5 Tips Backpacking Bagi Pemula

Jika kamu sudah lama memendam keinginan untuk pergi jalan-jalan dengan cara backpacking, laksanakanlah di tahun ini! Yakinlah bahwa kamu bisa menjalaninya dan menikmati petualangan ke tempat-tempat baru yang sudah lama ingin dijelajahi. Memang butuh determinasi yang tinggi untuk menjadi seorang backpacker karena kegiatan backpacking sendiri identik dengan budget yang minim, karena itu sebelum memulai perjalanan pastikan persiapanmu sudah matang lahir dan batin.

Untuk membantu kamu yang ingin memulai backpacking, berikut adalah 5 tips backpacking bagi pemula dari Airy Rooms:

1. Bawa Barang Secukupnya

Tidak usah membawa terlalu banyak baju, aksesoris atau barang-barang lain yang sekiranya tidak diperlukan selama perjalanan. Kesampingkan masalah gaya untuk sementara, karena nanti kamu akan kesusahan sendiri bila membawa beban tas yang berat. Cukup bawa pakaian nyaman yang bisa digunakan seharian, kacamata hitam untuk melindungi mata dan sunblock untuk pelindung kulit. Selebihnya bawa barang-barang penting yang dibutuhkan selama perjalanan seperti snack, jaket, sleeping bag, kamera, dll.

2. Cermat dan Hemat

Ingat bahwa kamu berpergian dengan budget terbatas sehingga pengeluaranmu harus dibuat seminim mungkin. Biaya akomodasi, transportasi dan makan harus dialokasikan dengan budget kecil. Hampir semua backpacker memilih menginap di hostel dan makan di pinggir jalan, jadi jangan membuang uangmu untuk penginapan di hotel berbintang ataupun makan di restoran mahal karena budget yang kamu miliki pasti akan habis seketika.

3. Membawa Obat-obatan Pribadi dan Vitamin 

Backpacking adalah aktivitas yang membutuhkan stamina yang tinggi, kamu juga tidak bisa menduga apa yang bisa menimpa selama perjalanan karena itulah obat-obatan adalah item penting yang tidak boleh kamu lupakan. Bawalah obat-obatan pribadi sesuai kebutuhan, bila kamu gampang flu bawa obat pilek, bila perut kamu sensitif bawa obat sakit perut. Vitamin juga penting untuk dibawa untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Jangan sampai kamu malah sakit-sakitan saat backpacking sehingga perjalananmu jadi terganggu.

4. Pelajari Lingkungan Sekitar 

Penting sekali bagi backpacker untuk mempelajari lingkungan sekitar mereka karena tempat wisata dan perjalanannya sendiri adalah hal baru yang masih asing. Dengan memperhatikan tempat, arah, marka dan jalanan yang ada maka kamu tidak akan mudah tersasar. Perhatikan juga budaya masyarakat setempat mulai dari bahasa, etiket dan kebiasaan sehari-hari. Cobalah bergaul dan berbaur dengan masyarakat setempat namun tetap bersikap santun. Hal-hal seperti ini akan menjadi pengalaman dan pembelajaran yang tidak terlupakan seumur hidup.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi di 2016

5. Tinggalkan Comfort Zone

Zona nyaman memang sulit untuk ditinggalkan termasuk saat kita sedang pergi jalan-jalan. Siapa coba yang tidak mau makan enak, tidur nyaman dan belanja sepuasnya? Tapi zona nyaman ini harus kamu tinggalkan jika kamu ingin menjadi backpacker sejati. Kamu harus berani terjun ke alam dan melakukan hal-hal baru yang jauh dari kata nyaman seperti melintasi sungai, mendaki gunung, berkemah di hutan, dll. Walaupun tidak nyaman tapi dijamin kamu akan merasa sangat puas dengan hasil dan pengalaman yang didapatkan!

Nah itu dia 5 tips backpacking bagi pemula dari kami, apa kamu sudah siap dengan rencana jalan-jalanmu? Selamat berpetualang ya!

Airy Keraton Solo Veteran
Airy Keraton Solo Veteran

Bagi kamu yang suka pergi travelling dengan budget minim. Airy Rooms adalah pilihan yang tepat jika kamu mencari akomodasi yang nyaman dan murah. Sebagai jaringan akomodasi terbesar dan terpercaya, Airy Rooms telah hadir di 70 kota di Indonesia dengan ribuan kamar yang terjamin nyaman. Kamu dapat merasakan 7 jaminan kenyamanan di setiap kamarnya, seperti tempat tidur bersih dan nyaman, AC, shower air panas, TV layar datar, WiFi gratis, perlengkapan mandi dan air minum gratis.

Kamu dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung Airy App melalui iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY).

Untuk info dan promo terbaru mengenai Airy Rooms, silahkan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitter dan Instagram @airyindonesia.

1,280 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *