3 Objek Wisata di Indonesia Ini Ternyata Mirip Dengan Stonehenge

Monumen Stonehenge ternyata tak sendirian. Bangunan yang merupakan susunan batu misterius itu rupanya juga ada di Indonesia. Tak main-main, jumlahnya pun ada 3 (tiga)! Dan asiknya lagi, ketiga Stonehenge “lokal” tadi ternyata juga merupakan objek wisata yang semestinya layak kita sambangi dalam waktu dekat. Di mana saja ya? Yuk telusuri lebih lanjut.

Sekilas mengenai Stonehenge

Ini wujud Stonehenge “asli” yang pertama kali ditemukan di Inggris | Photo: traveldigg.com

Buat kamu yang belum begitu paham mengenai Stonehenge, sejatinya Stonehenge itu merupakan batu-batu raksasa yang disusun sedemikian rupa, dan sudah berdiri sejak jaman perunggu atau yang bisa disebut dengan era Neolitikum. Menurut perkiraan, era ini bergulir sekitar 3000-5000 tahun sebelum masehi. Otomatis, melihat usianya yang sedemikian purba, Stonehenge menjadi salah satu monumen dunia yang cukup misterius keberadaannya. Sampai sekarang pun masih dilakukan penelitian mendalam mengenai fungsi monumen ini di masa lampau, dan siapa yang mendirikannya. Lokasi Stonehenge sendiri berada di sekitar 13 km barat laut Salisbury, Inggris. Nah, meski Indonesia dan Inggris terpaut ribuan kilometer, monumen serupa ternyata juga bisa ditemukan di tanah air lho, meski tak semuanya merupakan bangunan purba seperti di bawah ini.

1. Stonehenge Cangkringan Merapi

Stonehenge Cangkringan Merapi kerap jadi lokasi favorit wisatawan lokal Jogja | Photo: kanaljogja.com

Jogja selalu punya kejutan. Dengan berbagai pesona topografi alam dan budayanya yang tak pernah gagal memukau, Jogja juga punya “repilka” Stonehenge yang bisa dijadikan lokasi wisata kamu selanjutnya. Lokasinya ada di lereng Gunung Merapi, atau tepatnya ada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi wisatawan, Stonehenge Cangkringan Merapi kerap jadi tujuan wisata alternatif selain menikmati panorama Gunung Merapi. Berada di area seluas 200 meter persegi, gugusan batu raksasa Stonehenge bisa menjadi latar foto yang apik. Apalagi jika cuaca cerah, Stonehenge buatan tangan manusia modern ini ini dijamin bisa memanjakan mata.

2. Stonehenge Bali

Stonehenge di Bali ini lebih menyerupai artifiasl standing stone yang dibuat pada masa kini | Photo: gunsgloriess.blogspot.com

Masih sama seperti Cangkringan Merapi, Stonehenge yang berada di pulau dewata Bali ini merupakan monumen buatan yang dibuat pada masa kini. Meski demikian, lokasi wisata ini tetap menarik lho untuk dikunjungi. Stonehenge ini adalah salah satu konsep arsitektur yang dibuat oleh salah satu restoran yang ada di wilayah Gianyar, atau tepatnya berada di Jalan Pantai Purnama Gianyar Bali. Tumpukan batu ini sendiri sebenarnya adalah ‘pelinggih’, atau bagi warga Hindu Bali biasa mengenalnya sebagai tempat menaruh sesajen untuk keperluan ibadah. Lokasi Stonehenge Bali ini sepertinya sangat cocok buat kamu yang ingin menikmati keindahan alam di tengah monumental yang epic, tanpa harus bersusah payah mencapainya. Karena notabene, lokasi ini berada persis di kawasan Pantai Purnama.

3. Stonehenge Solor

Stonehenge Solor diklaim sebagai situs peninggalan era Megalitikum Indonesia | Photo: Bintang.com

Nah jika dua Stonehenge di atas tadi merupakan artifisial buatan manusia modern, tidak halnya dengan Stonehenge yang ada di kota Bondowoso Jawa Timur Ini. Stonehenge Solor namanya. Monumen ini dipercaya merupakan peninggalan peradaban purba yang telah mendiami kawasan Nusantara sejak zaman Megalitikum atau sekitar 2500 tahun sebelum masehi! Di kawasan Stonehenge Solor ini kamu nggak bakal menemukan satu atau dua tumpukan batu saja, melainkan ada banyak monumen batu dari zaman purbakala yang dalam Bahasa Madura disebut “Betoh So’on”. Jika diperhatikan, bentuk Stonehenge Solor ini sedikit mirip dengan Stonehenge di daratan Inggris sana. Hal ini yang kemudian jadi perdebatan seru bagi para peneliti, di masa yang begitu lampau, ternyata ditemukan kemiripan budaya yang dipisahkan oleh waktu dan jarak yang sangat jauh. Padahal waktu itu belum ada alat telekomunikasi atau pun media sosial ya 🙂

Selain jajaran batuan yang mirip dengan Stonehenge Inggris, di tempat ini kalian akan menemukan “Batu Jabrig”, yakni batu yang mirip kepala manusia yang ditumbuhi banyak rambut yang berasal dari tanaman. Terlepas dari penelitian sejarah di baliknya, Stonehenge Solor ini sangat layak kamu sambangi selagi berwisata. Dengan latar belakang batu purba dan pemandangan alam di sekitarnya, berfoto ria di tempat ini wajib hukummya! Asal tetap harus diingat bahwa menjaga kelestariannya jauh lebih penting ya.

Baca juga: Berpetualang ke Desa di Atas Awan Wae Rebo, Flores, NTT

Nah bagaimana, siap menjelajah ketiga Stonehenge ala Indonesia tadi? Yuk siapkan perjalanan kamu, dan jangan lupa pilih akomodasi yang mendukung plesiran kamu bersama Airy Rooms, jaringan akomodasi budget terbesar dan terpercaya di Indonesia. Dengan lokasi properti yang telah tersebar di penjuru Indonesia, Airy Rooms siap menemani liburan kamu dengan nyaman dan aman. Mari segera pilih kamarnya.

Airy Keraton Yogyakarta Agus Salim
Airy Premier Ubud Simpang Hanoman Monkey Forest Bali

Bagaimana tertarik untuk memesannya? Langsung saja download aplikasi Airy Rooms di iOS dan Android. Atau kamu juga bisa lakukan pemesanan di website www.airyrooms.com. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Customer Care Airy Rooms di nomor 0804-111-2479 (AIRY). Untuk Info dan promo terbaru mengenai Airy Rooms, silahkan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitter dan Instagram @airyindonesia.

Source: IDNTimes | Feature image: Pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *