus menyewa kapal seharga Rp200.000 sekali sewa. Setelah sampai, kamu akan disambut dengan pemandangan alam yang dijamin bakal membuat kamu terpana. Hamparan pepohonan hijau, dengan jernihnya air danau akan membuat kamu lupa kalau kamu ada di Indonesia. Airnya segar dan jernih, bikin kamu gak sabar untuk langsung nyebur dan merasakan sendiri berenang di danau ini! Uniknya lagi, air Danau Labuan Cermin memiliki dua rasa, lho! Yaitu rasa asin pada air di permukaan danau dan rasa tawar di bagian dasar danau. Wuih, unik banget ya?

Jalan-jalan santai di Wisata Singkawang

Liburan Lebaran

Credit: lelungan.net

Kalau kamu lagi liburan di Kalimantan Barat, jangan lupa mampir ke daerah Singkawang! Tempat ini menyimpan sejuta pesona yang bakal bikin kamu gak nyesel mampir ke daerah ini! Di Singkawang kamu bisa mampir ke Pantai Batu Burung, yang dipenuhi batu-batu granit besar. Setelah puas menikmati pantai, kamu bisa mampir ke Taman Bukit Bougenville. Di taman ini kamu bisa jalan-jalan santai, sambil menikmati indahnya warna-warni bunga. Taman Bukit Bougenville menjadi semakin spesial, dengan pemandangan Gunung Pasi yang begitu megah!

Bertamasya di Wisata Banjarbaru

Liburan Lebaran

Credit: wartaniaga.com

Yuk, belajar sejarah di kota Banjarbaru! Kota yang merupakan hasil pemekaran kota Banjar ini memiliki banyak destinasi yang gak kalah seru dari kota-kota di Kalimantan yang lainnya! Di kota ini terdapat museum Lambung Mangkurat yang berisi barang-barang bersejarah Indonesia. Nah, kalau mau belajar sejarah tentang tentara, kamu bisa mampir ke Monumen ALRI Divisi IV. Kalau kamu liburan bersama keluarga, kamu bisa berkunjung ke Bekantan park, Kebun Raya Banua, Hutan Kota Mentaos, atau menikmati serunya memetik buah durian di Agrowisata Kebun Durian. Wah, lengkap banget ya destinasi wisata di Banjarbaru!

Menikmati kekayaan alam di Wisata Kandangan

Liburan Lebaran

Credit: infopedia.co.id

Surganya wisata alam di Kalimantan? Mampir aja ke daerah Kandangan! Di Kandangan, kamu bisa menikmati berbagai kekayaan alam seperti, Air Terjun Haratai, dan Sungai Hanai, dan yang menjadi salah satu primadona adalah Air Terjun Rampah Menjangan! Air Terjun Rampah Menjangan populer banget, lho! Sampai sering diliput di acara-acara televisi!

Di balik keindahan dan kemegahannya, Air Terjun Rampah Menjangan  menyimpan legenda, lho. Konon berdasarkan cerita warga setempat, dulu ada seorang pemburu yang mengejar-ngejar kijang dan melukainya. Tidak lama setelah melukai kijang tersebut, sang pemburu menemukan air terjun, yang airnya berwarna merah. Di air terjun tersebut dia menemukan kijang, yang baru saja pemburu tersebut lukai dan warna merah air terjun tersebut adalah darahnya. Nah, dari cerita itulah air terjun ini diberi nama `Air Terjun Rampah Menjangan`. Yang artinya, air terjun kijang.

Kenalan dengan Kemala Beach

Liburan Lebaran

Credit: id.pinterest.com/oktaviasitepu/

Siapa bilang Kalimantan gak memiliki pantai yang cantik? Buktinya ada Pantai Kemala. Lokasi pantai ini gak jauh dari daerah perkotaan, jadi sangat mudah untuk diakses. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam, jalan-jalan di pinggir pantai berpasir putih, wisata kuliner, atau nyobain water sports seperti naik jet ski atau banana boat!

Bermain pasir di Mimi Land Beach 

Liburan Lebaran

Credit: polahku.com

Dalam perjalananmu menuju Singkawang, jangan lupa mampir ke Mimi Land Beach, ya! Ada banyak yang bisa kamu lakukan di Mimi Land Beach! Misalnya, mengunjungi pulau-pulau kecil menggunakan perahu, nyobain flying fox, bermain di arena wahana permainan, atau sekadar duduk santai sambil menikmati pemandangan pantai juga sudah cukup menyenangkan. Pantai ini dikelola dengan tertib, jadi tempatnya bersih dan memiliki fasilitas yang lengkap.

Menjelajahi hutan gambut di Wisata Palangkaraya

Liburan Lebaran

Credit: ksmtour.com

Liburan di Palangkaraya, kamu bisa berkunjung ke Danau Tahai. Istimewanya, Danau Tahai dipenuhi pohon gambut yang membuat air di danau ini berwarna merah. Karena pemandangannya yang begitu indah, danau ini dilengkapi dengan jembatan kayu. Jadi kamu bisa benar-benar bisa menikmati dan menelusuri keindahan danau ini!

Destinasi wisata lain yang bisa kamu kunjungi di Palangkaraya adalah Museum Balanga, untuk belajar tentang suku Dayak, main air di Taman Wisata Fantasi Beach, jalan-jalan santai di Taman Kota PalangkaRaya, atau menjelajahi Sungai Kahayan! Semua terdengar seru dan menyenangkan, ya!

Melihat pemandangan seperti lukisan di Bukit Langara

Liburan Lebaran

Credit: explorewisata.com

Siapkan energi dan kameramu ketika berkunjung ke Bukit Langara! Destinasi wisata ini lagi hits banget di sosial media karena pemandangannya yang cantik dan menakjubkan. Untuk mencapai Bukit Langara, kamu perlu menempuh perjalanan selama 4 jam dari kota Banjarmasin. Setelah sampai, kamu harus sedikit berjuang dulu untuk mencapai atas bukit. Setelah sampai, kamu akan disambut dengan pemandangan hutan yang begitu hijau dan rindang, pemandangan sungai dan gunung  yang semakin membuat pemandangan terlihat seperti lukisan alam. Wah, wajib masuk ke itinerary liburanmu ke Kalimantan, nih!

Olahraga santai di Taman Gunung Sari 

Liburan Lebaran

Credit: travelingyuk.com

Biar olahraganya makin semangat, jogging-nya di Taman Gunung Sari aja! Destinasi wisata di Kalimantan Barat ini sederhana tapi nyaman banget. Sambil olahraga, kamu juga bisa menikmati udara yang masih sangat segar. Tamanya juga luas, jadi banyak tempat yang bisa kamu eksplor. Selain itu, pohon-pohon di taman ini besar-besar dan rindang banget, seperti berada di tengah hutan!

Taman Nasional Bantimurung

Liburan Lebaran

Credit: instagram.com/traveler_2124

Kalau kamu mau ngerasain jalan-jalan ke taman yang beda banget dari tempat wisata lainnya, kamu wajib main ke Taman Nasional Bantimurung. Di taman ini, kamu bisa menemukan begitu banyak koleksi berbagai jenis kupu-kupu. Dengan luas taman sampai 43.750 Ha, Taman Nasional Bantimurung jadi rumah buat 250 spesies kupu-kupu.

Selain spesies kupu-kupu, taman ini juga punya keindahan alam yang keren banget. Taman Nasional Bantimurung memiliki bukit kapur indah dan air terjun eksotis. Ada juga Goa Mimpi dan Goa Batu dengan stalaktit dan stalakmit yang mempesona. Kalau musim liburan, taman ini hampir gak pernah sepi pengunjung!

Bugis Waterpark

Liburan Lebaran

Credit: instagram.com/rustammustamin

Bugis Waterpark jadi salah satu wisata air favorit masyarakat Makassar. Berlokasi di pusat kota Makassar, taman wisata ini menggabungkan konsep tradisional dan modern dalam dekorasinya. Objek wisata ini menggunakan ornamen-ornamen serta papan petunjuk dengan nuansa dan bahasa Bugis, tentu dilengkapi dengan bahasa Inggris sebagai terjemahannya.

Taman wisata air ini punya berbagai wahana seperti free fall, aqua tube, body slide, black hole, rafting slide, multi slide, kolam arus, whirl pool, kids pool dan main pool. Dengan luas taman sebesar 17 hektar, Bugis Waterpark menyediakan wisata air terlengkap di Makassar. Kalau kamu berencana mudik ke Makassar ketika Lebaran nanti, kamu bisa nih mengunjungi Bugis Waterpark untuk berwisata bareng keluarga.

Wisata Romantis di Pulo Cinta Gorontalo

Liburan Lebaran

Credit: instagram.com/isal_pakaya

Ini dia objek wisata yang lagi ngehits banget!. Pulo Cinta Gorontalo, terkenal dengan keindahan pantai dan pulau berbentuk hati, pulau ini memberikan ketenangan dan keindahan alam natural buat kamu. Pulo Cinta sering disebut sebagai Maldives-nya Indonesia karena keindahan pantainya mirip. Meskipun cuma menyediakan 13 penginapan, Pulo Cinta tetap jadi destinasi wisata yang sangat diminati oleh wisatawan. Gak heran, karena di sini kamu bakal disuguhi pantai dan air berwarna biru kehijauan karena sangat bersih.

Selain itu, kamu juga bisa melihat biota laut yang masih alami dan terjaga. Wisata Pulo Cinta ini sering menjadi destinasi favorit para pasangan untuk berbulan madu. Di malam hari, Kamu bakal ditemenin hamparan bintang di atas Pulo Cinta. Romantis banget, ya!

Wisata Enrekang

Liburan Lebaran

Credit: instagram.com/risna_handayani

Kabupaten Enrekang terletak di Sulawesi Selatan. Gak banyak diketahui orang kalau kabupaten ini menyimpan berbagai macam wisata alam. Di mudik Lebaran tahun ini, rasanya menarik untuk menikmati wisata alam di Enrekang.

Buttu Macca Enrekang menjadi destinasi wisata instagramable karena dikelilingi oleh Gunung Bambapuang dan Gunung Nona. Ada juga Bukit Butu Tande yang mulai ramai di media sosial, karena di sini kamu bisa menikmati sunrise atau sunset. Selain itu, Bukit Saletta juga sering dijadikan  tempat untuk berkemah. Lokasinya yang membentang di lereng hijau memberikan pemandangan sejuk dan indah ketika kamu dan teman-temanmu camping di sini.

Bermain Wahana di Pantai Galesong

Liburan Lebaran

Credit: instagram.com/anarmidarya

Gak kayak pantai pada umumnya, Pantai Galesong menyediakan berbagai wahana seru. Mulai dari perahu untuk memancing, banana boat, sampai gazebo juga ada di pantai Galesong. Berlokasi di Kabupaten Takalar, pantai satu ini cocok banget deh buat kamu yang mau liburan sambil cari aktivitas. Lengkap banget buat wisata bareng keluarga!

Wisata Makassar

Liburan Lebaran

Credit: instagram.com/iamirfanation

“Apa kareba?” Siapa nih yang udah gak sabar untuk beli tiket mudik dan berwisata ke Makassar? Makassar punya banyak banget varian wisata menarik untuk liburan. Selain wisata kuliner terkenal, destinasi wisata di Makassar juga banyak lho!

Selain Pantai Losari, Makassar juga punya Pantai Kanipang dengan ombak sejuk dan tenang. Lalu ada Air Terjun Leang Pa’niki dengan air mengalir deras dan segar banget untuk refreshing. Mau spot foto bagus? Kamu harus main ke tebing Apparang di pantai Bulukumba. Spot buatan warga setempat yang bagus untuk menikmati sunset dan berfoto.

Wisata adat di Toraja

Liburan Lebaran

Credit: instagram.com/dzulturupadang13_

Kalau kamu suka dengan wisata adat, kamu harus berkunjung ke Toraja. Di Tana Toraja, kamu bisa menikmati berbagai wisata adat khas Toraja. Tradisi Ma’nene, Upacara Rambu Solo, dan Londa adalah beberapa acara adat favorit wisatawan.

Sedangkan kalau kamu mau mencari destinasi wisata di Toraja, kamu bisa mengunjungi desa wisata Kete Kesu dengan banyak rumah Tongkonan Toraja. Pemandangan indah di Batutumonga juga bisa jadi pilihan wisatamu. Jangan lupa ke Ranteallo, ya. Di sini kamu bisa melihat kerbau belang legendaris dengan harga mencapai 1 Miliar rupiah!

Sepeda Raksasa di Puncak Bila Sidrap

Liburan Lebaran

Credit: instagram.com/srilayuck

Libur Lebaran besok bakal asyik jika dihabiskan dengan aktivitas bersama keluarga. Taman Wisata Puncak Bila Sidrap punya fasilitas dan wahana komplit untuk kamu dan  keluarga. Mulai dari motor ATV, sepeda air, sirkuit motor cross, flying fox, sampai canoe tersedia di taman wisata ini. Puncak Bila Sidrap juga punya sepeda raksasa dengan tinggi mencapai 9 meter dan panjangnya mencapai 17 meter. Keren banget!

Wisata Gowa

Liburan Lebaran

Credit: instagram.com/dyl.o

Wisata Sulawesi Selatan tidak hanya ada di Makassar, lho! Gowa juga memiliki berbagai tempat wisata yang gak kalah menarik. Di Gowa, kamu bisa menikmati wisata alam indah dan masih jarang orang ketahui. Danau Tanralili, Lembah Ramma, Malino Highland, dan Grand Canyon Kampili adalah beberapa destinasi wisata favorit di Gowa.

Kemah di Bukit “Teletubbies” Ollon, Toraja

Liburan Lebaran

Credit: instagram.com/ajenuyta

Bukit Ollon di Toraja akhir-akhir ini mulai jadi perbincangan karena keindahan padang hijaunya.  Seperti bukit di Film Teletubbies, Bukit Ollon juga memiliki bukit hijau yang sangat indah. Cocok banget kalau kamu suka berkemah! Kawasan ini masih tergolong alami banget, lho. Bagus buat kamu ngerasain berkemah di padang rumput alami.

Gimana? Lengkap banget, kan? Yuk, mulai susun rencana mudik dan libur Lebaran kamu dari sekarang. Cari tiket pesawat kamu di Airy, karena kamu bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah untuk liburanmu. Selain itu, kamu juga bisa sekalian cari akomodasi di Airy dengan harga yang murah juga. Download dan install aplikasi Airy dari Google Play Store dan App Store. Dapatkan juga promo-promo menarik dengan follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms.

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

2 Responses to “Lengkap! Ini Daftar Destinasi untuk Libur Lebaran Nanti!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *