5 Lokasi Angker di Indonesia Ini Ada di Tengah Kota. Berani Mengunjunginya?

Mumpung sebentar lagi Halloween tiba (tanggal 31 Oktober) sharing hal-hal yang berbau mitos, mistis, supernatural, dan hal sejenisnya sepertinya seru juga untuk dibagikan. Tak jauh dari destinasi wisata ataupun tempat menarik yang asyik untuk dikunjungi tatkala berlibur, kali ini ada 5 (lima) tempat yang jika dilihat dengan kasat mata sepertinya normal-normal saja, tapi sesungguhnya ada kisah menyeramkan di baliknya. Mana saja?

1. Sungai Musi – Palembang

Dibalik panoramanya yang memukau, Sungai Musi menyimpan legenda urban yang cukup menyeramkan
Dibalik panoramanya yang memukau, Sungai Musi menyimpan legenda urban yang cukup menyeramkan | gosumatra.com

Sungai Musi yang jadi ikon kota Palembang ini memang ciamik banget kalau dilihat dari berbagai sisi. Jembatan Amperanya yang memukau menyerupai berbagai jembatan megah yang ada di luar negeri sana. Tapi siapa sangka, tempat ini juga dikenal sebagai tempat yang angker oleh sebagian masyarakat di sana. Menurut cerita, beraneka ragam sosok mistis mendiami sungai itu. Salah satunya adalah sosok yang dijuluki “hantu Banyu”. Percaya atau tidak, sosok inilah yang dipercaya sebagai penyebab berbagai kasus orang hilang atau tenggelam di kawasan ini yang terjadi setiap tahunnya. Ngeri!

2. Jembatan Semanggi – Jakarta

Berada di tengah hiruk pikuk kota tak membuat Jembatan Semanggi bisa menyimpan tragedi kelam di masa lalu
Berada di tengah hiruk pikuk kota tak membuat Jembatan Semanggi bisa menyimpan tragedi kelam di masa lalu | fineartamerica.com

Buat warga Jakarta dan sekitar, Jembatan Semanggi adalah salah satu titik crowded lalu lintas kota Jakarta setiap harinya. Letaknya yang berada di tengah-tengah pusat perkantoran dan perlintasan tol dalam kota, sepertinya agak aneh jika tempat ini bisa dibilang tempat angker. Eits jangan salah! Menurut berbagai penuturan masyarakat, jembatan ini punya suasana yang cukup mengerikan tatkala malam telah mencapai ujung waktunya alias di waktu dini hari. Banyak penampakan supranatural yang kerap dialami oleh beberapa warga. Konon, tempat ini menjadi cukup menyeramkan pasca tragedi Semanggi yang menewaskan banyak orang di tahun 1998 silam.

3. Plaza Ambarrukmo – Jogjakarta

Siapa sangka, pusat perbelanjaan di Jogja ini juga banyak menyimpan kisah-kisah nan seram
Siapa sangka, pusat perbelanjaan di Jogja ini juga banyak menyimpan kisah-kisah nan seram

Ambarrukmo Plaza adalah mall paling besar di Jogja. Meski megah, cerita seram juga menyelimuti tempat ini. Berdiri di atas tanah milik mendiang Sultan Hamengkubuwono VII pada tahun 2006. Kisah mistis nan misterius santer beredar mengiringi proses pembangunan. Mulai dari kasus kesurupan para pekerja, rerumputan yang tak bisa ditebang, hingga pengoperasian masalah kelistrikan yang kerap terkadi. Setelah mall beroperasi pun juga beredar cerita mistis di area toilet, di mana petugas pembersih sering “dikerjai” dengan melihat sosok misterius masuk ke toilet dan kemudian menghilang.

4. Plaza Surabaya – Surabaya

Salah satu mall tersohor di Surabaya ini dikenal ramai dengan "pengunjung" kasat mata
Salah satu mall tersohor di Surabaya ini dikenal ramai dengan “pengunjung” kasat mata | surabayatravel.com

Dari depan sih, plaza yang satu ini terlihat biasa-biasa saja, bahkan cenderung megah untuk bisa dikatakan mall besar di Surabaya. Tapi ternyata, Plaza Surabaya menyimpan cerita seram yang bahkan sudah jadi urban legend bagi masyarakat setempat. Mitos yang cukup tersohor di sana ialah ada kisah perawat yang pernah terjepit di eskalator, dan masih sering menampakkan diri.

5. Padang 12 – Pontianak

Konon tempat ini jadi gerbang alam gaib yang tentu tak seorang pun berani mengunjunginya
Konon tempat ini jadi gerbang alam gaib yang tentu tak seorang pun berani mengunjunginya | semuaadadisini.com

Padang 12 sejatinya adalah sebuah hamparan padang yang luas dan kosong. Tak ada yang menarik di sini, hanya saja hamparan padang savanna dan pasir-pasir putih di sini cukup menarik untuk dijadikan lokasi foto dan sebagainya. Meski demikian, Padang 12 dipercaya warga Pontianak adalah tempat yang menyeramkan. Alkisah, di tempat ini terdapat gerbang menuju dunia gaib yang sebaiknya dijauhi oleh orang biasa. Urban legend ini pun sangat lekat di tengah masyarakat Pontianak.

Baca juga: Menguji Nyali di Bangunan Seribu Pintu, Lawang Sewu Semarang!

Gimana punya nyali kah Anda untuk mengunjungi sambil cari tahu kebenaran kisah misteri di sana? Atau Anda punya ide atau inspirasi lain menyambut Halloween nanti? Share idenya di bawah ini ya. Nah, kalau inspirasi yang satu ini sama sekali jauh dari kata seram lho! Apalagi kalau bukan inspirasi liburan nyaman dan hemat bersama Airy Rooms, jaringan hotel budget terbesar dan terpercaya di Indonesia. Mau buat isi waktu luang di akhir pekan, atau liburan panjang bersama keluarga, pastikan pilihan terbaik bersama Airy Rooms.

Airy Sonokwijenan Kupang Baru Satu 140 Surabaya
Airy Sonokwijenan Kupang Baru Satu 140 Surabaya
Airy Tengah Merdeka Barat 428 Pontianak
Airy Tengah Merdeka Barat 428 Pontianak

Penasaran ingin segera reservasi kamarnya? Anda kini bisa langsung pesan kamarnya secara cepat lewat aplikasi smartphone Airy App yang tersedia untuk Android dan iOS. Tersedia juga reservasi lewat www.airyrooms.com, atau layanan konsumen di nomor telepon 0804-111-2479 (AIRY).

Source: Coconuts Indonesia |  Feature image courtesy of: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *