Liburan Asik di Labuan Bajo, Ini Itinerary Untukmu!

liburan di labuan bajo

Labuan Bajo adalah salah satu destinasi indah Indonesia yang terkenal di seluruh dunia. Pantai yang bersih, pegunungan yang membentang luas, serta kebudayaan yang kaya membuat liburan di Labuan Bajo menjadi salah satu momen paling mengesankan saat traveling keliling Indonesia.

Nah, sebelum kamu berangkat untuk liburan di Labuan Bajo, Airy mau berbagi tips supaya kamu bisa merancang itinerary yang rapi dan sesuai dengan budget. Yuk, kita bahas satu per satu!

1. Siapkan liburan 4-5 hari

liburan di labuan bajo
Credits: bisniswisata.co.id

Karena banyaknya destinasi wisata dan jarak antar pulau yang jauh, sebaiknya kamu persiapkan waktu liburan selama 4 sampai 5 hari supaya kamu bisa lebih santai dan puas di Labuan Bajo. Bagi kamu yang kerja kantoran, kamu bisa cek kalender libur nasional 2019 dan mulai menabung cuti untuk persiapan liburan di Labuan Bajo.

2. Gunakan pesawat atau kapal

liburan di labuan bajo
Credits: destination.co.id
liburan di labuan bajo
Credits: satyawinnie.com

Ada banyak maskapai yang menyediakan penerbangan langsung atau transit menuju Labuan Bajo. Detail jam penerbangan dan harga bisa kamu cek di sini. Apabila memungkinkan, kamu juga bisa menambah destinasi dengan mampir dulu di Bali. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui deh. Literally banget!

Selain perjalanan dengan pesawat, kamu juga bisa mencapai Labuan Bajo menggunakan kapal. Ada berbagai jasa perjalanan yang bisa kamu pilih, mulai dari pelayaran dengan harga terjangkau sampai harga premium. Kamu bisa mengambil kapal feri kecil dari Sape di Nusa Tenggara Barat, kapal komersil dari Lombok dan Makassar, atau kapal perusahaan Pelni dari Tanjung Benoa di Bali.

3. Cari penginapan yang strategis

Credits: komodoshuttle.com

Jangan lupa untuk mencari penginapan yang letaknya strategis dari jauh-jauh hari. Supaya mobilitas kamu lebih mudah, kamu bisa mencari penginapan yang dekat dengan pusat transportasi umum di kota Labuan Bajo atau yang memiliki kerjasama dengan penyewaan mobil lokal.

Credits: lisadorenfest.com

Transportasi umum di Labuan Bajo memang belum modern, tapi cukup memadai untuk mengantar kamu ke tujuan yang diinginkan. Bemo dan taksi motor bisa kamu gunakan sampai jam 21.00 WITA. Selain transportasi umum, kamu bisa menyewa mobil dengan kisaran harga Rp 750.000 atau motor bebek dengan kisaran harga Rp 75.000 per hari.

4. Habiskan hari pertama untuk wisata pantai

Setelah check-in di hotel, kamu bisa langsung menjelajahi pantai-pantai indah pas liburan di Labuan Bajo. Dari berbagai pantai menakjubkan di sana, ada tiga pantai yang wajib kalian kunjungi: Pantai Pink, Pantai Pulau Kanawa, dan Pantai Pede.

Credits: travel.kompas.com

Pantai Pink menjadi daya tarik wisatawan yang unik karena warna pantainya yang berubah jadi merah muda pada jam-jam tertentu. Fenomena unik ini terjadi karena ada pantulan cahaya matahari pada pecahan terumbu karang merah yang terbawa arus kembali ke tepi pantai.

Credits: liburmulu.com

Pantai di Pulau Kanawa memang berbeda dari berbagai pantai dari pulau besar lainnya. Pulau ini sangatlah kecil dan bisa kamu jelajahi dalam sehari. Karena penghuninya yang sedikit, pantai di pulau ini punya pasir yang putih bersih tanpa ada pencemaran limbah domestik ataupun sampah buangan wisatawan.

Credits: damniloveindonesia.com

Pantai Pede adalah pantai eksotis yang terletak di dekat bandara. Pantai yang diapit Bukit Gorontalo dan Bukit Pramuka ini memiliki pasir putih dengan pemandangan pulau-pulau kecil di sekitarnya sebagai dekorasi alami. Pantai Pede juga menjadi destinasi terbaik bagi pemburu sunset di daerah Labuan Bajo. Wah, ngambil foto di sini jadi beneran pede ya!

5. Habiskan hari kedua untuk wisata gunung

Alam menyuguhkan Labuan Bajo lengkap dari pantai sampai pegunungan yang indah. Ada berbagai atraksi alam yang bisa kamu temui di pegunungan sekitar Labuan Bajo, seperti Gua Batu Cermin, Air Terjun Cunca Wulang, dan Bukit Cinta.

Credits: wisatakomodotours.com

Gua Batu Cermin adalah destinasi unik yang tidak bisa kamu temukan di berbagai gua lainnya. Karena hanya ada satu lubang cahaya di dalam gua, maka cahaya yang masuk terpantulkan oleh batuan di sekitarnya yang menyebabkan gua bercahaya dengan indah. Kamu perlu mempersiapkan sepatu gunung atau sepatu olahraga karena kontur jalan menuju ke sana berbatu dan terjal. Jangan sampai kaki kamu malah lecet di perjalanan ya!

Credits: travelingyuk.com

Bagi kamu yang suka menjelajahi air terjun dan berenang di antara tebing tinggi, kamu perlu mengunjungi Air Terjun Cunca Wulang. Air terjun yang terletak di Desa Wersawe ini unik karena lokasinya yang terpencil dan kondisinya yang terawat. Meskipun akses ke sana cukup sulit, destinasi ini tetap dikunjungi banyak wisatawan karena airnya jernih dan pemandangannya bisa jadi latar belakang foto hits.

Credits: indonesiakaya.com

Bukit Cinta adalah perbukitan indah di utara kota Labuan Bajo yang jadi spot foto favorit bagi banyak turis. Kamu akan membutuhkan jalan kaki selama 10-15 menit dari kaki bukit sampai ke puncaknya. Jangan khawatir, perjalanan yang cukup panjang itu pasti akan terbayar dengan pemandangan indah di puncak bukit. Laut biru yang membentang serta kota Labuan Bajo yang cantik bisa kamu nikmati sambil bersantai. Jangan lupa juga untuk mengambil foto hits supaya orang lain bisa melihat betapa kerennya Labuan Bajo lewat Instagram kamu!

6. Habiskan hari ketiga untuk wisata kebudayaan

Tidak hanya atraksi alam yang menakjubkan, Labuan Bajo juga menyimpan berbagai kebudayaan lokal yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Di antaranya ada Desa Liang Dara, Desa Todo, dan Wae Rebo.

Credits: padarnews.com

Desa Liang Dara adalah salah satu desa dengan pemandangan indah dan budaya kuat di Labuan Bajo. Uniknya, di desa ini terdapat 6 sanggar budaya yang mempromosikan seni tradisional masyarakat Manggrai. Apabila kamu ingin belajar budaya seni tradisional Manggrai, tempat ini pas banget!

Credits: shintanurbaeti.blogspot.com

Desa Todo adalah desa bersejarah yang dulunya pernah menjadi pusat kerajaan Manggrai. Kamu bisa menemukan berbagai relik dan kebudayaan kuno dari kerajaan Flores di desa ini, lengkap dengan rumah-rumah tradisional adat Manggarai yang masih dilestarikan sampai sekarang.

Credits: wisatakomodotours.com

Wae Rebo adalah desa di Labuan Bajo dengan pemandangan paling menakjubkan karena lokasinya yang ada di perbukitan. Di desa ini kamu bisa menyaksikan pertunjukan seni tari sambil menikmati latar belakang perbukitan luas. Keren dan menakjubkan ya!

7. Hari terakhir, belanja oleh-oleh dan persiapan pulang!

Credits: labuanbajotour.com

Nah, hari terakhir liburan di Labuan Bajo adalah waktu untuk belanja oleh-oleh dan bersiap untuk perjalanan pulang. Kamu bisa belanja berbagai makanan dan cinderamata khas Flores di kota Labuan Bajo. Ada beberapa makanan yang bisa kamu bawa pulang, seperti Kopi Juria dan Kue Bapalaya. Sebelum membeli berbagai cinderamata, perlu diingat bahwa beberapa maskapai mengubah kebijakan bagasi yang diperbolehkan untuk dibawa. Apabila kamu membawa terlalu banyak oleh-oleh, ada kemungkinan kamu harus membayar biaya kelebihan bagasi. Nah, daripada jadi bingung gimana caranya packing agar bagasi tidak penuh, kamu bisa cek tips ini. Perjalanan pulang kamu pasti jadi lancar!

Nah, hari terakhir adalah waktu untuk belanja oleh-oleh dan bersiap untuk perjalanan pulang. Kamu bisa belanja berbagai makanan dan cinderamata khas Flores di kota Labuan Bajo. Ada beberapa makanan yang bisa kamu bawa pulang, seperti Kopi Juria dan Kue Bapalaya. Sebelum membeli berbagai cinderamata, pastikan kembali bahwa maskapai kamu memperbolehkan bagasi yang lebih karena oleh-oleh sudah pasti akan menambahkan berat bagasi secara signifikan. Apabila kamu membawa terlalu banyak oleh-oleh, bakal ada biaya tambahan menanti di bandara. Nah, daripada bingung gimana caranya packing agar bagasi tidak penuh, kamu bisa cek tips ini. Perjalanan pulang kamu pasti jadi lancar!

Setelah membaca itinerary di atas, pasti kamu makin semangat untuk pergi. Ini waktumu liburan di Labuan Bajo bersama Airy! Dengan Airy, kamu bisa mendapatkan tiket pesawat dan kamar hotel dengan harga terbaik kapan aja! Cara pesannya juga mudah, tinggal download dan install aplikasi Airy dari Google Play Store dan App Store. Ada berbagai rekomendasi hotel dan tiket pesawat dengan rute terlengkap. Supaya liburanmu makin hemat, follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, ya! Berbagai promo-promo menarik sedang menunggu kamu!

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

One Response to “Liburan Asik di Labuan Bajo, Ini Itinerary Untukmu!”

  • […] Banyak yang bilang pemandangan di Labuan Bajo bisa membuat siapa saja jatuh hati kepada bumi Indonesia. Nah, ada satu film traveling yang mengangkat tema percintaan di atas tanah Labuan Bajo. Labuan Hati bercerita tentang 3 orang perempuan yang bertemu di Labuan Bajo untuk liburan bersama. Konflik datang pada saat seorang pemandu wisata pria menarik perhatian ketiga perempuan itu. Berbagai pertengkaran pun terjadi demi menjadi yang nomor satu di mata si pemandu wisata. Meskipun fokus film ini ada di konflik pertemanan dan percintaan, gambaran indahnya Labuan Bajo tidak kalah menarik. Bentangan pantai yang bersih dan perbukitan menakjubkan juga bakal membuat kamu terpesona. Bisa banget jadi referensi sebelum kamu berangkat keke Labuan Bajo! […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *