5 Tips Jitu Hindari Kehilangan Bagasi di Bandara

Tak jarang, destinasi liburan kamu hanya bisa ditempuh dengan menggunakan pesawat. Mau tak mau, jika transportasi ini jadi pilihan, kamu pun harus berurusan dengan yang namanya keperluan bagasi. Nah, keperluan yang satu ini lumayan tricky lho. Pasalnya, proses penyimpanan bagasi terkadang ada saja pengalaman tak enaknya, entah itu tas koper kamu lecet, penyok, tertukar, atau bahkan raib alias hilang entah ke mana! Wah, kalau sudah begini pasti repot sekali dan liburan otomatis jadi terganggu. Biar terhindar dari masalah itu, 5 (tips) di bawah ini mungkin dapat membantu kamu untuk mencegah supaya bagasimu tetap mulus, aman, tidak tertukar, atau bahkan hilang di bandara.

1. Pakai koper atau tas dengan warna mencolok dan beda dari yang lain

Photo: aliexpress.com

Warna koper yang terang dan mencolok mungkin bisa jadi pilihan terbaik kalau kamu ingin beli koper baru, instead kamu pakai koper warna hitam yang tentu sudah mainstream banget di luar sana. Hal ini maksudnya adalah untuk menghindarkan kamu dari kemungkinan tertukar, atau kesulitan mengidentifikasinya saat pengambilan bagasi. Kalau tak ingin beli baru, kamu juga bisa manfaatkan cover (sarung) koper yang banyak dijual di pasaran, rata-rata warna yang ditawarkan juga mencolok dan beda dari yang lain.

2. Pasangkan pita penanda atau label koper

Photo: dhgate.com

Selain warna yang berbeda, koper kamu juga harus diberi penanda khusus agar orang lain tahu bahwa itu koper tersebut milikmu. Kamu bisa sematkan pita pada gagang koper, atau jika ingin lebih rapi lagi gunakan label khusus koper yang biasanya memuat informasi kamu agar memudahkan orang untuk mencari jika kopermu hilang atau tertukar.

3. Buang ‘airline tag’ lama

Photo: dailymail.co.uk

Nah ini dia salah satu penyebab seringnya koper bagasi hilang di bandara. Airline tag jelas fungsinya adalah memudahkan petugas bandara untuk mengidentifikasi tujuan dari tas koper tersebut. Jika kamu tidak melepas airline tag dari penerbangan sebelumnya, maka besar kemungkinan, tas koper kamu akan ditaruh di penerbangan yang salah. Makanya, sebelum berangkat, buang dulu deh airline tag lamanya.

4. Check-in bagasi tepat waktu

Photo: Wikimedia Commons

Selain menghindari kamu dari gagal terbang, check-in tepat waktu juga membuat mobilisasi bagasi kamu tepat tujuan. Banyak kasus tas yang hilang hanya karena si penumpang terlambat untuk check-in dan tas yang telah dimasukkan malah terlantar di bandara, atau ikut penerbangan lain.

5. Foto bagian luar dan isi tas koper kamu

Photo: Pinterest

Nah cara yang satu ini mungkin dapat sangat membantu kalau ternyata kamu mengalami kehilangan atau tertukar. Mengambil foto bentuk luar koper beserta isinya, tentu bakal memudahkan kamu untuk melaporkan kepada pihak-pihak terkait yang menangani masalah ini. Selain itu, misalkan saat koper kamu tiba dan mengalami kerusakan, kamu juga bisa mengklaim hal ini kepada pihak berwenang.

Baca juga: Yuk Pilah-Pilih Tas yang Pas Untuk Traveling!

Nah dengan mengikuti lima tips tadi, sekarang kamu nggak perlu lagi khawatir liburannya jadi terganggu hanya karena bagasi bawaan. Tak ketinggalan, liburan yang nyaman juga ditunjang dengan memilih akomodasi yang terbaik dan terpercaya, di mana lagi pilihannya kalau bukan di Airy Rooms! Ke manapun tujuan liburan kamu di Indonesia, pastikan Airy Rooms jadi akomodasi pilihannya. Ada referensi kamar menarik di bawah ini.

Airy Ubud Pengosekan Premasanti 7 Bali
Airy Boulevard Ahmad Yani Manado

Selain kamar-kamar di atas, kamu masih dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung Airy App melalui iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY).

Feature image courtesy of: nbcnews.com

Source: Jalan2Men

303 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *