Berpetualang ke Desa di Atas Awan Wae Rebo, Flores, NTT

Mencari tempat wisata unik untuk melepaskan rasa penat dari kesibukan sehari-hari? Yuk berpetualang ke destinasi-destinasi wisata unik yang ada di Indonesia! Salah satu destinasi yang harus kamu kunjungi adalah Desa Wae Rebo yang berlokasi di Manggarai Tengah, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Nama Wae Rebo sendiri sudah mendunia karena keindahan dan keunikannya, desa yang bersejarah ini letaknya tersembunyi di antara lembah, hutan dan gunung. Dari kejauhan kamu bisa melihat 7 rumah kerucut yang terkadang diselimuti oleh kabut tipis karena ketinggian lokasinya yang membuatnya mendapat julukan Desa di Atas Awan.

Rumah kerucut unik yang memiliki nama setempat Mbaru Niang, memiliki tinggi 15 meter dan berjumlah 5 lantai. Lantai satu tempat berkumpul keluarga, lantai dua untuk menyimpan bahan makanan, lantai tiga untuk menyimpan benih-benih tanaman pangan, lantai empat untuk tempat stok persedian pangan dan lantai lima untuk tempat sesajian persembahan kepada leluhur.

Credit to: happyfitdiary.com

Mbaru Niang sendiri hampir punah di tahun 1970-an karena keputusan pemerintah yang mencoba relokasi orang-orang pegunungan ke dataran rendah. Namun ternyata warga Wae Rebo yang hanya terdiri dari satu klan saja itu memilih untuk bertahan dan melestarikan budaya leluhur. Salah satu kebudayaan yang masih dilestarikan adalah ritual meminta izin untuk bercocok tanam, karena mereka percaya jika hendak menggali maka harus sesuai izin dari alam.

wae rebo
Credit to: ubermoon.me

Sesampainya di desa Wae Rebo kamu akan disambut dengan ritual upacara untuk leluhur, para tamu diwajibkan membunyikan alat tabuh yang disediakan di rumah Kasih Ibu sebagai penanda datangnya tamu. Di sini kamu bisa merasakan kesejukan udara yang sangat murni tanpa gangguan sinyal telepon, internet dan teknologi lainnya. Diperkirakan ada sekitar 600 orang yang tinggal di Wae Rebo, hidup mereka sangat sederhana, damai dan menyatu dengan alam. Mereka menanam kopi sebagai salah satu cara untuk bertahan hidup, biji kopi dari tempat ini juga sangat terkenal dan dinikmati oleh para penikmat kopi di seluruh dunia.

Desa ini berada di ketinggian 1.117 mdp karena itu agak sulit untuk mencapainya, namun tentunya ini adalah tantangan tersendiri bagi kamu yang suka berpetualang. Wae Rebo dapat ditempuh dari Labuan Bajo selama 5 jam, setelah itu perjalanan kemudian dilanjutkan dengan trekking selama 9 km atau perjalanan sekitar 3-4 jam. Saat mencapai desa Wae Rebo, kamu bisa berinteraksi bersama para penduduknya untuk mendapatkan kesempatan bermalam di salah satu Mbaru Niang yang ada, pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bukan? Untuk mengetahui keindahan Wae Rebo lebih lanjut kamu bisa menonton video di bawah ini:

Di tahun 2012, UNESCO juga memberikan penghargaan UNESCO Asia-Pacific Heritage Award for Cultural Heritage kepada Wae Rebo, jadi tidak bisa dipungkiri kalau dunia sudah mengakui keindahan Wae Rebo yang tiada duanya. Jika dunia sudah mengakuinya, tentu kita sebagai warga negara Indonesia tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengunjungi destinasi yang luar biasa ini. Yuk segera rencanakan liburanmu ke sini, selamat berpetualang!

Baca juga: Pesona Danau Gunung Tujuh Kerinci, “Danau Para Dewa” di Jambi

Bagi kamu yang sedang mencari akomodasi yang nyaman dan murah di daerah NTT (Nusa Tenggara Timur), tidak usah pusing lagi mencari karena AiryRooms sudah hadir di NTT dan merupakan pilihan yang paling tepat. Sebagai jaringan akomodasi budget terbesar di Indonesia, Anda dapat beristirahat di kamar budget berkualitas dengan harga yang terjangkau. Berikut kamar Airy NTT yang kami rekomendasikan:

20_airy-bandara-el-tari-yupiter-satu-kupang_standard-double
Airy Bandara El Tari Yupiter Satu Kupang
17_airy-goa-monyet-ra-kartini-1-kupang_deluxe-double
Airy Goa Monyet Ra Kartini 1 Kupang

Untuk reservasi, booking kamar lebih cepat, lebih mudah dengan aplikasi Airy Rooms. Download aplikasinya sekarang juga di Google Play Store atau App Store. Kamu juga bisa melakukan reservasi langsung lewat situs www.airyrooms.com. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi layanan konsumen Airy Rooms di nomor  0804 111 2479 (AIRY). Jangan lewatkan promo dan informasi ter-update Airy Rooms dengan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitter dan Instagram @airyindonesia.

Featured Image Credit to: http://efataultranstour.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *