Bikin Bangga! Ini Dia Situs Warisan Dunia UNESCO yang ada di Indonesia!

Situs Warisan Dunia di Indonesia

Jalan-jalan ke situs warisan dunia di Indonesia, yuk! Ternyata, dari sekian banyak destinasi yang ada di Indonesia, ada beberapa tempat yang sangat dihargai oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO, lho. Destinasi-destinasi ini dianggap mempunyai nilai budaya lebih dan sangat dihargai oleh dunia. Nah, pastinya tempat-tempat ini asyik banget untuk dijelajahi pas liburan! Apa aja destinasinya? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Candi Borobudur

Situs Warisan Dunia di Indonesia
Credit: travelspromo.com

Jalan-jalan ke Jawa Tengah, rasanya kurang lengkap kalau tidak mengunjungi destinasi bersejarah yang satu ini. Selain ikonik, Candi Borobudur juga menyimpan banyak cerita dan keajaiban yang patut kamu banggakan. Bayangkan, betapa hebatnya nenek moyang kita yang bisa membangun tempat penyembahan sebesar dan semegah ini. Semua detail ukiran di setiap dinding candi, diukir sedemikian rupa indahnya. Gak hanya itu, Candi Borobudur juga bisa selamat dan tetap utuh meskipun sudah terkubur tanah selama ratusan tahun. Jadi gak heran, bangunan bersejarah ini masuk ke dalam daftar situs warisan dunia di Indonesia. 

Taman Nasional Komodo

Situs Warisan Dunia di Indonesia
Credit: ultimagz.com

Sesuai dengan namanya , di sini kamu bisa berkenalan dengan binatang purba kebanggan Indonesia, yaitu Komodo. Selain Komodo, di kawasan ini kamu juga bisa menikmati alam Indonesia yang masih terjaga dan indah tiada duanya. Kamu bisa bersantai di Pink Beach yang memukau, jalan-jalan ke Pulau Kelor yang super hits, melihat sunset di Pulau Kalong, menikmati indahnya alam bawah laut, dan masih banyak lagi. Kekayaan alam dan rumah dari binatang purba inilah yang membuat Taman Nasional Komodo sebagai situs warisan dunia di Indonesia.

Candi Prambanan

Situs Warisan Dunia di Indonesia
Credit: rentalmobiljogja.id

Selain Candi Borobudur, candi Indonesia lain yang gak kalah hits dan legendaris adalah Candi Prambanan. Di balik kemegahannya, terdapat cerita legendaris dan unsur budaya yang begitu kental, lho. Bagian paling besar Candi Prambanan adalah candi yang dipersembahkan kepada tiga dewa, yaitu Candi Brahma, Wisnu, dan Siwa. Tiga candi ini juga sering disebut sebagai bagian dari Candi Trimurti. Selain itu bagian lain yang gak kalah keren adalah Candi Ratu Boko, Candi Sewu, Candi Lumbung, dan Candi Bubrah. Wuih banyak banget, kan sejarah yang bisa kamu pelajari di sini!

Situs Manusia Purba Sangiran

Credit: ulinulin.com

Jalan-jalan ke Jawa Tengah, jangan lupa mampir ke Situs Manusia Purba Sangiran. Di tempat ini, kamu bisa belajar mengenai sejarah perkembangan manusia purba yang ada di dunia. Koleksi museum ini lengkap banget, lho! Setidaknya, terdapat sekitar 13.086 koleksi fosil manusia purba. Bikin bangga, situs ini juga merupakan situs manusia purba paling lengkap di Asia!

Taman Nasional Ujung Kulon

Credit: wartawisata.id

Kalau Pulau Komodo rumahnya Komodo, Taman Nasional Ujung Kulon adalah rumahnya Badak Bercula Satu. Tempat yang merupakan salah satu situs warisan dunia di Indonesia ini, memiliki wilayah hutan lindung yang sangat luas, lho. Nah, hutan ini merupakan rumah dari kurang lebih 60 ekor badak bercula satu. Selain hutannya dan berkenalan dengan badak, di sini kamu juga main di Pulau Panaitan untuk surfing, menjelajahi hutan ala Jurrasic Park di Pulau Peucang, dan masih banyak lagi. Terdengar sangat asyik kan, untuk dijadikan destinasi liburan selanjutnya?

Taman Nasional Lorentz

Situs Warisan Dunia di Indonesia
Credit: traveltodayindonesia.com

Eits, pemandangan cantik ini bukan pemandangan dari luar negeri, lho. Pemandangan cantik ini bisa kamu temukan di negara sendiri, tepatnya di Taman Nasional Lorentz, Papua. Di sini kamu akan menemukan wisata alam seperti hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, dan masih banyak lagi. Gak hanya itu, banyak binatang unik di tempat ini ada 123 jenis mamalia yang bisa bisa kamu temukan seperti burung kasuari, berbagai jenis burung merpati, kakak tua, dan burung cendrawasih, yang jadi kebanggaan Indonesia. Duh, kebayang kan, betapa indahnya dan asyiknya menjelajahi tempat ini!

Subak Bali

Credit: finroll.com

Pulau Bali memang indah banget, ya! Nah, dari berbagai macam keindahan alamnya ada satu yang paling cantik dan dijadikan situs warisan dunia di Indonesia, yaitu Subak Bali! Siapa sangka ya, bentukan sawah terasering di Indonesia begitu dihargainya oleh dunia. Uniknya, bentuk Subak Bali juga mengandung unsur keagamaan dan budaya yang kental, lho! Wuih, jadi penasaran pengin ke sini, kan!

Itu dia beberapa destinasi yang termasuk situs warisan dunia di Indonesia. Jadi makin bangga dengan kekayaan Indonesia, kan? Yuk, jelajahi destinas-destinasinya biar bisa langsung mengujungi! Buruan booking tiket pesawat dan kamar di Airy sekarang, biar bisa langsung terbang liburan! Caranya tinggal download dan install aplikasi Airy di Google Play Store atau App Store, kok! Untuk liburan murah, kamu tinggal follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms! Di situ, kamu bisa menemukan banyak informasi promo yang seru!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

5 Responses to “Bikin Bangga! Ini Dia Situs Warisan Dunia UNESCO yang ada di Indonesia!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *