5 Tips Seru Solo Traveling Yang Wajib Kamu Baca!

solo traveling

Apa yang ada di pikiranmu kalau berbicara tentang solo traveling? Kedengarannya memang agak riskan, ya? Berjalan-jalan seorang diri, di daerah yang belum kita ketahui medannya, tidak ada orang yang kita kenal sebelumnya, dan banyak kekhawatiran lainnya. Tapi percaya atau tidak, solo traveling sebenarnya menyenangkan lho!

Apa kamu pernah mengalami liburan bersama-sama keluarga, atau pun sahabat-sahabatmu dan kamu harus berkompromi dengan keinginan semua orang? Misalnya, kamu merasa pergi ke tempat oleh-oleh tidak seberapa penting dan lebih baik dihabiskan dengan bersantai di pantai, tapi kamu harus ikut ke pusat oleh-oleh tersebut karena kamu “kalah suara”. Hal seperti ini bisa kamu hindari kalau kamu solo traveling; bebas kemana pun yang kamu mau tanpa harus berkompromi dengan orang lain. Cocok buat kamu yang jenuh dengan rutinitas sehari-hari!

Nah, kalau kamu tertarik untuk melakukan solo traveling, ada beberapa persiapan khusus yang harus dilakukan agar liburanmu tetap nyaman dan aman. Berikut beberapa tips dari Airy sebelum kamu berangkat solo traveling. Yuk baca dulu!

1. Cari Tahu Tentang Destinasi Yang Kamu Inginkan

Pertama, tentukan destinasi yang kamu inginkan; sesuaikan dengan kemampuanmu. Untuk pertama kali solo traveling, Airy sarankan ke tempat yang dekat terlebih dahulu, agar lebih aman, sekaligus “melatih” kemampuan solo traveling-mu. Kabar bagusnya, kamu tidak perlu berdiskusi dengan siapapun untuk urusan ini! Semua terserah kamu.

solo traveling
Credit: pexels.com

Setelah memilih destinasi yang cocok, cari tahu lebih banyak tentang destinasi tersebut. Mulai dari biaya yang harus disiapkan, daerah penginapan yang strategis, alat transportasi yang bisa kamu gunakan di sana, cuaca di sana, sampai dengan do’s and dont’s yang berlaku di sana. Informasi ini bisa kamu dapatkan dari internet, jadi gunakan kemampuan risetmu, ya!

2. Persiapkan Barang Bawaanmu Dengan Ringkas dan Efektif

Karena kamu akan berjalan-jalan seorang diri, maka tidak akan ada orang yang membantu membawa barang bawaanmu. Oleh sebab itu, bawalah pakaian dan bawaan yang lain secukupnya. Oleh sebab itu, riset tentang destinasi tersebut sangat penting. Apabila kamu berwisata ke daerah dingin, tapi tidak membawa pakaian yang tebal, pasti kamu malah tidak akan nyaman berjalan-jalan di sana. Begitu juga sebaliknya, apabila kamu bertamasya ke daerah pantai, tentu akan kurang tepat untuk membawa sweater atau jaket. Hindari juga membawa barang berharga yang berlebihan.

solo traveling
Credit: skyscanner.net

Jangan sampai lupa pula untuk membawa obat-obatan atau first aid kit! Karena sendirian, maka kamu harus sanggup menjaga diri, termasuk kesehatan badanmu sendiri. Kalau masih tetap bingung bagaimana cara packing yang baik, Airy sudah pernah membahas tips praktis packing supaya liburanmu makin nyaman. Baca dulu di sini!

3. Siapkan Beberapa Kontak Darurat Untuk Pengamanan

solo traveling

Kendati ini adalah saatmu untuk bebas dari rutinitas, kamu tetap harus memberitahu orang-orang terdekatmu kemana kamu akan berwisata dan dimana kamu menginap. Jangan lupa juga untuk mencatat nomor mereka yang bisa kamu hubungi sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Memang, semoga saja tidak terjadi apa-apa sewaktu kamu berwisata, namun tidak ada salahnya untuk tetap waspada, kan?

4. Anggarkan Pengeluaranmu Dengan Baik

solo traveling
Credit: skyscanner.net

Dalam solo traveling, kontrol budget semasa berlibur sangat penting. Cari tahu ilustrasi pengeluaran yang sudah dilakukan oleh pelancong sebelumnya, dan kamu bisa “menjiplak” cara mereka. Setelah itu, siapkan uang lebih untuk pengeluaran yang tidak terduga. Tips lain dari Airy adalah jangan taruh uangmu dalam satu tempat. Hal ini untuk mencegah uangmu langsung habis apabila dompetmu hilang atau uangmu jatuh, dan lain sebagainya. Simpan sebagian uangmu di tempat tersembunyi yang bisa kamu akses dengan mudah!

5. Bersenang-senang dan Percaya Diri

solo traveling

Tujuan paling utama dari berlibur adalah untuk bersenang-senang. Jadi, rencanakan liburanmu dengan gembira, pilih kota destinasi dan aktivitas yang kamu senangi, kamar hotel yang paling nyaman, dan sebagainya! Intinya, lakukan apapun yang mungkin dilakukan untuk memastikan liburanmu menyenangkan. Selain itu, percayalah pada kemampuan dirimu sendiri! Percayalah bahwa kamu bisa membaca peta, berkenalan dengan penduduk lokal, mencari alat transportasi sendiri, dan sebagainya. Tidak lucu, kan, kalau kamu hanya tinggal di hotel saja karena takut bereksperimen dan mengeksplorasi kota tujuanmu tersebut.

Apabila semua tips dari Airy tersebut kamu lakukan, pasti kamu bisa mulai melakukan solo traveling! Yang paling penting adalah liburanmu membuat kamu lebih bahagia, segar, dan semangat kembali untuk beraktivitas setelah liburan usai. Nah, biar liburanmu lebih bikin happy, pesan tiket pesawat dan kamar hotelnya pakai Airy saja! Tiket pesawatnya murah, kamar hotelnya dijamin dengan 7 Jaminan Kenyamanan yang pasti bisa memanjakan liburanmu dengan istirahat yang nyaman! Buka aplikasi Airy App yang bisa kamu download melalui Google Play Store dan App Store atau klik langsung www.airyrooms.com. Untuk kode kupon, kamu bisa cari di Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms dan kamu siap menyulap liburanmu menjadi lebih hemat! Jangan sampai ketinggalan! Informasi lebih lanjut, hubungi Customer Care Airy 24/7 di 0804 111 2479. Airy, Kapan Aja Bisa!

432 total views, 1 views today

One Response to “5 Tips Seru Solo Traveling Yang Wajib Kamu Baca!”

  • hmm this is amazing, gw pelaku traveler budget sangat senang adanya kehadiran Airy, dari tiket pesawat yang dijual jauh beda sama travel agent online yg lain dan kamar yang dijual pun murah dan fasilitas lengkap, thx Airy, tulisannya bermanfaat tp gw masih gak bisa jadi solo traveler :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *