Perjalanan Bisnis Harus Membawa Laptop? Perhatikan Dulu Tips Berikut Ini!

Bagi para business travelers, membawa perangkat kerja saat melakukan perjalanan bisnis merupakan hal yang lumrah. Misalnya saja, piranti portabel seperti Laptop jadi salah satu perangkat yang kerap dibawa saat bepergian. Tak sembarang dibawa, perangkat yang biasa diandalkan untuk bekerja secara mobile ini pun juga punya tata cara yang tepat agar dapat menunjang perjalanan bisnis Anda dengan nyaman dan aman.

1. Simpan di dalam tas khusus

Dalam tas khusus laptop biasanya terdapat lapisan pengaman Laptop dari benturan | Photo: notebookcheck.net

Sebagai barang elektronik, Laptop tetaplah barang yang “ringkih” jika berbenturan dengan benda keras. Untuk itu, dalam perjalanan ada baiknya Anda menyimpan Laptop ke dalam tas yang memang khusus diperuntukkan untuk membawa Laptop dan perangkat sejenisnya. Tas ini bisa berbentuk ransel (tas punggung), atau pun tas jinjing yang mudah dibawa ke manapun. Umumnya tas jenis ini juga dilengkapi dengan busa yang empuk di dalamnya sehingga Laptop Anda aman dari benturan.

2. Gunakan di tempat yang tepat

Aktifkan Laptop di tempat yang aman dan nyaman untuk bekerja | Photo: padandquill.com

Dalam menggunakan laptop saat perjalanan bisnis patut diperhatikan pula di mana tempat Anda menggunakannya. Mengaktifkan Laptop di tempat yang tidak proper jelas bukan ide yang tepat, misalnya seperti di kabin pesawat pada saat take-off yang jelas-jelas dilarang, atau pun mengaktifkannya di tepi pantai adalah ide yang buruk. Meski pekerjaan menanti, keselamatan dan kenyamanan Anda tetap harus diperhatikan.

3. Bawa charger beserta steker listrik cadangan

Pastikan membawa serta charger laptop untuk mendukung kerja Anda saat perjalanan bisnis | Photo: techwalla.com

Agar laptop yang Anda bawa tetap optimal mengerjakan tugasnya, charger laptop jelas jadi perangkat tambahan yang wajib dibawa untuk mengisi ulang daya baterai laptop. Tapi tak hanya itu lho, misal Anda mesti melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri, Anda semestinya turut membawa steker listrik cadangan untuk mensiasati perbedaan jenis steker di setiap negara. Hal ini tentu memungkinkan Anda untuk dapat terus melakukan charging laptop di manapun Anda berada.

4. Backup data di piranti penyimpanan terpisah

Pastikan simpan dahulu penting Anda ke dalam piranti terpisah | Photo: Pixabay

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya Anda melakukan backup atau penyimpanan data-data penting di piranti terpisah seperti harddisk eksternal, flashdisk, dan sebagainya. Hal ini mungkin dapat sedikit menyelamatkan Anda dari kemungkinan terburuk seperti hilang atau rusaknya Laptop dalam perjalanan.

5. Simpan di tempat yang aman ketika tiba di dalam kamar penginapan

Jangan tinggalkan laptop dalam keadaan terbuka di dalam kamar penginapan | Photo: Pixabay

Seketika Anda tiba di tempat penginapan, pastikan Laptop yang Anda bawa disimpan di dalam tempat yang aman seperti koper yang telah dilengkapi kunci gembok, atau pun safe box juga bisa jadi tempat penyimpanan yang aman dari tangan-tangan jahil. Perlu Anda ingat, kamar penginapan baik itu hotel berbintang, hingga guest house termasuk ruang publik yang tidak sepenuhnya menjaga privasi Anda secara penuh. Ketimbang terjadi hal yang tidak diinginkan lebih kita mengantisipasinya terlebih dahulu bukan?

Baca juga: Airy For Business, Solusi Pemesanan Kamar untuk Business Trip Bagi Korporasi

Demikian sedikit tips yang mungkin bermanfaat bagi Anda. Dengan mengikuti tips tadi, setidaknya Anda bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan dan perjalanan bisnis Anda bisa jadi lebih nyaman dan aman!

Nah ada satu lagi nih informasi yang tak boleh dilewatkan. Bagi Anda profesional yang sering melakukan perjalanan bisnis, Airy for Business sedang mengadakan program Airy Refer a Business. Program ini bakal mengajak Anda untuk merekomendasikan Airy for Business baik ke perusahaan Anda sendiri, maupun mitra kerja Anda lainnya, dan Anda berhak memperoleh sejumlah reward sebesar Rp500.000 (berlaku kelipatan) bagi setiap referral yang setuju untuk bergabung. Tertarik? Klik foto di bawah ini untuk info selengkapnya.

Feature image: Pixabay

1,762 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *