Pentingnya Sistem Invoice Pada Layanan Akomodasi Bagi Perjalanan Bisnis Anda

Saat ini sepertinya sudah menjadi standar baku sebuah perusahaan di mana dalam penugasan perjalanan dinas, seringkali harus disertakan laporan administratif perjalanan. Laporan semacam ini bentuknya beragam, pun tujuannya bermacam-macam, mulai dari keperluan administrasi internal perusahaan, sampai keperluan pembayaran (payment) kepada pihak-pihak terkait perjalanan dinas tersebut, seperti misalnya penyedia layanan akomodasi.

Bicara soal keperluan pembayaran, saat ini sistem invoicing (dokumen faktur untuk penagihan dan pencatatan transaksi) pada layanan akomodasi masih minim dilakukan. Padahal sistem ini banyak manfaatnya, terutama bagi perusahaan (sebagai pelanggan), tata kelola keuangan akan semakin terorganisir dengan baik oleh sistem ini.

Cash management yang lebih baik

Adanya sistem invoice bantu keperluan administrasi perjalanan perusahaan | Photo: Pixabay

Dari sisi perusahaan, memanfaatkan sistem invoice yang disediakan oleh penyedia layanan akomodasi jelas memberikan dampak positif terhadap cash management perusahaan. Perjalanan dinas jelas membutuhkan biaya. Setidaknya biaya yang pasti digelontorkan yakni transportasi dan juga akomodasi. Hal tersebut tak ubahnya seperti procurement, di mana perusahaan harus melakukan transaksi pembelian terhadap pihak-pihak terkait perjalanan dinas.

Dengan adanya sistem invoice – terlebih di era sekarang invoice telah berwujud elektronik – perusahaan mampu mengelola kasnya lebih baik, mengorganisir laporan keuangan secara lebih transparan, dan juga memudahkan penataan keputusan pembayaran terkait perjalanan dinas.

Dari sisi karyawan perusahaan, sistem invoice juga jauh lebih mudah dan ringkas ketimbang transaksi perjalanan dilakukan secara mandiri oleh sang karyawan. Sistem “kuno” tersebut tentu rentan dengan berbagai hal seperti misalnya kehilangan bukti pembayaran, non-transparan, hingga pemalsuan bukti pembayaran yang tak jarang kerap terjadi di luar sana. Dengan adanya sistem invoice, perusahaan jelas mampu terhindar dari risiko tersebut.

Di samping itu, invoice elektronik (e-invoice) juga telah lumrah dilakukan. Baik dari sisi perusahaan, maupun karyawan, e-invoice sangat mampu meningkatkan efisiensi dan organisir yang lebih baik. e-invoice membantu perusahaan untuk mendata pembayaran tanpa harus membuka berkas dokumen fisik yang merepotkan.

Meningkatkan produktivitas

Dengan tak perlu lagi repot urus administrasi, perjalanan bisnis bisa dilakukan dengan nyaman dan tetap optimal | Photo: Pexels

Setelah bisa memanfaatkan sistem invoice, produktivitas dalam perjalanan bisnis tentu akan tetap terjaga, tanpa adanya permasalahan terkait kebutuhan administratif, sehingga penugasan perjalanan dinas akan berujung dengan optimal.

Baca juga: Pilihan Akomodasi yang Tepat Bantu Optimalkan Produktivitas Perjalanan Dinas Anda

Pemanfaatan sistem invoice elektronik pada layanan akomodasi juga dapat ditemukan pada Airy for Business, layanan korporasi yang disediakan oleh jaringan akomodasi budget terbesar di Indonesia, Airy Rooms. Cari tahu solusi yang ditawarkan Airy for Business di halaman ini, dan daftarkan segera perusahaan Anda.

Feature image: nbforum.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *