Penting! Ini Peraturan yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Liburan ke Bali.

Liburan di Bali

Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, Bali adalah salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit wisatawan lokal maupun internasional. Pantai yang cantik serta destinasi wisata alamnya yang terjaga, membuat Bali menjadi destinasi idaman hampir semua kalangan. Uniknya, meskipun tempatnya penuh dengan wisatawan dan budaya luar, Bali masih mempertahankan adat istiadat dan unsur budaya yang kental. Mulai dari pura yang diagungkan, sampai sesajen yang akan sering kamu temukan di sepanjang jalan.

Sebagai rakyat Indonesia yang menghormati budaya, kamu harus tahu dong peraturan apa saja yang berlaku di Bali. Untuk informasi lengkapnya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Larangan untuk wanita yang sedang datang bulan

Wanita yang sedang datang bulan dilarang untuk mengunjungi pura. Hal ini karena pura merupakan tempat ibadah yang dianggap suci. Jadi untuk wanita, pastikan kamu sebisa mungkin mengatur rencana liburan di Bali ketika kamu sedang tidak menstruasi.

Pakaian ke pura

Liburan di Bali

Credit: roamtheworldatwill.com

Meskipun kamu sering melihat banyak wisatawan di Bali yang menggunakan pakaian terbuka, bukan berarti kamu bisa berpakaian terbuka di semua tempat di Bali. Apalagi tempat yang dianggap suci seperti pura, mengingat sebagian besar pura masih aktif dimanfaatkan untuk keperluan beribadah dan upacara adat. Sebaiknya, ketika kamu liburan di Bali dan berencana untuk berwisata ke pura, gunakanlah pakaian yang sopan dan tertutup.

Jangan menyentuh sesajen

Liburan di Bali

Credit: hiveminer.com

Saat liburan di Bali, mungkin kamu akan menemukan banyak sesajen yang terpasang di berbagai tempat. Sesajen yang kamu lihat ini memiliki makna yang penting, lho! Masyarakat Bali percaya mereka akan mendapatkan keberuntungan dan menolak kesialan dengan mempersembahkan sesajen. Selain itu, sesajen juga merupakan cara warga Bali untuk bersyukur kepada para Dewa yang telah memberikan kesejahteraan bagi kehidupan mereka. Oleh karena itu, kalau kamu melihat sesajen, lebih baik tidak disentuh apalagi dengan sengaja merusaknya. Kalau gak sengaja terinjak atau tersentuh, kamu lebih baik minta maaf ke pemilik sesajen.

Menggunakan flash kamera

Liburan di Bali

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak tempat wisata di Bali yang dianggap suci dan merupakan tempat ibadah yang masih aktif digunakan. Jadi gak jarang saat berwisata ke suatu tempat, kamu bisa beruntung untuk melihat secara langsung bagaimana prosesi ibadah. Meskipun menarik, kalau ingin foto-foto pastikan kamu mematikan flash kamera, karena flash kamera bisa mengganggu kekhidmatan proses upacara adat.

Nah, itu dia peraturan yang harus kamu perhatikan kalau kamu jalan-jalan Bali. Lain kali kalau liburan ke Bali, jangan lupa mempraktekan adat istiadatnya,ya! Biar liburannya gak ribet, Booking kamar dan tiket pesawat kamu melalui Airy biar lebih. Caranya tinggal download dan install aplikasi Airy dari Google Play Store dan App Store aja, kok! Untuk informasi promo menarik, kamu bisa langsung follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms.

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *