Ini 5 Alasan kenapa Pesawat adalah Transportasi Paling Aman!

bepergian dengan pesawat

Dari berbagai moda transportasi yang tersedia untuk perjalanan jauh, pesawat adalah pilihan yang paling cepat meskipun juga paling ditakuti oleh kebanyakan wisatawan. Karena berita kecelakaan pesawat yang seringkali menjadi topik hangat di berbagai media dibahas terus menerus, maka liburan dengan pesawat kadang terasa menakutkan bagi sebagian orang.

Tapi jangan khawatir, karena sebenarnya pergi dengan pesawat ternyata lebih aman dibandingkan dengan berbagai moda transportasi lainnya. Mau tau faktanya? Yuk kita cek sama-sama!

1. Teknologi terkini yang aman

bepergian dengan pesawat
Credits: inc.com

Perkembangan teknologi yang pesat dan penelitian mendalam yang dilakukan oleh perusahaan produsen pesawat terbang bisa menjamin keamanan operasional di berbagai pesawat yang mengudara. Setiap tahunnya perusahaan seperti Boeing dan Airbus akan merilis mesin terbaru yang akan meningkatkan keamanan dan kemampuan terbang pesawat, sehingga maskapai penerbangan bisa terus menyediakan perjalanan aman bagi para penumpang yang akan bepergian.

2. Training pilot yang keras dan disiplin

bepergian dengan pesawat
Credits: sekolahpilotindonesia.com

Perjalanan menjadi seorang pilot yang diberi izin menerbangkan pesawat komersil di maskapai besar memiliki jalan yang panjang dan lama. Ada banyak tahapan dan tingkat pendidikan yang harus ditempuh sebelum bisa menerbangkan pesawat komersil. Belum lagi seleksi yang dilakukan oleh maskapai penerbangan masing-masing. Nah, karena ketatnya pendidikan pilot, setiap orang yang ditugaskan menerbangkan pesawat pasti berkualitas dan bisa dipercaya. Bikin gak khawatir deh!

3. Keamanan bandara dan regulasi ketat

bepergian dengan pesawat
Credits: gardanasional.com

Sejak beberapa tahun terakhir sistem keamanan di bandara ditingkatkan secara drastis, sama halnya dengan protokol pengecekan keamanan untuk pesawat yang parkir di bandara. Setiap gerbang memiliki protokol keamanan masing-masing yang dijaga oleh petugas bandara. Kemajuan teknologi memungkinkan bandara mendeteksi berbagai barang terlarang yang bisa membahayakan penerbangan. Karena berbagai regulasi ini lah jumlah kecelakaan fatal tahun 2017 yang ada di angka 11 menurun drastis, dibandingkan dengan tahun 2011 yang ada pada angka 28.

4. Rasio kecelakaan yang rendah

pergi dengan pesawat
Credits: knaviation.com

Apabila banyak orang menganggap kecelakaan di pesawat memiliki kemungkinan lebih besar dibandingkan moda transportasi yang lain, maka anggapan itu salah. Kamu punya kemungkinan yang lebih besar mengalami musibah  apabila bepergian dengan mobil daripada bepergian dengan pesawat. Rasio kemungkinan terjadi hal yang tidak diinginkan dengan mobil adalah satu banding 5.000, sedangkan rasio dengan pesawat terbang hanya satu banding 11.000.000. Data statistik tersebut menunjukkan kalau bepergian dengan pesawat sangatlah aman.

5. Pengaruh media kepada psikologis

pergi dengan pesawat
Credits: kreditgogo.com

Karena adanya pembahasan terus menerus dari media, kecelakaan pesawat seringkali menjadi berita yang terus diingat oleh setiap orang. Hal ini umumnya akan mempengaruhi pikiran psikologis orang yang akan pergi dengan pesawat. Padahal, pesawat adalah moda transportasi yang sangat aman dibandingkan berbagai transportasi lain.

Setelah baca fakta-fakta di atas, Airy yakin sekarang kamu jadi tahu bahwa naik pesawat itu aman! Nah, buat kamu yang baru pertama kali naik pesawat, kamu juga perlu baca informasi yang wajib kamu ketahui sebelum berangkat. Dijamin pasti perjalanan kamu jadi lebih lancar!

Mencari tiket pesawat yang lengkap dan murah itu mudah kok. Pakai saja Airy! Caranya gampang banget. Kamu cuma harus download dan install aplikasi Airy dari Google Play Store dan App Store. Ada berbagai rekomendasi hotel dan tiket pesawat dengan rute terlengkap. Supaya liburanmu makin hemat, follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, ya! Berbagai promo-promo menarik sedang menunggu kamu!

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Sumber:

https://aviation-safety.net/statistics/

https://www.ibtimes.com/after-air-algerie-ah5017-incident-statistical-look-probability-chances-dying-plane-crash-1638206

Header and featured image credit: refinery29.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *