Ingin Membawa Bayi Naik Pesawat? Simak Info Lengkapnya di Sini

Bepergian dengan si kecil pasti akan sangat menyenangkan, namun tentunya ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Mulai dari pakaian bayi, popok hingga perlengkapan mandi semuanya harus lengkap tersedia, apalagi jika kamu mengajak si kecil bepergian naik pesawat.

Namun sebelumnya, ada beberapa informasi yang perlu kamu ketahui sebelum membeli tiket pesawat untuk si kecil karena setiap maskapai memiliki peraturan yang berbeda-beda untuk penumpang bayi. Yang dimaksud dengan kategori bayi adalah penumpang dengan usia di bawah 2 tahun. Jadi jika kamu ingin membawa bayi berusia di bawah 24 bulan, simak informasi lengkapnya berikut ini!

1. Ketentuan penumpang bayi di Lion Group (Batik Air, Lion Air, Wings Air, dan Malindo Air)

Usia: Lion Air Group berhak untuk tidak mengangkut bayi berusia kurang dari dua hari. Penumpang bayi yang berusia 3–7 hari harus disertai dengan surat yang menyatakan bahwa bayi tersebut cukup sehat untuk melakukan perjalanan udara, dimana surat harus diterbitkan maksimal 72 jam sebelum keberangkatan. Orang tua bayi juga wajib menandatangani Formulir Ganti Rugi yang menyatakan Lion Air Group tidak bertanggung jawab atas apa pun yang terjadi pada bayi selama di pesawat.

Harga Tiket:  Sekitar 20% dari harga tiket dewasa

Bagasi: Penumpang bayi tidak mendapat bagasi

2. Ketentuan penumpang bayi di Citilink

Usia:

Bayi berusia di bawah 3 minggu tidak diperbolehkan ikut dalam penerbangan Citilink, kecuali membawa surat tertulis dokter. Orang tua dari bayi wajib menandatangani perjanjian berupa Pernyataan Pertanggungjawaban Terbatas.

Harga Tiket: Sekitar 20% dari harga tiket dewasa

Bagasi: Penumpang bayi tidak mendapat bagasi

3. Ketentuan penumpang bayi di Sriwijaya Group (Sriwijaya Air dan Nam Air)

Usia: Bayi berusia di bawah 2 hari tidak diperbolehkan ikut dalam penerbangan Sriwijaya Air Group. Penumpang bayi yang berusia 3–7 hari harus mempunyai surat kesehatan yang menyatakan bayi tersebut sehat untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang. Surat tersebut maksimal dibuat 72 jam sebelum keberangkatan.

Harga Tiket: Sekitar 10% dari harga tiket dewasa

Bagasi: Penumpang bayi tidak mendapat bagasi

4. Ketentuan penumpang bayi di Garuda Indonesia

Usia: Bayi berusia di bawah 7 hari tidak direkomendasikan turut dalam penerbangan Garuda Indonesia. Bayi prematur diperbolehkan terbang apabila dilengkapi dengan Medical Information (MEDIF) dan wajib melaporkan kondisi tersebut pada petugas darat.

Harga Tiket: Sekitar 20% dari harga tiket dewasa

Bagasi: 10 kg

5. Ketentuan penumpang bayi di AirAsia

Usia: Bayi berusia kurang dari 8 hari boleh terbang dengan AirAsia dengan disertakan surat pernyataan resmi dari dokter. Orang tua bayi wajib menandatangani Surat Pernyataan Pertanggungjawaban Terbatas saat check-in.

Harga Tiket: Rp150.000

Bagasi: Penumpang bayi tidak mendapat bagasi

Itulah beberapa peraturan mengenai penumpang bayi yang diterapkan oleh maskapai penerbangan Indonesia. Pada umumnya peraturan tersebut dibuat agar sang bayi terhindar dari berbagai penyakit dan kondisi sekitar. Penumpang bayi juga disarankan dalam kondisi yang sehat untuk melakukan penerbangan, agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan selama di perjalanan.

Sudah pesan tiket pesawat? Langsung saja download dan Install Airy App melalui Google Play Store dan App Store, pemesanan tiket pesawat atau kamar hotelmu akan lebih mudah dan praktis. Tersedia berbagai promo juga, lho! Ikuti media sosial sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms untuk mendapat informasi tentang promo terbaru di Airy!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *