Cegah Jet Lag Saat Perjalanan Dengan 5 Cara Ini!

jet lag

Jet lag terjadi karena perbedaan zona waktu yang menyebabkan jam biologis tubuh kita harus kembali menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Biasanya hal ini terjadi untuk mereka yang melakukan perjalanan ke tujuan yang memiliki zona waktu berbeda, misalnya dari Indonesia ke Eropa. Penyesuaian jam biologis ini yang membuat tubuh kita terserang stress dan bisa berimbas ke kesehatan fisik. Pasti menyebalkan, kan, kalau niatnya ingin berlibur, tapi malah terserang jet lag dan jadi sakit? Makanya, baca dulu ulasan Airy tentang cara mengatasi jet lagi dengan efektif!

1. Perhatikan Pola Makan

jet lag
Credit: newcastlediggers.com.au

Semua traveler, terutama mereka yang bepergian jarak jauh, tahu bahwa menjaga pola makan adalah sesuatu yang harus diperhatikan selama traveling. Dalam kaitannya dengan mengatasi jet lag, jaga agar perutmu tidak kosong selama perjalanan dengan membawa bekal secukupnya. Selain itu, hindari minum minuman yang mengandung caffeine untuk mencegah kamu terjaga saat perjalanan, maupun setelah sampai di kota tujuan.

2. Jaga Kondisi Badan

jet lag
Credit: fifgroup.co.id

Menjaga kondisi badan sangat penting dilakukan menjelang perjalanan jarak jauh. Selain jaga pola makanan, bantu dengan asupan multivitamin agar badanmu dapat beradaptasi dengan lebih baik terhadap kondisi kota tujuanmu.

3. Menggerakkan Badan di Pesawat

jet lag
Credit: tripsavvy.com

Jika dalam perjalanan jauh dan menggunakan pesawat, kamu bisa memilih untuk bergerak atau berjalan-jalan dalam pesawat. Hal ini bisa menyegarkan tubuhmu kembali, sehingga lebih siap untuk mencegah jet lag. Perlu diingat, saat bergerak ataupun berjalan-jalan di dalam pesawat, tetap jaga kesopanan dan jangan mengganggu penumpang sekitar, ya!

4. Minum Air Putih Secukupnya

jet lag
Credit: dailyhealthadvisor.org

Traveler yang sedang melakukan perjalanan jauh harus menjaga asupan air dalam tubuhnya. Tekanan udara dalam pesawat rentan membuat penumpang terkena dehidrasi. Mintalah air minum secara berkala kepada pramugara/pramugari, atau jika diizinkan, bawalah persediaan air minum kamu sendiri.

5. Lakukan Perjalanan Secara Bertahap

jet lag
Credit: pataconversation.com

Jika jarak perjalananmu terlalu jauh, dan kamu tidak memiliki jadwal tertentu, maka melakukan perjalanan secara bertahap dan memanfaatkan transit bisa menjadi opsi yang baik. Perjalanan bertahap dengan transit membuat tubuhmu menjadi bisa beristirahat, sehingga tidak langsung “kaget” dengan kondisi baru di kota tujuanmu.

Jet lag umumnya memang dialami oleh orang-orang yang melakukan perjalanan internasional; tapi tidak menutup kemungkinan juga kamu terserang jet lag saat melakukan perjalanan dari Indonesia Bagian Barat ke Indonesia Bagian Timur, misalnya. Kondisi badan yang kurang fit dan bagian kabin pesawat yang tidak ideal bisa menjadikan kamu terserang jet lag walaupun jarak perjalananmu tidak terlalu jauh.

Terkadang, jet lag bukan hanya kondisi fisik saja. Kita juga bisa terserang ‘jet lag‘ versi psikologis yang membuat kita enggan kembali beraktivitas setelah liburan. Mau tahu cara mengatasinya? Simak: Jetlag Sehabis Libur Panjang? Tips Ini Akan Kembalikan Semangat Anda

Sekarang setelah kamu tahu cara mencegah jet lag, tidak perlu khawatir lagi bepergian dengan pesawat. Apalagi sekarang ada Airy! Hanya tinggal buka Airy App, tentukan jadwal perjalanan dan tujuan penerbangan domestikmu, kamu langsung siap berangkat! Tidak perlu khawatir dengan biaya, karena kalau booking-nya di Airy, harganya pasti murah dan banyak promonya! Download Airy App melalui Google Play Store dan App Store atau klik www.airyrooms.com sekarang juga! Jangan lupa cari kode kupon di media sosial Facebook, Instagram, Twitter @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms supaya perjalananmu lebih murah! Informasi lebih lanjut, hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479. Airy, Kapan Aja Bisa!

212 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *