5 Barang Ini Tidak Boleh Kamu Bawa ke Dalam Kabin Pesawat Terbang!

pesawat

Tahukah kamu, menurut penelitian dari Northwestern University, metode transportasi pesawat terbang merupakan cara teraman untuk bepergian? Pernyataan ini berdasarkan angka kecelakaan semua metode transportasi, dan pesawat terbang memiliki angka kecelakaan paling rendah dibandingkan transportasi darat dan laut. Keamanan ini juga dibantu oleh ketatnya peraturan-peraturan dan prosedur keamanan yang diterapkan di pesawat.

Salah satu prosedur keamanan yang dimiliki oleh pesawat adalah pembatasan benda-benda yang boleh masuk ke dalam kabin pesawat. Nah, supaya penerbangan kamu semakin aman, kamu harus tahu benda-benda apa saja yang dilarang. Yuk langsung dibahas satu-satu!

 

1. Benda Tajam, Senjata Api dan Bahan Peledak

pesawat
Credit: pinterest

Benda-benda seperti ini berpotensi untuk membahayakan penumpang lainnya, sehingga wajar dilarang masuk ke dalam kabin pesawat. Namun dalam hal ini, benda tajam yang dilarang juga termasuk beberapa beauty kit, seperti pin set, jarum pentul, gunting kecil, gunting kuku, dan benda lainnya yang mungkin biasa kamu simpan di dalam tas jinjing. Supaya aman dari pengecekan dan barang-barangmu tidak disita, sebaiknya letakkan beauty kit-mu di dalam koper saja, ya!

 

2. Benda Tumpul

pesawat
Credit: juniorgolftour.co.uk

Tidak hanya benda-benda tajam, benda-benda tumpul yang memiliki potensi membahayakan penumpang lain, seperti tongkat bilyar, stik golf, dan sebagainya. Tampak sedikit merepotkan, memang; namun ingat, ini untuk keamanan dan kenyamananmu juga.

 

3. Cairan Sebanyak 100 Mililiter atau Lebih dan Aerosol

pesawat
Credit: hunterlab.com

Cairan yang gampang terbakar, bahkan bahan peledak sering kali sulit dibedakan dengan cairan yang tidak berbahaya. Untuk memastikan keamanan pesawat, maka cairan-cairan tersebut harus diperiksa satu persatu, yang pasti memakan waktu dan biaya yang banyak. Oleh sebab itu, International Civil Aviation Organization (ICAO) memutuskan untuk memukul rata semua cairan di atas 100 mililiter dilarang masuk kabin pesawat. Better be safe than sorry, kan?

pesawat
Credit: tecnocapclosures.com

Sama seperti benda cair, aerosol juga dilarang untuk masuk ke dalam kabin pesawat. Ini berarti beberapa peralatan yang mungkin kamu letakkan di tas jinjingmu beresiko untuk disita, seperti parfum, hair spray, spray deodoran, gel rambut, pasta gigi, dan sebagainya. Oleh sebab itu, sebaiknya benda-benda tersebut dimasukkan ke dalam bagasi saja, ya!

 

4. Benda Berbau Tajam dan Produk dari Hewan

pesawat
Credit: satu-nutrition.com

Karena pada saat di dalam pesawat kita akan duduk di sebuah ruangan tertutup bersama banyak orang, maka sebaiknya kita tidak membawa barang-barang beraroma tajam yang dapat mengganggu kenyamanan orang lain. Dalam hal ini, buah durian, buah nangka dan terasi masuk ke dalam benda-benda yang tidak boleh dibawa ke dalam kabin karena aromanya yang menyengat. Selain itu, kamu juga dilarang membawa produk hewani, seperti daging, susu, keju dan lainnya, karena berpotensi menyimpan bakteri pathogenic yang bisa mengganggu kesehatan.

 

5. Power Bank

pesawat
Credit: coolstuff.com

Peraturan baru yang dikeluarkan bulan Maret 2018 ini menyatakan larangan terhadap Power Bank dengan rating energi di atas 160 Wh (Watt per hour) masuk ke dalam kabin pesawat. Untuk mengetahui jumlah Wh Power Bank-mu, kamu bisa memeriksa stiker informasi Power Bank-mu, atau menghitung manual.

Sebuah Power Bank dengan kapasitas 5.000 mAh dengan voltase baterai sebesar 3,85 V memiliki rating energi sebesar 19.250 mWh (miliwatt per hour). Jika dikonversi ke dalam satuah Wh, maka rating energi Power Bank tersebut hanyalah 19,25 Wh dan masih aman untuk dibawa masuk ke dalam kabin pesawat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu benda-benda apa saja yang dilarang masuk ke dalam pesawat. Meskipun terkesan memiliki banyak larangan, namun percayalah bahwa peraturan ini dibuat untuk keselamatan penerbangan dan keamanan penumpangnya. Jadi harus dipatuhi, ya!

Walaupun tampak merepotkan, beberapa barang memang wajib kamu amankan di bagasi pesawat. Selain itu, ada resiko kehilangan bagasi atau bahkan tertukar dengan penumpang lain. Untungnya, Airy sudah punya 5 Tips Jitu Hindari Kehilangan Bagasi di Bandara! Dibaca dulu, ya!

Bepergian dengan pesawat terbang tentu akan membuat perjalananmu semakin cepat, aman, dan nyaman. Apalagi sekarang ada Airy yang menjual tiket pesawat dengan harga yang murah dan ada banyak promo! Makanya, langsung cek www.airyrooms.com/promo untuk mengetahui promo-promo yang sedang berlangsung. Untuk pesan tiketnya, kamu bisa unduh Airy App melalui Google Play Store atau App Store. Jangan lupa juga untuk mendapatkan informasi terkini melalui Facebook, Twitter, dan Instagram @airyindonesia atau LINE Official Account @airyrooms. Pakai Airy, Kapan Aja Bisa Melakukan Perjalanan Paling Nyaman

Informasi lebih lanjut, silakan klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *