5 Air Terjun Tersembunyi di Bali ini Tawarkan Sensasi Menyatu Dengan Alam

Tak bisa dipungkiri. Sebagai salah satu surganya wisata dunia, Bali selalu menyimpan sejumlah pesona yang seakan tak ada habisnya. Benar saja, selain punya barisan pantai yang kerap jadi andalan, budaya lokal yang terjaga, hingga hingar bingar kehidupan malamnya yang tak pernah surut, Bali juga punya kecantikan alam yang mempesona mata. Salah satunya air terjun yang banyak tersebar di beberapa penjuru pulau Bali. Mana saja? Di bawah ini ada 5 lokasi air terjun tersembunyi di Bali yang bisa Anda sambangi nanti.

1. Air Terjun Nungnung

air-terjun-nung2

Sesuai namanya, wisata air terjun ini berada di Desa Nungnung yang masih menjadi bagian dari kabupaten Badung. Berjarak sekitar 45 kilometer dari Ibukota Denpasar, suasana di air terjun ini bakal mengundang relaksasi yang tiada tara. Didukung dengan udara sejuk dan suasana yang asri, air terjun ini sejatinya berada di lokasi yang memiliki ketinggian kurang lebih 900 mdpl.

Oh ya, Air Terjun Nungnung ini memiliki debit air yang cukup deras lho, disebabkan ketinggiannya yang cukup menjulang. Setibanya di lokasi, Anda mesti menuruni ratusan anak tangga yang lumayan curam, untuk Anda yang memiliki phobia ketinggian, sangat disarankan untuk tidak turun seorang diri. Biaya masuk ke kawasan ini sangat murah, cukup 3 ribu rupiah untuk sekali masuk.

2. Air Terjun Munduk

air-terjun-munduk
Air Terjun Munduk | balitour-paket.com

Wisata air terjun ini dapat dijumpai di Desa Munduk yang ada di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Dengan jarak kurang lebih sekitar 70 kilometer dari Denpasar, atau setara dengan sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor, sesampainya di lokasi ini Anda bakal disuguhi pemandangan air terjun setinggi 15 meter yang memukau.

Lokasi air terjun ini sendiri tak jauh dari perkebunan kopi dan cengkeh milik masyarakat setempat, sehingga bisa dibilang suasana di lokasi ini sangat sejuk dan asri. Untuk memasukinya, Anda diharuskan membayar tiket masuk seharga 3 ribu rupiah saja untuk sekali masuk.

3. Air Terjun Dusun Kuning

air-terjun-dusun-kuning
Air Terjun Dusun Kuning | longtripmania.org

Kota Bangli menjadi “rumah” bagi lokasi wisata air terjun yang satu ini. Lebih tepatnya berada di Desa Taman Bali, Air Terjun Dusun Kuning menyuguhkan panorama keindahan air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter di atas permukaan Sungai Tukad Melangit. Otomatis, airnya sangat jernih dan bersih.

Satu hal yang menarik dan lumayan menantang. Untuk mencapainya ternyata dibutuhkan usaha yang cukup keras. Menurut berbagai sumber menyebutkan, rute perjalanan yang ditempuh dimulai dari Desa Umanyar, kemudian Anda diharuskan melakukan sedikit hiking hingga tiba di atas di tebing yang berada di tepi Sungai Melangit. Nah, dari tebing tersebut, Anda harus menuruni kembali tebing di sisi yang berbeda dengan hanya berpegangan pada akar pepohonan. Cukup menantang bukan?

4. Air Terjun Blemantung

air-terjun-blemantung
Air Terjun Blemantung | clayton88.blogspot.com

Jika perjalanan tadi cukup menantang, lokasi air terjun yang satu ini bisa dijangkau dengan perjalanan yang cukup mulus. Rutenya cukup baik. Dimulai dari Jalan Raya Denpasar, menuju Seririt, hingga sampai di Singaraja. Letak pastinya ada di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan. Air Terjun Blemantung memiliki ketinggian sekitar 50 meter, dan tersembunyi di antara tebing-tebing yang memiliki permukaan berupa perkebunan kopi masyarakat setempat.

Biasanya, pengunjung lokasi ini kerap berenang di hilir air terjun yang memiliki air yang jernih nan bersih, dan tentu saja sejuk. Tertarik? Tunggu dulu, karena tak hanya itu saja pesonanya. Air Terjun Blemantung ini sendiri terdiri dari tiga buah air terjun. Air terjun yang pertama merupakan air terjun yang lebih tinggi, berada di dekat sebuah pura. Kemudian air terjun kedua berada lebih rendah dari yang pertama, dan terpisah sekitar 200 meter. Sedangkan air terjun yang ketiga berada di antara dua air terjun itu tadi, namun letaknya sedikit tersembunyi. Seru!

5. Air Terjun Tegenungan

air-terjun-tegenungan
Air Terjung Tegenungan | blog.vokamo.com

Ini dia lokasi air terjun yang lokasinya paling dekat dengan Ibukota Denpasar. Uniknya air terjun ini juga merupakan satu-satunya air terjun yang tidak berada di dataran tinggi. Air Terjun Tegenungan terletak di Desa Kemenuh, Kabupaten Gianyar. Dengan debit air yang cukup deras dan jernih, air terjun ini juga biasa dijadikan tempat pemandian yang bersumber dari mata air alami. Tak ayal, masyarakat setempat sering memanfaatkannya untuk berbagai keperluan.

Baca juga: Cari Kuliner Halal di Bali? Sambangi Lokasi-Lokasi Ini!

Seperti biasa, puas memanjakan hasrat wisata di pulau dewata, tak lengkap jika Anda tak memilih akomodasi hemat terbaik bersama Airy Rooms. Di Bali, Airy Rooms mudah ditemukan di mana saja. Gunakan aplikasi Airy Rooms yang bisa di-download di Google Play Store untuk temukan kamar hotel Airy terdekat, sekaligus reservasi instan langsung via aplikasi. Berikut adalah kamar Airy Bali yang direkomendasikan.

29_airy-jimbaran-kayu-sugih-8-bali_double-2
Airy Jimbaran Kayu Sugih 8 Bali
19_airy-sukawati-sutami-gunung-sari-99x-bali_double
Airy Sukawati Sutami Gunung Sari 99x Bali

Kamu dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung Airy App melalui iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY). Untuk Info dan promo terbaru mengenai Airy Rooms, silahkan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitter dan Instagram @airyindonesia.

Source: keepo.me. Feature image courtesy of: beautytour.info

One Response to “5 Air Terjun Tersembunyi di Bali ini Tawarkan Sensasi Menyatu Dengan Alam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *