13 Festival di Indonesia ini Luar Biasa Keren!

Tidak hanya alam yang indah, Indonesia juga kaya akan kebudayaan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap kebudayaan juga punya berbagai festival tahunan yang seru banget, lho! Ada banyak festival di Indonesia yang bisa kamu datangi sekalian ikut serta merayakan bersama dengan warga lokal. Pasti seru dan mengesankan banget, karena kamu bisa have fun sambil belajar menghargai keberagaman budaya Indonesia. Mau tau festival di Indonesia tahunan apa aja yang seru? Langsung lihat daftar di bawah aja!

1. Rambu Solo – Toraja

festival indonesia
Credits: visittoraja.com

Festival Rambu Solo merupakan ritual pemakaman yang dilakukan oleh masyarakat Toraja, Sulawesi Selatan. Festival yang memiliki runtutan acara rumit ini memerlukan persiapan berbulan-bulan sebelum digelar. Sebelum upacara, keluarga yang menggelar acara juga harus memberikan sesajen berupa makanan, minuman, rokok, sirih, dan benda-benda kesukaan almarhum lainnya. Jenazah juga akan dirawat dan diperlakukan seperti seseorang yang masih hidup sebelum dikuburkan.

Upacara besar Rambu Solo memiliki beberapa rangkaian yang dinanti pengunjung dan tamu, termasuk Ma’Tinggoro Tedong, di mana keluarga akan mengorbankan kerbau dengan jumlah yang bisa mencapai 100 ekor. Bakal ada juga pawai yang mengiringi peti jenazah untuk dimakamkan di tempat tujuan. Budaya masyarakat Toraja memang unik dan keren ya!

2. Tawur Agung – Bali

festival indonesia
Credits: karmagroup.com

Perayaan yang dilakukan satu hari sebelum Hari Raya Nyepi oleh masyarakat Hindu ini sangat menarik karena setiap distrik di Bali akan menggelar pawai ogoh-ogoh. Ogoh-ogoh merupakan patung besar yang dibuat menyerupai bentuk bhuta kala atau setan jahat dalam kepercayaan Hindu. Perayaan ini bertujuan untuk mengusir segala setan jahat yang ada di sekitar masyarakat supaya masyarakat bisa merayakan Nyepi tanpa gangguan pikiran jahat. Pawai ini biasanya diikuti oleh komunitas pemuda pura yang akan berkompetisi membuat patung paling menyeramkan untuk memukau para penonton.

Setiap ogoh-ogoh akan digotong oleh 10 sampai 20 orang sambil menari dan berteriak-teriak untuk meniru kelakuan seorang makhluk jahat yang datang meneror para pengunjung. Dijamin, kamu gak bakal bosen liat pawainya deh!

3. Jember Fashion Carnaval – Jember

festival indonesia
Credis: getlost.id

Jember Fashion Carnaval adalah Rio De Janeiro Carnival-nya Indonesia. Festival yang sudah menarik perhatian masyarakat internasional ini digelar setiap tahun untuk merayakan ulang tahun kota Jember. Setiap defile akan memamerkan desain dengan konsep unik dan megah. Mulai dari gaun yang menyerupai merak sampai kostum ksatria dari emas, festival di Indonesia ini perlu banget kamu datangi!

Nah, setiap tahunnya Jember Fashion Carnaval menggelar acara tema yang berbeda-beda. Seperti pada tahun 2018, tema yang diangkat oleh Jember Fashion Carnaval adalah Asia Light atau Cahaya Asia. Di tema ini, setiap defile menunjukkan kostum yang terinspirasi dari 10 daerah yang ada di Asia. Wah, pasti kostumnya keren-keren banget!

4. Festival Lembah Baliem – Papua

festival indonesia
Credits: omnduut.com

Festival yang digelar setiap tahunnya di Wamena, Jayawijaya, Papua ini melambangkan perang yang terjadi antara suku Dani, suku Lani, dan suku Yali. Pertunjukkan yang sudah berjalan turun-temurun ini dilakukan untuk menunjukkan kekuatan antar-suku.

Dengan menyaksikan Festival Lembah Baliem, kamu bisa mendapatkan kesempatan langka untuk belajar dan bersentuhan langsung dengan berbagai kebudayaan yang ada di suku-suku pedalaman Papua. Festival ini juga terkenal sebagai surganya para fotografer karena budaya yang dipertontonkan masih sangat kental dan tradisional.

5. Sekaten – Yogyakarta

festival indonesia
Credits: hipwee.com

Sekaten adalah festival di Indonesia tahunan yang digelar untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Yogyakarta. Dalam kurun waktu satu bulan, alun-alun utara Keraton Yogyakarta akan disulap menjadi pasar malam yang penuh dengan berbagai wahana, jajanan, sampai tenda-tenda barang bekas murah.

Ada satu wahana unik yang hanya bisa kamu temukan di Sekaten. Wahana yang termasuk paling menyeramkan dan berbahaya: Tong Setan! Tong Setan adalah sebuah tenda berbentuk kubah bundar dengan rongga dengan dinding kayu di dalamnya. Saat kosong, rongga tersebut terlihat seperti sebuah mangkuk. Setelah persiapan selesai, seorang daredevil akan datang dengan motornya, menyalakan mesin, dan langsung melaju dengan kecepatan tinggi untuk berputar-putar di dinding rongga tersebut. Buat kamu yang baru pertama kali melihat hal itu, pasti menegangkan banget deh!

6. Pasola – Sumba

festival indonesia
Credits: travel.tribunnews.com

Festival Indonesia yang digelar di tanah Sumba ini menceritakan perang antara dua suku di Sumba, digambarkan dengan berlomba menunggang kuda sambil melempar lembing tajam. Sensasi melihat seorang perajurit membawa sebilah tombak dan menunggang kuda yang berlari cepat itu seru banget, lho!

Nah, sebenarnya perayaan ini termasuk salah satu prosesi Nyale, yaitu sebuah upacara untuk memohon restu kepada nenek moyang agar hasil panen optimal dan menguntungkan. Buat kamu yang ingin melihat festival ini, Pasola biasanya akan digelar dari awal Februari sampai akhir Maret.

7. Waisak – Magelang

festival indonesia
Credits: sumutpos.co

Perayaan Hari raya umat Buddha ini setiap tahunnya digelar di salah satu situs Buddha paling besar di Indonesia: Candi Borobudur. Masyarakat umum diperbolehkan untuk ikut prosesnya, asalkan tetap menjaga ketenangan, menghormati proses keagamaan, dan berpakaian yang sopan.

Biasanya, pada malam setelah para umat selesai berdoa, panitia akan menerbangkan lampion dengan jumlah yang sangat banyak ke angkasa. Prosesi ini membuat langit malam jadi terlihat cantik banget. Sebelum diterbangkan, setiap orang yang menerbangkan boleh  menempelkan sebuah kertas berisi harapan di masa depan.

8. Mappanretasi – Kutai

festival Indonesia
Credits: nusantara.news

Festival Mappanretasi ini digelar untuk memperingati ulang tahun kabupaten Tanahbumbu di Kalimantan Selatan. Berbeda dari festival lainnya yang ada di daratan, festival di Indonesia satu ini digelar di laut lepas. Ada pawai kapal laut yang didekorasi, di mana setiap kapal akan memberikan sesajen ke laut sebagai tanda terima kasih kepada Tuhan yang Maha Esa.

Berbagai pertunjukkan tari dari perwakilan suku Bugis, Dayak, dan Banjar pun dikompetisikan. Tidak jarang juga festival ini dimeriahkan berbagai musisi nasional papan atas seperti GIGI, Radja, Shaggydog, Sheila on 7, sampai Zaskia Gotik. Bahkan, Mappanretasi tahun 2017 lalu juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, lho. Seru dan meriah ya!

9. Gandrung Sewu – Banyuwangi

festival indonesia
Credits: liputan6.com

Gandrung Sewu adalah festival di Indonesia tahunan yang digelar untuk melestarikan Tari Gandrung asal Banyuwangi. Tari ini melambangkan kekaguman masyarakat Banyuwangi terhadap kekuatan Dewi Sri. Dahulu, masyarakat Banyuwangi percaya bahwa Dewi Sri mengatur jumlah panen sehingga tari ini dimaksud untuk selalu memakmurkan hasil panen para petani.

Uniknya, festival ini mengikutsertakan lebih dari 1000 penari yang menari bersama di pinggir Pantai Boom dan disaksikan oleh ribuan pengunjung serta para pejabat daerah. Kalau kamu menonton dari ketinggian, para penari bakal terlihat seperti lautan manusia yang bergerak indah bersama-sama. Keren banget kalau difoto!

10. Pekan Raya Jakarta

festival indonesia
Credits: foodinloveid.wordpress.com

Festival ini adalah salah satu perayaan paling besar yang digelar di kota Jakarta setiap tahunnya. Ada berbagai wahana, jajanan, dan konser musik yang digelar dengan meriah di area Kemayoran. Tidak hanya masyarakat Jakarta, masyarakat Jabodetabek juga biasanya akan memeriahkan Pekan Raya Jakarta setiap tahunnya untuk menikmati jajanan dan keseruan lainnya. Bahkan pada tahun 2015, pengunjung PRJ tembus 5.1 juta, lho!

11. Dieng Culture Festival

festival indonesia
Credits: news.okezone.com

Penasaran gimana rasanya nonton konser di atas gunung dengan suhu yang dingin? Langsung aja dateng ke Dieng Culture Festival! Perayaan tahunan yang digelar di dataran tinggi Dieng ini berhasil mendatangkan ribuan pengunjung penikmat budaya, musik, dan wisata di Indonesia. Berbagai aktivitas terkenal biasanya jadi incaran para wisatawan, seperti menonton Jazz Atas Awan dan melepaskan ratusan lampion ke udara. Tapi untuk ikut festival ini, kamu harus mempersiapkan jaket yang tebal, karena suhu disana bisa mencapai -4 derajat! Wah, berasa kayak di luar negeri!

12. Erau Kertanegara

festival indonesia
Credits: getborneo.com

Festival Erau Kertanegara adalah festival adat yang setiap tahunnya digelar selama satu pekan di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Perayaan yang konon digelar untuk menobatkan raja pada zaman kerajaan Kutai ini akhirnya dihidupkan kembali pada akhir dekade 70an.

Sekarang festival di Indonesia ini menjadi lambang perayaan adat masyarakat Kutai untuk melestarikan budaya luhur yang sudah ada sejak lama. Ada berbagai pertunjukkan dan perlombaan yang digelar, seperti lomba memasak, lomba menembak, hingga pentas seni pertunjukkan.

13. Karapan Sapi

festival indonesia
Credits: bisniswisata.co.id

Kalau dunia barat punya pacuan kuda, Madura punya Karapan Sapi! Karapan Sapi adalah festival pacuan yang digelar di Pulau Madura, Jawa Timur. Di festival ini, peserta akan diuji kehebatannya dalam memacu kerbau mereka untuk mencapai garis akhir. Pemenang perlombaan ini setiap tahunnya akan menerima piala bergilir Presiden yang istimewa. Keseruan Karapan Sapi terletak di suasana saat menonton, di mana seluruh pengunjung akan berseru dan mendukung sapi mana yang menang. Seru, mengesankan, dan Indonesia banget!

Indonesia memang punya berbagai kebudayaan menarik dan unik ya! Bikin kamu makin bangga jadi orang Indonesia, kan?

Nah, supaya kamu bisa melihat langsung berbagai festival di Indonesia, mending kamu langsung rencanakan liburan bareng Airy! Di Airy, kamu bisa mendapatkan kamar penginapan dan tiket pesawat dengan harga terbaik. Bagaimana caranya? Mudah kok! Tinggal download dan install aplikasi Airy dari Google Play Store dan App Store, lalu pesan tiket pesawat dan kamar hotel yang sesuai dengan kebutuhanmu! Lalu jangan lupa follow follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, biar nggak ketinggalan informasi promo-promo menarik dan destinasi seru!

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

One Response to “13 Festival di Indonesia ini Luar Biasa Keren!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *