7 Tempat Ini Jadi Rekomendasi Terbaik Wisata di Pontianak

Kota Pontianak memang jarang dikenal sebagai destinasi wisata utama di Indonesia. Meski demikian, bukan berarti Pontianak tak punya pesona wisata. Berpredikat sebagai Ibukota Kalimantan Barat, Pontianak tetap menyimpan ragam potensi wisata yang menarik untuk disimak.  Berikut ini ada 7 (tujuh) pilihan destinasi wisata di Pontianak yang bisa jadi referensi kamu ketika mengunjungi kota yang dikenal dengan titik nol garis khatulistiwa ini.

1. Pantai Pasir Panjang

pantai-pasir-panjang-pontianak

Pantai Pasir Panjang merupakan pantai berpasir putih yang elok dengan keasrian alam dan lingkungan sekitarnya yang masih terjaga. Tak ayal, ketika mengunjungi pantai ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan perairan pantai yang jernih berwarna biru, yang dikelilingi oleh pepohonan rindang di sekitar pantai. Berbagai hiburan dan aktivitas khas wisata bahari bisa kamu lakukan di sini, di samping itu fasilitas lainnya juga tergolong lengkap, mulai dari restoran, toko souvenir, hotel, hingga cottage. Tarif masuk ke kawasan ini sangat murah, hanya sebesar Rp 10.000 per orang.

2. Aloe Vera Center

aloe-vera-center-pontianak

Sesuai namanya, tempat ini merupakan pusat budidaya tanaman Aloe Vera (Lidah Buaya) yang ada di Kalimantan. Tak hanya budidaya, Aloe Vera Center juga menyajikan pengolahan tanaman lidah buaya yang dikenal memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Dengan menawarkan aktivitas demikian, tempat wisata ini cocok bagi kegiatan edukasi anak dan keluarga.

3. Sinka Island Park

sinka-island-park

Bisa dibilang Sinka Island Park adalah tempat wisata yang “all in one” di Kalimantan Barat. Betapa tidak, Sinka Island Park sendiri merupakan taman rekreasi terpadu yang letaknya berada di Teluk Ma’jantuh, Singkawang. Di sini terdapat ragam lokasi wisata seperti kebun binatang, pantai, dan kolam renang. Salah satu tempat wisata yang menarik yakni Sinka Zoo, kebun binatang mini yang memiliki sekitar 200 ekor binatang dari 62 spesies. Untuk wisata baharinya sendiri, pengunjung bisa menyambangi Pantai Banjau yang juga termasuk di kawasan ini.

4. Bukit Penjamur Bengkayang

Bukit-Penjamur-Bengkayang

Bukit yang bisa ditempuh sekitar 4 jam perjalanan dari Pontianak ini memiliki pemandangan serupa Gunung Semeru. Pasalnya, di tempat ini pengunjungi bisa menyaksikan pemandangan berupa lautan awan yang memukau mata. Hal itu terjadi karena lokasi geografis bukit ini sendiri berada di ketinggian 900 mdpl. Selain menyaksikan pemandangan, berkemah di Bukit Penjamur Bengkayang juga menjadi aktivitas seru yang tak boleh dilewatkan.

5. Tugu Khatulistiwa

tugu-khatulistiwa-pontianak

Sebagai kota yang dikenal sebagai “Kota Khatulistiwa”, tak afdol rasanya jika tak mengunjungi tugu yang menjadi landmark favorit warga Pontianak yakni Tugu Khatulistiwa. Sebagai landmark, jelas mengabadikan momen dengan berfoto ria di sekitar tugu menjadi aktivitas yang bisa dilakukan di sini, selain di sekitar tugu banyak toko suvenir khas Pontianak.

6. Museum Kalimantan Barat

Museum-Kalimantan-Barat

Museum ini disebut juga sebagai Museum Negeri Pontianak. Tempat wisata sejarah ini dibagi menjadi tiga zona yang ketiganya memiliki koleksi yang berbeda. Mulai dari artefak temuan di Kalimantan barat, koleksi benda kerajaan, kerajinan seni dan budaya suku Dayak, sampai koleksi keramik dari Cina. Di museum ini pula kamu bakal mengetahui asal-usul budaya dan suku Dayak yang ternyata “berdekatan” dengan budaya Tiongkok masa lampau.

7. Taman Alun-alun Kapuas

taman-alun2-kapuas-pontianak

Keberadaan Sungai Kapuas tak bisa dipisahkan dari kehidupan warga Pontianak. Selain menjadi jalur transportasi air, sungai ini juga dimanfaatkan tepiannya sebagai sebuah taman untuk rekreasi warga. Di Taman Alun-alun Kapuas, pengunjung bisa menikmati santainya taman kota sambil menikmati sajian kuliner lokal yang banyak dijajakan di sekitar taman. Taman ini sendiri biasanya ramai dikunjungi pada malam hari dan umumnya didominasi oleh kaum muda.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Manado yang Paling Direkomendasi!

Memiliki rencana untuk mengunjungi Pontianak dalam waktu dekat? Jangan lupa cari akomodasi terbaik untuk sempurnakan perjalananmu. AiryRooms kini telah hadir di Pontianak dengan menawarkan fasilitas dan layanan hospitality terbaik. Temukan kamar terbaik Airy di Pontianak di bawah ini.

airy-kapuas-sidas-pontianak
Airy Kapuas Sidas Pontianak
airy-pontianak-selatan-gajah-mada
Airy Pontianak Selatan Gajah Mada

Kamu dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung Airy App melalui iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY). Untuk Info dan promo terbaru mengenai Airy Rooms, silahkan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitter dan Instagram @airyindonesia.

Feature image courtesy of: wisataindonesia.co.id

One Response to “7 Tempat Ini Jadi Rekomendasi Terbaik Wisata di Pontianak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *