Pertama Kali Naik Pesawat? Ini yang Wajib Kamu Ketahui

Bepergian dengan pesawat membuat perjalanan semakin mudah. Selain menghemat waktu, bepergian dengan pesawat juga merupakan moda transportasi yang paling aman, lho. Kendati demikian, sebelum naik pesawat ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar perjalananmu semakin nyaman dan aman. Apa saja? Mari simak ulasan di bawah ini!

1. Pastikan kamu sudah memiliki tiket

Pertama kali naik pesawat

Di zaman yang semakin modern seperti sekarang ini, kamu bisa memesan tiket pesawat dengan sangat mudah dan praktis. Cukup dengan mengakses Airy melalui website atau aplikasi, kamu bisa langsung mendapatkan e-tiket yang bisa kamu tunjukkan di bandara tanpa harus mencetaknya terlebih dahulu. Selain itu, kamu bisa mendapatkan berbagai promo dan diskon menarik setiap hari dari Airy, sehingga perjalananmu semakin hemat! Jangan lupa, tiket pesawat memiliki harga yang fluktuatif; jadi sebaiknya kamu melakukan booking jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan ya!

2. Perhatikan ketentuan bagasi

Sebelum kamu mulai menyusun barang-barang untuk dibawa ke pesawat, pastikan kamu sudah mengetahui ketentuan bagasi. Jumlah berat bagasi yang diperbolehkan untuk kamu bawa selalu tertera pada tiket keberangkatan. Meski terdengar sepele, hal ini sangat perlu kamu lakukan supaya kamu bisa memprediksi seberapa banyak barang bawaan yang bisa kamu bawa. Kalau barangmu melebihi jumlah bagasi yang disediakan, kamu diharuskan membayar kelebihannya. Agar tidak perlu membayar biaya tersebut, yuk simak daftar kapasitas maksimal beberapa maskapai untuk penerbangan domestik di bawah ini!

Maskapai Eksekutif Bisnis Ekonomi
Lion Air 30 kg 20 kg
Citilink 20 kg
Batik Air 30 kg 20 kg
Sriwijaya Air 20 kg 20 kg
Garuda Indonesia 40 kg 30 kg 20 kg
Wings Air 10 kg
Nam Air 10 kg
Air Asia 20 kg
Xpress Air 20 kg
Trigana Air (tergantung rute dan ukuran pesawat) 10,15,20 kg
TransNusa 15kg

3. Susun barang-barang yang kamu butuhkan

pertama kali naik pesawat

Nah, setelah kamu mengetahui jumlah berat bagasi yang tersedia untukmu, kamu bisa mulai menyusun barang-barang yang kamu butuhkan selama melakukan perjalanan nanti. Jangan lupa juga untuk mengecek ulang daftar bawaanmu supaya tidak ada barang yang ketinggalan. Kalau barang bawaanmu cukup banyak, kemasi pakaian, sepatu, perlengkapan mandi, dan barang pribadimu di dalam koper untuk dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. Lalu, barang-barang berharga atau yang kamu butuhkan selama di pesawat seperti handphone, dompet, headset, parfum, serta obat-obatan bisa kamu masukkan ke dalam tas kecil untuk ikut masuk ke dalam pesawat. Ada juga barang-barang yang tidak diperbolehkan dibawa ke pesawat lho!

4. Persiapkan tiket dan KTP untuk check-in

 

pertama kali naik pesawat

Agar tidak kerepotan di bandara, persiapkan tiket dan KTP dari rumah. Jangan sampai ketinggalan! Kalau tanda pengenalmu ketinggalan, bisa-bisa kamu ketinggalan pesawat karena tidak bisa check-in. Selanjutnya, simpan e-tiket yang sudah dikirim ke alamat email kamu dan KTP di tempat yang mudah dijangkau untuk memudahkanmu saat check-in nanti.

5. Berangkat ke bandara lebih awal

pertama kali naik pesawat

Sehari sebelum berangkat, pastikan tanggal dan jam keberangkatan pesawatmu sudah tepat. Setelah itu, perhitungkan jarak antara rumahmu dengan bandara. Sebaiknya kamu tiba di bandara dua jam sebelum keberangkatan dan loket check-in ditutup satu jam sebelum jadwal keberangkatan yang tertera pada tiketmu. Ini penting untuk kamu yang pertama kali naik pesawat, karena kamu masih harus mencari tahu dimana tempat check-in, waiting room, serta gerbang keberangkatanmu.

6. Pastikan kamu masuk melalui terminal yang tepat

Beberapa bandara, seperti Soekarno Hatta dan Juanda berukuran sangat luas dan memiliki beberapa terminal keberangkatan. Jarak antara terminal yang satu dengan terminal lainnya juga cukup jauh. Kebayang, kan, betapa repotnya apabila kamu turun di terminal yang salah? Untuk menghindari hal itu, perhatikan nomor terminal yang tertera pada tiket keberangkatanmu.

7. Pastikan kamu menunggu di gate yang tepat

Setelah check-in selesai, petugas akan memberikan boarding pass  yang bisa kamu gunakan untuk masuk ke dalam waiting room. Perhatikan gate keberangkatan dan jam boarding-mu! Segeralah cari lokasi gate-mu dan usahakan untuk menunggu tak jauh dari situ. Dengan begitu, kamu bisa menunggu dengan tenang, sehingga saat boarding, kamu tidak perlu panik mencari-cari lagi.

8. Apabila kamu pertama kali naik pesawat, jangan sungkan bertanya ketika bingung

Ini merupakan poin yang cukup penting apalagi kalau kamu pertama kali naik pesawat: jangan sungkan bertanya! Misalnya, kalau kamu bingung dimana letak gate yang tertera di tiketmu, kamu bisa bertanya kepada petugas bandara. Mereka akan dengan senang hati memberikan petunjuk, agar kamu tidak tersesat. Ada pula beberapa istilah penting yang akan sering kamu dengar di bandara. Supaya tidak bingung, ingat istilah-istilah di bawah ini ya!

Check in Proses konfirmasi penumpang kepada maskapai sebelum penerbangan berlangsung. Mereka akan mem-verifikasi nama yang tertera pada KTP dan tiketmu.
Boarding Waktu untuk penumpang mulai memasuki gerbang hingga duduk di kursi pesawat.
Boarding pass Kertas yang digunakan untuk masuk ke dalam waiting room. Kertas ini berisi detail keberangkatanmu, mulai dari jam boarding, destinasi yang kamu tuju, nomor tempat duduk, dan lain sebagainya.
Waiting room Tempat untuk penumpang yang memiliki tiket menunggu keberangkatan pesawat.
Gate Gerbang atau pintu antara waiting room menuju pesawat.
Landing Pesawat tiba dan mendarat di tempat tujuan.

9. Jangan menyalakan telepon genggam

pertama kali naik pesawat

Setelah kamu melewati seluruh proses di atas, selamat! Kamu sudah siap untuk melakukan penerbangan perdanamu! Ingat, patuhi peraturan pesawat yang meminta seluruh penumpang pesawat untuk mematikan telepon genggam. Hal ini bertujuan agar radiasi tenaga listrik yang bersumber dari telepon genggam tidak mengganggu sinyal navigasi pesawat terbang. Matikan telepon genggammu sebelum pesawat lepas landas dan menghidupkannya kembali setelah kamu meninggalkan pesawat!

10. Jika ada, ambil barang-barangmu di tempat pengambilan bagasi

pertama kali naik pesawat

Setelah mendarat, jangan lupa mengambil barang-barang yang kamu titipkan ke dalam bagasi pesawat. Bawaanmu akan muncul di area baggage claim beberapa menit setelah pesawat mendarat. Perhatikan layar pengumuman di sana untuk mengetahui nomor ban berjalan yang tepat. Setelah berhasil diambil, jangan lupa cross-check nomor sticker yang tertera pada barang dengan nomor pada tiketmu, agar barang bawaanmu tidak tertukar.

Jadi itulah tadi 10 cara yang perlu kamu ketahui sebeum kamu bepergian menggunakan pesawat. Jadi meskipun kamu masih pertama kali naik pesawat, kamu tidak perlu khawatir apabila sudah mengetahui 10 langkah yang sudah kami bagikan di atas. Untuk pemesanan yang lebih praktis, kamu bisa unduh Airy App melalui Google Play Store atau App Store dan jangan lupa temukan Airy pada Facebook, Twitter, dan Instagram @airyindonesia atau LINE Official Account @airyrooms, untuk mendapatkan tips, informasi, games, serta berbagai promo menarik setiap harinya. Pakai Airy, Kapan Aja Bisa Terbang Hemat!

Informasi lebih lanjut, silakan klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

 

94 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *