Yuk Berlibur Ke Sulawesi Tengah Dan Kunjungi 5 Tempat Keren Ini!

Setelah menjelajahi keindahan alam di sekitar pulau Jawa, Sumatera, Bali dan mungkin Nusa Tenggara, masih banyak tempat wisata di Indonesia yang sangat menarik untuk kamu kunjungi. Bagaimana dengan spot yang tersebar di pulau Sulawesi? Mungkin kamu lebih mengenal kepulauan Wakatobi, Bunaken dan Takabone tetapi daerah Sulawesi Tengah juga menyimpan beberapa tempat wisata yang bisa dinikmati oleh kamu beserta keluarga maupun kerabat terdekat. Yuk, kita cari tahu 5 tempat wisata menarik di sekitar Sulawesi Tengah!

1. Pusentasi

Photo courtesy of kompasiana.com

Apabila kamu ingin berenang di air laut biru yang segar dan bersih tetapi dengan sensasi yang berbeda, kamu bisa langsung mengunjungi Pusentasi atau Pusat Laut! Pusentasi berasal dari Bahasa Kaili, suku asli Sulawesi Tengah, yang berarti Pusat (Puse) dan Laut (Tasi) dan merupakan sebuah lubang seperti sumur raksasa yang berisi air laut jernih. Konon katanya, terdapat sebuah terowongan yang menyambungkan Pusentasi dengan laut dan menjadi sebuah alasan mengapa air laut bisa mengisi sink hole ini tetapi kamu tidak perlu khawatir! Kamu bisa berenang dengan aman di dalam Pusentasi dan tersedia sebuah tangga untuk naik maupun turun ke dan dari dalam air. Bagi kamu yang masih ingin bermain di sebuah pantai, kamu bisa berjalan 300m dari Pusentasi dan menemukan Pantai Bone Bula yang berpasir putih.

2. Pantai Tanjung Karang

Photo courtesy of indonesia-tourism.com

Sebuah pantai yang berpasir putih dengan air laut berwarna biru jernih pastinya menjadi salah satu tempat tujuan kamu saat berlibur. Pantai Tanjung Karang menyajikan pemandangan tersebut; pantai berpasir putih yang merentang jauh dengan air laut biru dan ombak tenang. Walaupun dengan jarak tempuh 1 jam dari pusat kota Palu, segala rasa letih selama perjalanan akan terbayarkan. Kamu bisa bermain di pantai atau melakukan snorkeling maupun diving karena Pantai Tanjung Karang juga memiliki pemandangan bawah laut yang tidak ada duanya. Bagi kamu atau keluarga dan kerabat terdekat yang gemar memancing, terdapat banyak fasilitas di sekitar pantai yang menawarkan penyewaan kapal untuk memancing dekat dari bibir pantai sampai untuk memancing di laut dalam.

3. Museum Sulawesi Tengah

Photo courtesy of kekunaan.blogspot.com

Setelah bermain di pantai atau menikmati keindahan alam Sulawesi Tengah, sekarang adalah waktunya untuk kamu mendalami pengetahuan tentang sejarah daerah sampai ke penduduk aslinya. Museum ini memiliki pameran yang apik dan lengkap tentang Sulawesi Tengah dengan biaya masuk yang sangat terjangkau, yaitu Rp1.500 untuk anak-anak, Rp3.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk turis asing. Kamu dapat belajar lebih dalam tentang sejarah dan budaya suku-suku asli, seperti melihat kain tenun Donggala, pakaian adat setiap kabupaten sampai replika patung Palindo yang menggambarkan nenek moyang orang Bada. Selain sejarah daerah Sulawesi Tengah, kamu juga bisa melihat beberapa artefak religi yang dipamerkan, seperti Kitab Suci Al-Qur’an yang berukuran raksasa dan berumur ratusan tahun.

4. Kepulauan Togean

Photo courtesy of manggeku.com

Dengan berlibur ke Sulawesi Tengah, kamu akan disajikan dengan banyak pilihan pantai ataupun pulau indah dan Kepulauan Togean adalah salah satu pilihannya! Walaupun kamu harus menempuh jarak yang sangat jauh dari kota Palu, kamu bisa menikmati keindahan secuil surga dunia di Kepulauan Togean. Selain pantai berpasir putih dan air laut biru, kamu bisa menemukan hutan mangrove, berbagai gua sampai air terjun untuk dijelajahi. Tidak hanya pemandangan di daratannya saja yang indah, tetapi Kepulauan Togean juga memiliki keindahan bawah laut yang spektakuler karena berada di segitiga terumbu karang dunia! Bagi kamu yang ingin refreshing, tempat ini juga sangat cocok karena Kepulauan Togean masih belum terjangkau jaringan untuk layanan data internet, jadi kamu bisa “menjauh” dari segala hingar-bingar teknologi.

5. Cagar Alam Morowali

Photo courtesy of palugate.com

Mungkin mengunjungi sebuah cagar alam bisa menjadi sesuatu yang baru untuk liburan kamu tetapi Cagar Alam Morowali memiliki segudang keindahan flora maupun fauna yang tidak boleh kamu lewatkan. Tidak hanya berhamparan hutan tropis, tetapi kamu bisa memiliki petualangan di berbagai macam ekosistem seperti hutan pantai, hutan mangrove hingga hutan pegunungan. Beberapa satwa liar yang bisa kamu temukan di Cagar Alam Morowali adalah anoa, babirusa, kera, kus-kus beruang, rusa dan berbagai fauna lainnya. Yang unik dari cagar alam satu ini, kamu juga bisa melihat Suku Wana, sebuah suku asli Sulawesi Tengah yang masih memiliki budaya berburu dan berladang selayaknya zaman dahulu kala.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Menarik di Banjarmasin ini Harus Jadi Destinasi Liburanmu!

Bagaimana? Sudah tidak sabar untuk merencanakan liburan kamu ke Sulawesi Tengah? Segera mulai perencanaan dan jadikan Airy Rooms sebagai solusi akomodasimu! Airy Rooms adalah jaringan akomodasi terbesar dan terpercaya yang telah hadir di 72 kota, termasuk di kota Palu! Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa menikmati 7 Jaminan Kenyamanan di setiap kamarnya, seperti tempat tidur nyaman dan bersih, AC, shower air panas, TV layar datar, WiFi gratis, perlengkapan mandi dan air minum gratis.

Untuk mempermudah perencanaan liburanmu, berikut adalah kamar Airy Palu yang kami rekomendasikan:

Airy Ulujadi Malonda 76 Palu
Airy Talise Kampung Nelayan 99 Palu

Selain kamar-kamar di atas, kamu masih dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung Airy App melalui iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com, atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY).

Featured photo courtesy of triptrus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *