Ayo Menjelajah Taman Bumi Khas Indonesia di 5 Geopark Ini!

Buat travelers sejati, wisata alam di tanah Indonesia merupakan hal yang wajib dilakukan. Pasalnya, di mata dunia Indonesia juga dikenal dengan kekayaan alam dan keanekaragaman hayatinya yang luar biasa. Dengan modal alam itu, tak heran jika di Indonesia ada banyak kawasan yang memiliki potensi sebagai taman bumi alias Geopark. Untuk kamu yang punya passion menjelajah dan menyatu dengan alam Indonesia, kelima lokasi geopark di Indonesia ini sangat layak untuk kamu sambangi, sembari melengkapi portfolio perjalanan wisata kamu. Di mana saja? Yuk meluncur!

1. Gunung Batur

Gunung Batur merupakan Geopark pertama dari Indonesia | Photo: Wikipedia

Gunung Batur termasuk rangkaian cincin api Pasifik yang membentuk sebagian dari deretan panjang gunung api aktif serupa di Indonesia. Tak aneh jika di Batur, kamu bisa menemukan undakan khas pegunungan hingga kaldera danau Batur yang terkenal dengan kawah vulkaniknya yang terbentuk semenjak kurang lebih 23 ribu tahun lalu! Taman Bumi Kaldera Batur tercatat merupakan jaringan Geopark dunia yang pertama dari Indonesia.

2. Gunung Sewu

Di Gunung Sewo terdapat goa yang menyuguhkan stalaktit | Photo: Kompas.com

Gunung Sewu merupakan kawasan karst paling istimewa di Jawa. Dengan panjang kawasan yang mencapai 85 kilometer Gunung Sewu juga menyimpan kekayaan geologi yang unik, salah satunya goa. Goa paling panjang di kawasan ini adalah Luweng Jaran di Pacitan dengan panjang mencapai 25 kilometer. Sementara goa paling dalam adalah Luweng Ngepoh dengan kedalaman mencapai 200 meter. Pemandangan khas dari kawasan ini dijamin akan membuat kamu terpesona.

3. Merangin

Geopark Merangin diperkirakan sudah berusia sekitar 300 juta tahun | Photo: Panoramio.com

Dibanding Geopark lainnya, Geopark Merangin diklaim memiliki kekayaan geologis yang lebih tinggi, seperti di Tiongkok dan Amerika Serikat. Geopark Merangin masuk di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang relatif masih terjaga. Geopark yang diperkirakan berumur 300 juta tahun itu akan jadi ladang riset utama para geolog dunia dalam mempelajari evolusi Bumi. Cukup banyak peninggalan fosil kayu dan tumbuhan serta kerang-kerangan di Merangin tercetak membatu di batu endapan lava dan abu vulkanik gunung purba.

4. Gunung Rinjani

Geopark Gunung Rinjani kerap jadi favorit para pendaki | Photo: rinjaninationalpark.com

Gunung setinggi 3.726 meter di atas permukaan laut ini sangat unik karena memiliki kaldera dengan gunung api aktif, yakni Gunung Barujari. Rinjani ibarat magnet yang memanggil alam batin untuk merasakan pesona alam yang luar biasa. Lanskap berupa padang sabana, jalur perbukitan dipayungi cemara gunung, tanjakan batu menuju puncak ditumbuhi bunga edelweiss hingga Danau Segara Anak siap memanjakan dahagamu yang hobi mendaki. Sebagai sebuah taman bumi, Rinjani juga menyimpan potensi keragaman geologi, hayati dan tradisi yang menjadi bahan riset dan pengembangan ilmu pengetahuan.

5. Ciletuh

Di Geopark Ciletuh terdapat air terjun yang kerap disebut “niagara mini” | bisniswisata.com

Baca juga: Menjelajahi “Little Africa” di Taman Nasional Baluran Jawa Timur

Well, itu di Geopark yang ada di Indonesia. Mana yang jadi pilihan tujuan liburan kamu selanjutnya? Untuk melengkapi perjalananmu, pilih juga akomodasi terbaik yang dipersembahkan oleh Airy Rooms, jaringan akomodasi budget terbesar dan terpercaya di Indonesia. Dengan lebih dari 3000 kamar yang tersebar di seluruh Indonesia, kamar nyaman Airy Rooms bisa kamu temui di bawah ini.

Airy Nusa Dua Pratama 61 Benoa Bali
Airy Mataram Harimau 26 Lombok

Selain kamar-kamar di atas, kamu masih dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung Airy App melalui iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com, atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY).

Feature image courtesy of: Liburmulu.com

Source: National Geographic Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *