Mau Solo Traveling ke Jogja? Yuk Ikuti Itinerary Ini!

Siapa bilang jalan-jalan sendiri membosankan? Liburan sendiri itu seru kok, apalagi kalau solo traveling ke Jogja! Kota pelajar yang terkenal dengan makanan murah ini menyimpan berbagai destinasi asik yang bisa kamu kunjungi pas lagi liburan sendiri. Supaya kamu lebih gampang untuk merencanakan solo traveling ke Jogja, kali ini Airy mau berbagi itinerary lengkap biar liburan makin lancar! Ada banyak hal yang dibahas di bawah, mulai dari pilihan transportasi dalam kota sampai  kuliner enak yang memuaskan perut. Jangan biarkan penasaran menghantui, langsung aja cek itinerary dari Airy! (pun intended, settle down people).

1. Siapkan 4 hari untuk liburan di Jogja

Credit: blog.hootsuite.com

Supaya kamu bisa menikmati liburan di Jogja yang greget, kamu perlu menyiapkan 4 hari buat liburan. Kalau bingung kapan harus berangkat karena keterbatasan cuti, kamu bisa cek kalender libur nasional 2019 di sini untuk memilih hari cuti. Ada beberapa hari kejepit yang bisa kamu gunakan, seperti Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Kamis, 7 Maret 2019. Karena Jumat setelah Nyepi adalah hari kejepit, maka kamu bisa cuti supaya ada 4 hari libur tersedia buat solo traveling ke Jogja.

2. Gunakan pesawat dari kota asal

Penerbangan domestik
Credit: katadata.co.id/berita/2019/05/31

Mencapai Jogja itu gak susah kok. Ada banyak transportasi yang bisa kamu gunakan, mulai dari pesawat, kereta, bus, sampai kendaraan pribadi. Meskipun ada banyak jalan menuju Jogja, sebaiknya kamu memilih pesawat untuk transportasi yang aman dan cepat. Karena protokol keamanan dan regulasi yang lebih baik, pesawat menjadi moda transportasi yang lebih aman dibandingkan berbagai pilihan lainnya. Tiket pesawat sekarang juga sudah mulai terjangkau. Coba cek aja di Airy, dijamin harganya pasti terbaik!

3. Cari kamar Airy paling cocok

Airy Rooms bersih & nyaman
Credit: blog.airyrooms.com/info/kelebihan-menginap-di-airy-rooms

Sebelum berangkat, kamu harus mencari penginapan dengan lokasi strategis supaya mobilitas kamu lebih mudah. Ada banyak kamar Airy dengan harga terbaik di Jogja, lho! Berbagai kamar tersebut tersebar di berbagai lokasi strategis Jogja, mulai dari Malioboro, Monjali, Bantul, Kulon Progo, sampai Kaliurang. Dijamin liburan kamu lebih nyaman kalau kamu cari penginapan di Airy!

4. Gunakan moda transportasi paling sesuai

Ada tiga transportasi yang bisa kamu pakai di Jogja: transportasi umum, kendaraan sewa, dan taksi online. Ketiganya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Becak di Malioboro
Credit: baliblogger.org/tag/yogyakarta

Transportasi umum adalah moda paling terjangkau yang bisa digunakan, tetapi mobilitas ke berbagai tempat akan memakan waktu lama. Kalau kamu orang yang tidak sabaran, moda transportasi lain lebih cocok.

Credit: r-fr.facebook.com/pg/RentalMobilJogja/posts

Kendaraan sewa adalah pilihan yang paling banyak digunakan untuk solo traveling ke Jogja. Apabila kamu tidak mengendarai kendaraan pribadi dari kota asal, maka kamu bisa menyewa kendaraan di berbagai persewaan mobil dan motor. Kamu perlu Rp75.000 untuk menyewa motor dan Rp200.000 untuk menyewa mobil selama 1 hari. Karena kamu akan solo traveling, maka menyewa motor adalah pilihan yang tepat: lebih murah, dan hemat bahan bakar. Dengan mengendarai kendaraan sewa, kamu juga bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata di luar kota Jogja, lho. Asal kamu ingat untuk selalu berkendara dengan hati-hati, kendaraan sewa pasti bisa bikin liburan jadi lebih mudah!

Credit: apabedanya.com/apa-bedanya-gojek-dengan-grabbike

Taksi dan ojek online adalah pilihan yang juga sering digunakan oleh wisatawan jaman sekarang. Karena perkembangan teknologi, memesan kendaraan online sudah tidak jadi masalah. Meskipun begitu, kendaraan online membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena kamu harus memesan kendaraan baru setiap kali berpindah tempat.

5. Hari pertama: cek destinasi wisata dalam kota

Setelah sampai di Jogja dan check-in di kamar, saatnya kamu mulai keliling kota mencari destinasi wisata. Kamu bisa mulai dengan jalan-jalan di Malioboro dan Benteng Vredeburg, di mana suasana Jogja yang asik dan ramai bisa ditemukan. Banyak oleh-oleh bisa juga kamu beli di Malioboro, seperti bakpia, baju dan kain batik, hingga berbagai gantungan kunci lucu. Apabila kamu jago nawar, bisa dapat harga yang murah banget lho!

Ramainya Pasar Batik
Credit: akurat.co/news/id-649010

Setelah puas menjelajahi dan beli oleh-oleh di Malioboro, kamu bisa langsung melaju ke Selatan Malioboro untuk mengunjungi daerah Keraton Yogyakarta. Ada banyak spot foto yang bisa kamu ambil di Taman Sari, Alun-Alun Selatan, Pasar Ngasem, dan juga di dalam Keraton Yogyakarta. Tapi harus diingat, destinasi yang terletak di dalam Keraton Yogyakarta tersebut punya beberapa tata tertib yang harus kamu patuhi. Jadi kamu tetap harus menjaga tata krama dan menghormati masyarakat di sana pas lagi solo traveling ke Jogja ya!

Nah, seharian menjelajahi wisata kota Jogja pasti melelahkan dan bikin lapar. Ada berbagai spot tempat makan yang bisa kamu kunjungi untuk berburu makanan enak, seperti Jalan Prawirotaman dan Alun-Alun Selatan.

Nasi Kucing Street Food
Credit: tripzilla.id/jajanan-kaki-lima-di-jogja/8482

Jalan Prawirotaman adalah sebuah gang khusus tempat di mana berbagai kafe dan restoran hits berada. Ada beberapa restoran terkenal yang bisa kamu kunjungi, seperti Tempo Gelato, Via-Via Cafe, Bu Ageng, dan Mediterranean Restaurant. Dijamin makanannya pasti enak-enak banget!

Credit: phinemo.com/yang-khas-dari-jogja/wedang-ronde

Selain Prawirotaman, kamu juga bisa kulineran ke Alun-Alun Selatan, tempat masyarakat Jogja biasanya berekreasi. Kamu bisa memilih berbagai makanan seperti gudeg, nasi goreng, kwetiaw, roti bakar, dan ronde hangat. Sambil menunggu makanan siap, kamu bisa bersantai sambil melihat para wisatawan mencoba sebuah dengan mitos lokal. Di tengah Alun-Alun Selatan terletak dua buah pohon beringin raksasa. Konon katanya, apabila seseorang bisa melewati kedua celah di antara kedua pohon tersebut dengan mata tertutup, maka dia akan segera mendapatkan jodohnya. Jadi jangan kaget kalau kamu melihat banyak wisatawan menutup mata dan mencoba jalan. Biasanya malah mereka akan jalan berbelok menuju tempat makan, bukan ke celah kedua pohon. Lucu dan mengesankan banget!

6. Hari kedua: Merapi Tour dan Prambanan

Credit: suaramerdeka.com/news/baca/112003

Setelah meletusnya Gunung Merapi di tahun 2010, beberapa tempat tinggal di lereng gunung menjadi sebuah relik bersejarah karena pernah diterpa awan panas. Bekas tempathttps://www.suaramerdeka.com/news/baca/112003/kajian-rute-jip-lava-tour-tunggu-sk-bupati tinggal tersebut akhirnya dijadikan sebuah wisata alam yang dinamakan Merapi Tour. Untuk mengikuti tur ini, kamu bisa berkendara ke lereng gunung dan parkir di lapangan yang disediakan oleh warga sekitar. Tur keliling Merapi ini akan membawa kamu ke rumah peninggalan Mbah Marijan yang dulu bertugas sebagai juru kunci Gunung Merapi dan beberapa rumah warga yang habis terbakar oleh awan panas. Kamu bakal dibawa ke berbagai situs tersebut menggunakan Jip Safari, dengan sensasi naik-turun di atas jalan berbatu yang menegangkan. Bakal jadi solo traveling ke Jogja yang asik banget deh!

Sunset di Prambanan
Credit: harianhaluan.com/news/detail/74999/indahnya-sunset-di-candi-prambanan

Puas melihat situs peninggalan Merapi, kamu bisa beristirahat sejenak untuk persiapan mengejar sunset di Prambanan. Karena kompleks Prambanan adalah sebuah situs reservasi internasional resmi, lingkungan di sana sangatlah bersih dan terjaga. Kamu bisa berjalan-jalan santai di sini sambil menikmati matahari tenggelam dengan latar belakang Candi Prambanan yang indah.

Credit: picpublic.com/hashtag-lesehan

Wisata Merapi dan Prambanan menghabiskan banyak tenaga. Malam tiba, berarti saatnya mencari makan! Kamu bisa memilih kulineran di lesehan khas Jogja, seperti Lesehan Dara atau Lesehan Terang Bulan. Tersedia berbagai makanan di sini, mulai dari ayam goreng, ayam bakar, hingga nila goreng yang disajikan dengan nasi uduk. Rasanya bakal bikin kamu pengin nambah!

7. Hari ketiga: bersantai di pantai dan kulineran di Pak Pong

Credit: jejak-kenzie.blogspot.com/2018/12/info-lengkap-pantai-indrayanti-jogja.html

Daerah Istimewa Yogyakarta juga terkenal dengan pantai-pantainya yang indah. Ada beberapa pantai yang mudah diakses dan tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan di daerah Selatan Jogja, seperti Pantai Sadranan, Pantai Indrayanti, Pantai Timang, Pantai Ngrenehan, dan Pantai Wediombo. Kamu bisa menggunakan mobil atau motor untuk mencapai pantai-pantai tersebut. Namun perlu diingat, jalan menuju ke sana berkelok dengan tikungan tajam, sehingga kamu harus selalu hati-hati dalam berkendara supaya bisa terhindar hal yang tidak diinginkan.

Sate Klatak Pak Pong
Credit: myeatandtravelstory.wordpress.com/2017/12/16

Nah, setelah puas bersantai di pantai, aktivitas selanjutnya adalah makan malam di Sate Klatak Pak Pong! Restoran ini terkenal karena menjual sate kambing dengan cara yang unik. Setiap potong daging akan ditusuk dan disajikan menggunakan jeruji besi sepeda, bukan tusukan kayu seperti sate pada umumnya. Tidak hanya penyajiannya yang unik – rasanya juga enak banget! Perpaduan antara daging kambing yang lembut dan gulai yang gurih, makan malam di Pak Pong pasti bikin nagih!

9. Hari keempat: Mengunjungi galeri seni dan bersiap pulang

Sangkring Art Space
Credit: decodeko.co.id/blog/art-space-di-jogja

Hari terakhir solo traveling ke Jogja: waktunya beristirahat dan bersantai. Kamu bisa mulai mencari sarapan paling enak di Jogja, mencari kafe untuk beli kopi takeaway, dan lanjut mengunjungi berbagai galeri seni seperti Museum Affandi, Sangkring Artspace, dan Langgeng Art Foundation.

Credit: projektravel.com/2017/08/5-tips-packing-barang-untuk-travel

Setelah puas menikmati seni sambil ngopi, kamu bisa kembali ke hotel, mulai packing, dan bersiap kembali ke kota asal. Perlu diingat, karena beberapa maskapai sekarang sudah menerapkan biaya lebih untuk bagasi pesawat, kamu harus hati-hati dalam membawa banyak barang bawaan. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa langsung membeli bagasi tambahan untuk penerbangan atau langsung bisa melihat tips packing ini supaya lebih gampang menata barang di satu bagasi yang bisa dibawa ke kabin.

Sudah siap untuk solo traveling ke Jogja belum? Kalau kamu pakai Airy, pasti kamu bakal jadi lebih siap, karena kamu bisa memesan kamar penginapan dan tiket pesawat dengan mudah dan cepat! Dengan Airy, kamu bisa menelusuri berbagai pilihan kamar dan tiket pesawat dengan harga yang pas di dompet. Caranya pakainya mudah banget, kamu tinggal download dan install aplikasi Airy dari Google Play Store dan App Store, lalu pesan tiket pesawat dan kamar hotel yang sesuai dengan kebutuhanmu! Lalu jangan lupa follow follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, biar nggak ketinggalan informasi promo-promo menarik dan destinasi seru!

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

2 Responses to “Mau Solo Traveling ke Jogja? Yuk Ikuti Itinerary Ini!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *