Bikin Liburan di Danau Toba Makin Seru, Catat Itinerary-nya!

danau toba

Ini dia salah satu pesona destinasi “Bali Baru”, Danau Toba! Destinasi dengan beribu pesona, wajib banget kamu jelajahi! Selain merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, Danau Toba juga punya nilai budaya yang bikin bangga, lho! Mulai dari sejarah, penduduk, dan adatnya. Ada banyak hal yang bisa kamu telusuri dan jelajahi di tempat ini. Nah, untuk persiapan liburanmu nanti, Airy sudah menyiapkan beberapa wisata Danau Toba yang asyik dan harus kamu kunjungi. Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini!

Nyebrang ke Pulau Samosir dan melihat keindahan Batu Gantung

danau toba
Credit: marketeers.com

Ketika baru sampai di daerah Danau Toba, hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mengunjungi pulau Samosir. Satu-satunya pulau cantik di Danau Toba ini memang bikin hati terpikat banget. Di Pulau Samosir kamu bisa menemukan berbagai wisata seperti Desa Tomok, Bukit Holbung, Perbukitan Pusuk Buhit, dan Kebun Bunga Sapo Juma Tongging. Ketika dalam perjalanan menuju Pulau Samosir jangan sampai kamu melewatkan pemandangan batu gantung yang begitu unik dan cantik, ya!

Mampir ke Museum Batak

danau toba
Credit: situsbudaya.id

Kalau dilihat dari luar, museum Batak ini memiliki bentuk rumah adat Bolon. Namun ketika memasuki halaman rumah ini, kamu akan disambut dengan suasana tradisional Batak zaman dulu. Kamu bisa menemukan banyak perabot yang terbuat dari batu, peralatan perang, dan benda-benda tradisional untuk bertani. Wah, menarik banget, kan?

Main ke Desa Tomok dan Ambarita

danau toba
Credit: samosirwisata.wordpress.com

Selain belajar budaya dengan berkunjung ke Museum Batak, kamu juga bisa menikmati kekayaan budaya Batak dengan mampir ke Desa Tomok dan Ambarita. Di desa ini, kamu bisa berbelanja oleh-oleh khas, menonton pertunjukan tarian Sigale-gale, mengunjungi tempat bersejarah seperti makam raja, dan melihat langsung rumah adat orang Batak. Menjelajahi dua desa ini, kamu bisa menemukan berbagai macam tempat bersejarah yang memiliki nilai adat yang tinggi. Pokoknya, buat kamu pencinta sejarah, tempat ini pas banget untukmu, deh!

Membeli kain ulos di Desa Lumban Suhi-Suhi

danau toba
Credit: beritagar.id

Mampir ke Pulau Samosir kurang lengkap rasanya kalau gak membawa oleh-oleh kain ulos. Di Pulau Samosir, kamu bisa menemukan toko oleh-oleh yang menawarkan kain Ulos berkualitas dengan harga bersahabat. Kain ulos yang memiliki arti ‘kain’, adalah salah satu  benda yang sangat dihargai oleh orang Batak, lho. Di setiap acara adat Suku Batak, kamu akan selalu menemukan kain ulos. Mulai dari acara pernikahan, kelahiran, bahkan kematian. Selain itu, Kain Ulos juga merupakan simbol restu, kasih sayang, dan persatuan. Unik banget ya, kain Ulos ini! 

Kulineran di Tomok

danau toba
Credit: traveltodayindonesia.com

Bukan liburan namanya kalau gak kulineran. Setelah puas jalan-jalan di Pulau Samosir, kamu bisa beristirahat di Tomok, untuk nyobain kuliner khasnya! Beberapa makanan yang harus banget kamu coba adalah Mie Gomak, hidangan ikan mas arsik, lapet Batak, sampai Ombus-ombus. Wah, terdengar lezat-lezat dan jadi penasaran pengin coba, kan? 

Menikmati warna-warni Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Danau Toba
Credit: datawisata.com

Ada taman bunga yang indah di daerah Danau Toba! Namanya Kebun Bunga Sapo Juma Tongging! Di wisata ini, kamu bisa berpose kece dengan bunga warna-warni yang indah. Selain itu, pemandangan di tempat ini juga menakjubkan banget. Bayangkan, pemandangan bunga warna-warni dengan perbukitan hijau, dan Danau toba. Wuih, terdengar indah banget, kan? Yuk buruan liburan ke sini!

Melihat pesona Lembah Bakkara

Danau Toba
Credit: protapanuli.wordpress.com

Gak nyangka, kan? Pemandangan seindah ini beneran ada di Indonesia! Mampir ke Lembah Bakkara dan siap-siap dibuat takjub dengan pesona alamnya. Pemandangan lembah hijau yang diapit dua bukit, wuih bikin terpesona! ‘Bakkara’ sendiri memiliki arti `air yang menghidupkan`. Hal ini karena di Lembah Bakkara terdapat sumber mata air yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Menarik banget, ya!

Menyebrang Danau Toba dengan Kapal Pesiar Danau Toba

Danau Toba
Credit: cometoliketoba.com

Liburan ke Danau Toba masa gak nyebrang ke Pulau Samosir? Biar perjalanannya semakin asyik, nyebrangnya pakai kapal pesiar aja. Asyiknya, mulai 28 Desember 2017 kemarin, pemerintah Kabupaten Samosir menyedikan kapal cruise spesial. Kapal ini berbentuk seperti rumah adat Batak, lengkap dengan ornamen dan ukiran di seluruh kapal. Naik cruise ini kamu bisa menikmati pemandangan Danau Toba sambil duduk-duduk santai di kapal. Asyik banget, ya!

Mendaki Bukit Holbung

Danau Toba
Credit: blog.tripcetera.com

Siap-siap dibuat takjub dengan pemandangan dari Bukit Holbung! Selama perjalanan menuju puncak bukit, matamu akan dimanja dengan pemandangan bukit yang hijau. Untuk mencapai puncak bukit gak susah, kok! Cukup mendaki selama 10 sampai 15 menit, kamu pun sudah sampai. Di atas, kamu akan melihat pemandangan Danau Toba yang begitu megah dan hamparan dataran hijau yang akan membuatmu kagum. 

Foto-foto hits di Bukit Indah Simarjarunjung

Danau Toba
Credit: pardisinaga.com

Nah, kalau destinasi yang satu ini cocok untukmu yang hobi foto-foto! Di Bukit Indah Simarjarunjung, kamu bisa menemukan berbagai spot kece dengan latar belakang Danau Toba. Ada spot berbentuk tangan, matahari, pendopo, sepeda gantung, bulan, ayunan, dan masih banyak lagi. Pokoknya, mampir ke sini kamu bakalan puas dengan pemandangan dan spot fotonya, deh! Pas mampir ke Danau Toba nanti, ajak temanmu ke sini, yuk!

Main Paropo, bukit indah bak rumah Teletubbies

Danau Toba
Credit: Instagram.com/betasuntea

Siapa yang pas masih kecil, punya mimpi main ke rumah Teletubbies? Tinggal di hamparan padang rumput, para tubbies bisa bermain bebas di pekarangan rumahnya. Nah, kalau main ke Danau Toba, impianmu bisa jadi kenyataan! Namanya Bukit Paropo. Berlokasi di Kecamatan Silalahi, bentuknya yang menanjak dan luas banget, bikin para pengunjung dan warga sekitar menyamakan tempat ini dengan rumah Teletubbies. Mirip, ya!

Ajak pasanganmu ke Bukit Siadtaratas yang romantis!

Danau Toba
Credit: Instagram.com/ayojalanjalan_id

Setelah melewati Bukit Paropo, kalau naik sedikit lagi, kamu bisa tiba di Bukit Siadtaratas. Dari bukit ini, kamu bisa langsung memandang ke Danau Toba yang menghampar luas di hadapanmu. Coba bayangkan, kamu dan pasangan duduk di bukit ini. Kalian berdua bisa memandang danau hingga matahari terbenam. Romantis banget! 

Pintu Angin Simarjarunjung

Danau Toba
Credit: tokopedia.com/gaharutour

Bersebelahan dengan Bukit Indah Simarjarunjung, lokasi satu ini diberi nama Pintu Angin Simarjarunjung. Sesuai dengan namanya, saat masuk ke sini, kamu bakal disambut oleh angin yang kencang banget. Jadi, saat berkunjung, usahakan jangan pakai celana pendek, supaya kamu gak menggigil. Spot fotonya juga kece-kece banget, lho. Masuknya sih gak bayar. Tapi, untuk berfoto di masing-masing spot, pengunjung akan dikenakan biaya foto mulai dari Rp5.000.

Menara Pandang Tele Samosir

Danau Toba
Credit: Instagram.com/awanikhwan

Kawasan Danau Toba memang super luas. Untuk bisa melihat danau ini secara keseluruhan, kamu perlu naik ke menara yang tinggi banget, bernama Menara Tele Samosir. Dari sini, pandanganmu bisa tertuju ke segala penjuru. 

Danau Toba
Credit: facebook.com/WonderfulDanauToba

Karena menaranya tinggi banget, para pengunjung bisa kelelahan saat menaiki anak tangga yang banyak. Tapi tenang. Pengelola menyediakan rest area kelas dunia! Dikelilingi oleh dinding kaca, para pengunjung bisa bersantai sejenak, sambil menikmati pemandangan yang memukau.

Air Terjun Situmurun

Danau Toba
Credit: youtube.com/TraVpicpon

Sejauh ini, seberapa air terjun paling tinggi yang pernah kamu lihat? Kalau Air Terjun Situmurun, tingginya mencapai 70 meter dan terdiri dari 7 tingkat air! Yang bikin tempat ini makin spesial, air terjun dikelilingi pepohonan yang hijau banget, ditambah danau yang super jernih! Untuk tiba ke sini, pengunjung bisa menyewa speed boat seharga Rp500.000-600.000 sekali keberangkatan. Kalau kamu datangnya ramai-ramai, biayanya bakal lebih murah!

Trekking Bareng Teman ke Gunung Pusuk Buhit 

Credit: tripelaketoba.com

Jika kamu mempersiapkan diri untuk pergi liburan ke Danau Toba, jangan lupa masukkan Gunung Pusuk Buhit ke bucket list kamu ya! Gunung ini dikhususkan untuk kamu yang suka trekking. Keindahan gunung ini dijamin bakal bisa membuat kamu terpana dengan kemegahan hamparan luas lembah Danau Toba. 

Nah, berkemah di sini bersama teman-temanmu bisa jadi ide yang menarik. Kalau beruntung kamu bisa lihat bintang bertaburan di langit saat malam tiba. Jangan lupa nikmati juga keindahan Sunrise di gunung ini!

Berendam di Permandian Air Panas Pangururan

Credit: travelingyuk.com

Pemandian Air ini terletak di dataran tinggi kawasan Danau Toba. Di sini kamu, bisa menikmati air hangat mengandung belerang yang berasal dari Gunung Pusuk Buhit. Warna gunungnya sangat menarik putih keabu-abuan, cocok untuk selfie nih!  Khasiat dari pemandian air hangat ini cocok untuk merelaksasikan tubuh kamu yang sudah sangat kaku dan pegal. Untuk kamu yang memiliki penyakit kulit, kamu bisa coba untuk berendam di sini. Selamat mencoba ya!

Telusuri uniknya ukiran di Desa Tuk tuk Siadong

Credit:  liburan-aja.com

Untuk kamu yang suka sekali dengan ukiran kamu bisa mampir ke sini untuk menikmati ukiran-ukiran karya seni khas daerah ini. Kamu bisa custom berbagai ukiran untuk buah tangan yang kamu beli. Dari desa ini kamu juga bisa menerawang keindahan Danau Toba juga, lho! 

Mandi Segar Jadi Bugar di Air Terjun Efrata

Credit:  wartagas.com

Untuk kamu yang ingin mencari kesegaran, jangan lupa berkunjung ke Air Terjun Efrata ini. Dalam perjalanan ke sini, kamu akan melihat beragam pemandangan yang indah. Ketinggian air terjun ini mencapai 100 meter. Ada permukaan yang dangkal, lho! Jadi, kamu bisa bersantai dengan berendam kaki di sini. Kalau berkunjung ke sini, tetap jaga kebersihan dan buang sampah pada tempatnya, ya! 

Berkemah Menikmati Alam di Bukit Gajah Bobok

Credit: superadventure.co.id

Tempat ini sudah menjadi destinasi yang sering dikunjungi untuk dijadikan tempat berkemah. Ketinggian gunung ini mencapai 1.860 mdpl, membuat kamu bisa melihat keindahan Danau Toba dengan begitu leluasa. Dalam perjalanan menuju gunung ini, kamu bisa menemukan banyak pohon pinus. Tips untuk kamu yang mau berkunjung ke sini, jangan lupa membawa hammock, jaket, scarf, dan berbagai makanan ringan. Pastikan kamu mempersiapkan perlengkapan camping kamu dengan baik, ya! Selamat menikmati keindahan hamparan danau Toba dari puncak gunung ini. 

Itu dia beberapa kegiatan dan wisata Danau Toba yang harus kamu coba! Nah, sekarang kan kamu sudah tau nih, kapan jadinya mau berangkat liburan ke Danau Toba? Gak perlu ribet mikirin budget, kan bisa liburan murah di Airy! Tinggal download dan install Airy Apps di Google Play Store atau App Store, kamu sudah bisa langsung berangkat liburan! Supaya makin hemat, jangan lupa follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airy-sdbot. Di situ, kamu bisa menemukan banyak informasi promo seru!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *