Ini Dia 5 Tips Anti Nyasar Naik Transjakarta!

Sudah pernah keliling ibukota naik Transjakarta? Transportasi umum yang pertama kali muncul pada tahun 2004 ini sekarang sudah memiliki 13 koridor yang bisa dipakai untuk jalan-jalan keliling kota Jakarta. Buat kamu yang belum pernah naik Transjakarta, kali ini Airy ingin berbagi cara naik busway yang benar supaya gak nyasar di tengah jalan. Yuk langsung simak cara naik busway bawah!

1. Cek jalur melalui website resmi dan Google Maps

Credits: digitaltrends.com

Kamu bisa menemukan halte Transjakarta mana yang bakal menjadi titik keberangkatan dengan mengecek website resmi Transjakarta atau dengan mencari destinasi tujuan menggunakan Google Maps. Dari situ, kamu sudah bisa menentukan halte keberangkatan dan halte tujuan. Dari 13 koridor aktif, ada 10 koridor yang beroperasi 24 jam, yaitu koridor 1 sampai koridor 10. Jadi jangan khawatir kalau kamu pulang malam atau berangkat kepagian, naik busway bisa kapan aja kok!

2. Pastikan kamu di halte yang benar

Credits: liputan6.com

Semua titik pemberhentian Transjakarta punya 2 halte dengan arah berbeda, sehingga kamu harus memastikan arah yang benar untuk menghindari salah halte. Ada banyak penumpang yang salah halte dan akhirnya harus mengeluarkan uang lagi di halte satu lagi. Mending duitnya buat makan, kan?

3. Siapkan uang elektronik dengan saldo cukup

Credits: medanbisnisdaily.com

Sejak Januari 2015, akses Transjakarta hanya bisa kamu nikmati dengan membayar melalui uang elektronik atau e-money. Setiap perjalanan akan dikenakan biaya Rp 3.500, sehingga kamu harus yakin bahwa kartu uang elektronik memiliki saldo yang cukup. Apabila saldonya kurang, kamu bisa top-up di loket Transjakarta dengan minimal pengisian Rp 20.000. Kamu juga bisa langsung membeli kartu uang elektronik di loket halte Transjakarta, dengan minimal saldo Rp 20.000. Ada berbagai uang elektronik dari bank resmi yang diterima oleh Transjakarta. Kamu bisa melihat daftar resminya di bawah ini.

Bank MandiriE-Money, E-toll card, Indomaret Card, GazCard
Bank Central Asia (BCA)Flazz
Bank Negara Indonesia (BNI)TapCash, Kartu Aku, Rail Card
Bank DKIJakCard
Bank MegaMegaCash
Bank Rakyat Indonesia (BRI)BRIZZI

4. Jangan malu bertanya kepada petugas

Credits: megapolitan.kompas.com

Apabila masih belum yakin apakah bus yang datang akan melewati halte tujuan, kamu bisa selalu bertanya kepada petugas Transjakarta yang sedang berjaga di dalam bus. Hal ini perlu kamu lakukan karena beberapa bus tidak melewati halte tertentu, meskipun beroperasi di trayek yang sama. Misalkan, ada beberapa bus PGC – Pluit yang tidak melewati halte Pancoran dan Kuningan Barat untuk menghindari kemacetan pagi. Nah, apabila tidak dicek dulu, kamu malah bisa kelewatan halte tujuan dan harus membayar lagi untuk naik bus dengan arah sebaliknya.

5. Selalu ikuti tata tertib dari Transjakarta

Credits: ramzismarttravel.blogspot.com

Bus Transjakarta memiliki beberapa tata tertib yang wajib kamu ikuti supaya perjalanan menjadi aman dan nyaman.

Pertama, tempat duduk. Ada dua bagian tempat duduk yang disediakan Transjakarta, yaitu bagian khusus wanita dan bagian umum. Selain itu, ada juga kursi prioritas yang diperuntukkan kepada orang tua dan penyandang disabilitas. Nah, misalkan pada suatu saat kamu sedang duduk dan ada orang tua atau penyandang disabilitas masuk ke dalam bus, kamu wajib berdiri dan memberikan kursi kepada orang yang membutuhkan.

Kedua, barang dan perilaku yang dilarang. Kamu tidak diperbolehkan membawa senjata tajam, buah dengan bau menyengat, dan binatang peliharaan. Kamu juga tidak diperbolehkan makan atau minum di dalam bus, merokok, dan melakukan tindakan asusila.

Kalau kamu mengikuti 5 cara naik busway di atas, Airy jamin perjalanan menggunakan Transjakarta jadi lancar dan bebas nyasar! Nah, karena kamu sudah tahu bagaimana cara naik busway, sekarang tinggal mencari tiket pesawat dan tempat menginap di Jakarta. Biar mudah, kamu bisa langsung cari tempat menginap dan tiket pesawat dengan harga terbaik di Airy! Caranya gampang banget, tinggal download dan install aplikasi Airy dari Google Play Store dan App Store. Ada berbagai rekomendasi hotel dan tiket pesawat dengan rute terlengkap. Supaya liburanmu makin hemat, follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, ya! Berbagai promo-promo menarik sedang menunggu kamu!

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *