Penting! Cara Cari Rute Ganjil Genap Selama Asian Games 2018 di Jakarta

ganjil genap

Sudah bulan Agustus! Pesta perayaan olahraga terakbar di Asia akan berlangsung bulan ini di Jakarta dan Palembang. Kalau kamu tinggal di 2 kota ini, pasti banyak perubahan yang terasa. Mulai dari pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum baru sampai dengan perubahan beberapa aturan. Salah satunya adalah kebijakan ganjil genap di Jakarta.

Dibuat untuk mengurangi kepadatan lalu lintas Jakarta, peraturan ganjil genap ini sudah berlaku sejak 2 tahun yang lalu. Kendaraan dengan plat nomor ganjil hanya boleh lewat di ruas jalan tertentu pada tanggal ganjil, dan plat nomor genap boleh lewat jalur yang sama di tanggal genap. Gagal mengikuti peraturan ini berakibat harus rela merogoh kantong untuk membayar denda.

Tapi tahukah kamu kalau sekarang Google Maps telah menyediakan pilihan untuk memilih rute sesuai plat nomormu. Jadi, tak perlu repot terkena macet, panik karena salah jalur, atau bahkan nekat menerobos. Nih, Airy kasih tahu caranya. Simak baik-baik, ya!

 

Pilih Destinasi

ganjil genap
Pilih lokasi tujuan kamu!

Tentukan destinasimu! Perhatikan apakah lokasimu jauh dengan destinasi, apakah kamu familiar dengan daerah tersebut, atau apakah ada alternatif transportasi lain yang bisa kamu ambil. Setelah itu, langsung tekan Directions di kiri bawah.

 

Rute Utama

ganjil genap
Rute pertama yang ditampilkan oleh Google Maps adalah rute tercepat dengan waktu tempuh tersingkat. Belum tentu rute ini tepat untuk kamu!

Google Maps akan langsung menampilkan rute optimal yang bisa kamu tempuh. Jangan buru-buru tancap gas dulu! Biasanya, rute optimal ini adalah rute tercepat, tanpa batasan apapun, termasuk aturan ganjil genap. Jadi, rute ini harus kamu filter juga.

 

Masukkan Plat Nomormu

ganjil genap
Klik 3 titik vertikal di kanan atas untuk pengaturan rutemu!
ganjil genap
Pilih pengaturan rutemu, termasuk plat nomor, jalur tol, dan sebagainya.

Cara memasukkan kategori plat nomormu ke Google Maps gampang banget! Tinggal klik 3 titik yang ada di samping kanan lokasi asal, pilih route options dan centang di salah satu check-box. “You have an even number plate” untuk kendaraan berplat motor genap dan “you have an odd number plate” untuk yang ganjil.

 

Ikuti Jalurnya

ganjil genap

Perbedaan rute ganjil genap ke arah Gelora Bung Karno
(Tulisan ini dibuat saat tanggal ganjil)


Setelah memilih jenis plat nomor kamu, Google Maps akan menghitung ulang rute sekaligus waktu tempuhmu. Jadi, kamu bisa mengkalkulasi sendiri kapan kamu harus berangkat agar jadwalmu tidak terlambat.

Sambil dukung Asian Games 2018, mau sekalian jalan-jalan? Nih 7 objek wisata sekitar Gelora Bung Karno yang wajib kamu kunjungi!

Jadi, penerapan aturan ganjil genap ini tak sepenuhnya merepotkan, bukan? Buktinya, jalanan utama Jakarta yang tadinya padat juga semakin lancar karena volume kendaraan berkurang. Semakin siap buat jadi tuan rumah laga olahraga internasional, ya!

Buat kamu yang mau mendukung atlet-atlet kebanggaan bangsa, langsung saja datang ke Jakarta dan Palembang! Khawatir harga tiket pesawat mahal? Sulit cari penginapan bagus? Ngga bakal terjadi dengan Airy! Tiket pesawat murah dan kamar nyaman dengan harga terjangkau bisa kamu dapatkan dalam satu aplikasi. Download Airy App sekarang juga melalui App Store atau Google Play Store. Jangan lupa cek promonya di media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

 

Airy, Kapan Aja Bisa Lancar Jalan-jalan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *