7 Tips Travel Vlog Ini Manjur Banget!

Membuat travel vlog yang bagus dan menarik itu perlu proses yang panjang. Ada banyak hal yang harus ditentukan, mulai dari menetapkan jadwal perjalanan, membeli peralatan yang sesuai, sampai menentukan gaya bahasa yang digunakan. Beberapa travel vlogger yang terkenal sudah piawai dalam menentukan hal tadi, dan mereka akhirnya punya gaya khas sendiri yang konsisten dari waktu ke waktu.

Nah, buat kamu yang ingin mulai bikin travel vlog, Airy punya 7 tips travel vlog yang manjur banget! Penasaran apa aja? Yuk kita simak bareng!

Tentukan tipe konten travel vlog

tips travel vlog
Credits: photoworkout.com

Sebelum mulai membuat travel vlog, kamu harus menentukan terlebih dahulu konten macam apa yang akan direkam. Apakah vlog ini akan berisi perjalanan penuh inspirasi alam, inspirasi kuliner, atau inspirasi pengalaman?

Untuk dikenal sebagai vlogger, kamu harus bisa membuat konten yang spesifik. Misalkan, kamu ingin membuat travel vlog yang fokus terhadap kehidupan urban di kota-kota di Indonesia. Karena konten ini spesifik, maka lambat laun kamu akan dikenal sebagai vlogger yang suka jalan-jalan di kota. Kalau ternyata kamu orang pertama punya konten itu, siapa tahu kamu akan dijuluki urban travel vlogger pertama di Indonesia lho!

Rencanakan perjalanan yang akan di rekam

tips travel vlog
Credits: mistay.in

Sebagai travel vlogger, kamu harus merencanakan perjalanan secara matang supaya kontenmu terlihat konsisten. Seorang travel vlogger yang terkenal biasanya sudah punya jadwal posting sendiri yang ditunggu-tunggu oleh penggemarnya. Kalau saran dari Airy, bisa banget kamu jadwalkan wisata 2 minggu sekali untuk merekam konten vlog. Semakin konsisten semakin bagus!

Pilih destinasi unik yang menarik

tips travel vlog
Credits: existrend.com

Setelah menentukan jadwal dan konten, kamu lalu perlu menentukan akan jalan-jalan kemana. Pilihan destinasi bakal jadi bagian yang penting dari vlog kamu. Destinasi yang unik pasti akan membuat vlog kamu jadi makin menarik, karena penonton akan referensi wisata yang baru. Nah, untuk mencari berbagai destinasi unik, kamu bisa mencari di internet soal hidden gem yang tersebar di berbagai tempat di dunia.

Hidden gem adalah sebutan untuk destinasi wisata yang tidak diketahui banyak orang sehingga masih asik banget untuk dijelajahi. Berbagai destinasi tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari cafe terpencil di sudut kota sampai pantai yang belum pernah terjamah oleh wisatawan. Djiamin, ka;au kamu menemukan hidden gem, pasti konten jadi lebih menarik!

Pilih alat merekam yang sederhana dan ringan

tips travel vlog
Credits: spectator.co.uk

Karena mobilitas akan tinggi saat travel vlogging, maka sebaiknya kamu membawa alat yang kecil dan ringan saja. Sudah ada banyak kamera dan perekam suara sederhana yang cocok untuk travel vlogging, kok. Kamu bisa mencari spesifikasi dan harga berbagai barang tersebut di internet. Untuk meyakinkan pilihan alat, kamu juga bisa melihat video ulasannya di Youtube karena hasil rekaman dan suara alat bisa didengar secara jelas.

Nah, apabila kamu terbatas dengan anggaran, tetap diingat kalau membuat vlog yang menarik itu tidak perlu alat-alat mahal. Cukup dengan alat sederhana, kamu sudah bisa bikin vlog yang bakal disukai orang, asalkan memiliki konten menarik untuk ditonton.

Buat vlog dengan durasi yang pas

tips travel vlog
Credits: shutterstock.com

Durasi itu penting banget bagi para penonton, karena durasi yang terlalu cepat akan membingungkan dan durasi yang terlalu lama akan membosankan penonton. Usahakan untuk selalu membuat sebuah travel vlog berdurasi antara 5 – 10 menit. Dengan durasi itu, kamu sudah bisa menampilkan isi konten video yang lengkap, mulai dari persiapan menuju destinasi, ulasan saat menikmati destinasi, sampai pengalaman kembali ke rumah.

Buat judul, deskripsi, dan thumbnail yang menarik

tips travel vlog
Credits: buyviewsreview.com

Setelah video kamu selesai disunting, saatnya mengunggah video. Tampilan video juga bisa dibikin menarik dengan beberapa trik, lho. Ada tiga komponen yang bisa kamu otak-atik, yaitu judul, deskripsi, dan thumbnail video.

Kamu harus membuat judul yang bakal menarik perhatian, atau biasa disebut dengan judul click bait. Misalkan, kamu membuat travel vlog tentang jalan-jalan ke sebuah cafe kecil di sudut kota Surabaya yang nyaman banget hingga gak pengen beranjak dari tempat itu. Kamu bisa membuat judul yang bikin penasaran, seperti “Gila! Gue gak boleh keluar dari kafe ini!”

Deskripsi video juga bisa membantu menjelaskan video kamu sebelum ditonton. Usahakan membuat deskripsi menarik yang merangkum isi video. Apabila menggunakan contoh di atas, kamu bisa membuat deskripsi seperti ini:

“Kafe kecil yang ada di sudut Surabaya ini enak banget buat nongkrong. Saking enaknya, gue gamau pergi!”

Terakhir adalah thumbnail. Thumbnail adalah sebuah cuplikan video yang akan diletakkan di sebelah judul. Dulu, thumbnail hanya berupa cuplikan sebuah adegan di video yang terlihat paling menarik. Namun sekarang sudah banyak video dengan gambar yang khusus dibuat untuk thumbnail. Untuk membuat thumbnail menarik, kamu harus memperlihatkan gambar yang langsung mengambil perhatian penonton. Misalkan, sesuai dengan contoh tadi, thumbnail yang tepat adalah gambar wajah kamu kebingungan di dalam cafe, dengan tipografi tulisan “Gue gak boleh keluar dari sini!” di sebelah wajah bingung. Dijamin, pasti bikin orang penasaran!

Jadi diri sendiri

Terlepas dari tips travel vlog di atas, sebuah konten vlog baik selalu dibuat oleh vlogger yang jadi diri sendiri. Tanpa membuat konten original yang sesuai dengan diri sendiri, travel vlog kamu pasti sama aja dengan berbagai video di internet. Jadilah diri kamu di setiap video tanpa ingin meniru gaya vlogger lain yang sudah terkenal. Alhasil pasti orang akan ingat kamu sebagai vlogger orisinil yang keren!

Pengen langsung praktekin tips travel vlog di atas? Yuk, langsung rencanakan jalan-jalan kamu aja di Airy! Jangan khawatir, mau kemana aja di Indonesia pasti bisa sama Airy. Di Airy, kamu bisa mendapatkan kamar penginapan dan tiket pesawat dengan harga terbaik lho! Wah, pas banget tuh sama kebutuhan travel vlogger! Cara pesannya juga simple dan mudah, tinggal download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Ada banyak Kamar Airy dan tiket pesawat yang rutenya lengkap banget! Kalau kamu mau potongan harga yang lebih banyak, jangan lupa follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Ada banyak promo untuk kamu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *