7 Tempat Wisata Menarik di Banjarmasin ini Harus Jadi Destinasi Liburanmu!

Banjarmasin dikenal dengan julukan “Kota Seribu Sungai” karena keadaan geografisnya yang didominasi oleh aliran sungai besar maupun kecil seperti Sungai Barito dan Sungai Kapuas. Kota ini juga terkenal dengan pasar tradisionalnya yang berada di atas air atau yang sering disebut dengan Pasar Terapung. Namun apakah kamu tahu kalau selain Pasang Terapung, masih banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Banjarmasin? Di kota ini kamu bisa menikmati banyak wisata alam mempesona yang akan pastinya akan membuatmu berdecak kagum, penasaran? Berikut ini adalah 7 tempat wisata menarik di Banjarmasin yang harus kamu kunjungi saat liburan, mari disimak satu per satu ya!

1. Pasar Terapung

pasar-terapung-banjarmasin

Pasar ini adalah ciri khas kota Banjarmasin, jadi tidak lengkap rasanya bila tidak membahas pasar ini. Salah satu pasar terapung yang populer adalah yang berada di muara Sungai Barito, tepatnya di Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin. Barang yang dijual pun sangat beragam mulai dari hasil kebun, bahan pokok makanan sampai pakaian. Jika ingin menyaksikan kegiatan di pasar ini, kamu harus datang pagi-pagi sekali karena kegiatan di pasar ini hanya berlangsung dari jam 5 sampai 7 pagi. Ada sesuatu yang menarik jika kamu memperhatian kegiatan di pasar ini, yaitu adanya tongkat dengan ujung kawat untuk mengambil barang yang dibeli karena sulitnya mendekatkan perahu yang dinaiki.

2. Pulau Kembang

pulau-kembang
Credit to: palingyunik.blogspot.com

Jika di Bali ada Monkey Forest, tempat untuk berinteraksi dengan monyet-monyet Bali, di Banjarmasin ada pulau Kembang. Tempat wisata ini adalah habitat monyet dan beberapa spesies burung. Disarankan untuk berhati-hati dengan barang bawaanmu karena monyet-monyet di sini seringkali penasaran dan bisa mencuri barang-barang yang kamu bawa. Selain tempat habitat monyet, di pulau ini juga terdapat sebuah kuil dan altar dengan arca berbentuk monyet putih atau Hanoman. Menarik sekali untuk dikunjungi bukan?

3. Danau Biru Pengaron

danau-biru-pengaron
Credit to: instakalimantan.blogspot.co.id

Danau ini dulunya adalah area pertambangan batu kapur yang terletak di Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Area ini kemudian dirombak menjadi sebuat tempat wisata alternatif yang sekarang terkenal dengan nama Danau Biru Pengaron.  Di kawasan ini kamu akan menemukan tebing-tebing batuan kapur dan sebuah danau berwarna kebiru-biruan yang sangat cantik bila dipandang. Cocok banget untuk jadi tempat foto-foto dan dipamerkan di media sosial kamu!

4. Taman Siring Sungai Martapura

1452174216tamansiringsungaimartapurabanjarmasin
Credit to: pulaubanuabanjar.com

Taman ini berada di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Kapten Tendean, tepatnya berada di tepian Sungai Martapura. Jika kamu punya hobi  memancing, kamu bisa memuaskan hobi memancingmu di tempat wisata ini atau jika memancing bukanlah aktivitas favoritmu, kamu bisa menikmati pemandangan di sekitar sungai saja atau menikmati kuliner di warung yang berjajar di sekitar taman.

5. Pasar Intan Martapura

pasar-intan-martapura
Credit to: indoindians.com

Kamu penggemar batu permata? Pasar intan ini bisa menjadi tempat favorit kamu! Martapura sendiri dikenal sebagai kota dengan hasil tambang batu permata terbesar di Indonesia, jadi tidak usah meragukan kualitas batu permata yang ada di sini. Di pasar ini terdapat sekitar puluhan toko batu permata, selain bisa membelinya dalam bentuk batuan, kamu juga bisa membeli batu permata yang sudah diolah menjadi bentuk perhiasan seperti kalung, gelang, cincin dan bros. Pasar ini berada di Jalan Ahmad Yani, Martapura, sekitar 45 km dari pusat kota Banjarmasin.

6. Bukit Lebak Naga

bukit-lebak-naga
Credit to: hpaulia-omeee.blogspot.co.id

Bukit Lebak Naga berada di Desa Kandangan Lama, Kecamatan Panyipatan, Kabupatin Tanah Laut. Bukit ini mempunyai pemandangan yang sangat indah, terdiri dari rumput-rumputan nan hijau dan pemandangan pantai yang menghampar indah. Udaranya sejuk dan sering diselimuti kabut, karena itu jangan lupa membawa jaket jika tidak tahan dengan udara dingin ya.

7. Pulau Sirang Riam

pulau-sirang-riam
Credit to: ngadem.com

Pulau Sirang Riam adalah sebuah danau yang dulunya adalah lokasi PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Tempat ini kemudian diubah menjadi tempat wisata karena lokasinya yang keren banget. Di sini terdapat banyak perahu yang disewakan untuk berkeliling danau, kamu bisa mengunjungi berbagai spot seperti Pulau Pinus, Pulau Sirang hingga Pulau Batu. Dari pusat kota Banjarmasin, lokasinya bisa kamu tempuh sekitar 45 menit menuju ke Banjarbaru, kemudian ikuti saja papan penunjuk menuju ke Riam Kanan dan lanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Karang Intan, Aranio.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Gorontalo Yang Paling Populer dan Wajib Dikunjungi!

Nah sudah punya rencana liburan Ke Banjarmasin? Tidak tahu harus menginap di mana? Jangan khawatir karena jaringan hotel budget terbesar di Indonesia, Airy Rooms sudah hadir di Banjarmasin dengan 7 standar kenyamanan di setiap kamar hotel, kamu dapat beristirahat dengan harga terjangkau. Berikut beberapa kamar Airy Banjarmasin yang kami rekomendasikan:

01_airy-nagasari-mt-haryono-2a-banjarmasin_superior-double
Airy Nagasari MT Haryono 2A Banjarmasin
01_airy-ahmad-yani-bunyamin-permai-3-banjarmasin_standard-double-1
Airy Ahmad Yani Bunyamin Permai 3 Banjarmasin

Penasaran ingin segera reservasi kamarnya? Anda kini bisa langsung pesan kamarnya secara cepat lewat aplikasi smartphone Airy App yang tersedia untuk Android dan iOS. Tersedia juga reservasi lewat www.airyrooms.com, atau layanan konsumen di nomor telepon 0804-111-2479 (AIRY).

Featured Image Credit to: http://wtd.unwto.org/

2 Responses to “7 Tempat Wisata Menarik di Banjarmasin ini Harus Jadi Destinasi Liburanmu!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *