Mengapa Pesawat Terbang Berwarna Putih? Ini Faktanya!

Mobil dan sepeda motor yang berlalu lalang memiliki warna yang beragam, sehingga membuat jalanan seakan penuh warna. Tapi kalau kamu memperhatikan pesawat terbang yang mengudara, semuanya didominasi oleh warna putih, lho. Kenapa ya?

Bukan tanpa alasan, pesawat-pesawat terbang ini dibiarkan berwarna putih karena berbagai alasan yang bakal bikin kamu mengangguk setuju. Mau tahu fakta di balik warna pesawat terbang? Buruan baca artikel di bawah ini sampai akhir!

1. Burung lebih mudah mengenali warna putih

pesawat terbang berwarna putih

Tahukah kamu? Ternyata beberapa kecelakaan pesawat terbang terjadi akibat tertabrak oleh sekawanan burung. Menurut studi yang dilakukan oleh Purdue University dan National Wildlife Research Center pada tahun 2011 lalu, mata burung lebih mudah mengenali dan mendeteksi warna putih. Jadi pesawat yang berwarna putih beresiko lebih kecil untuk ditabrak oleh sekawanan burung.

2. Kerusakan pada pesawat lebih mudah terlihat apabila badan pesawat terbang berwarna putih

pesawat terbang berwarna putih

Apabila badan pesawat terbang berwarna putih, para teknisi mampu melihat dengan jelas setiap goresan, lubang, penyok, atau retakan pada pesawat. Jadi kerusakan bisa terdeteksi lebih cepat dan kerusakan yang ada langsung segera ditangani.

3. Lebih hemat karena meminimalkan biaya pengecatan

pesawat terbang berwarna putih

Credit: rozetka.com.ua

Warna orisinal dari pesawat yang baru keluar dari pabrik adalah putih. Sementara untuk mengecat sebuah pesawat, dibutuhkan setidaknya lebih dari 65 galon cat. Selain itu, cat yang dipilih harus cat berkualitas terbaik, karena pesawat akan mengudara sangat tinggi dan tekanan udara mampu merusak cat dengan cepat. Karena itu, mengecat pesawat dengan berbagai warna akan membuat biaya yang dikeluarkan oleh pihak maskapai jadi semakin besar.

4. Pesawat yang berwarna-warni memiliki nilai jual lebih rendah

pesawat terbang berwarna putih
Credit: mba.aero

Selain biayanya mahal, mengecat pesawat terbang membutuhkan waktu yang lama karena berukuran besar. Karena itu, pihak maskapai akan enggan membeli pesawat yang berwarna-warni mengingat banyak biaya dan waktu tambahan yang harus dikeluarkan.

pesawat terbang berwarna putih
Credit: DISboards.com

Bukan tanpa sebab, ternyata ada alasan-alasan yang sangat masuk di akal di balik warna pesawat yang didominasi warna putih, ya! Nah, sekarang, supaya  kita semua mengetahui fakta unik ini, saat melihat pesawat, kamu bisa membagikan fakta ini pada teman-teman kamu.

Untuk membeli tiket pesawat terbangmu, jangan lupa download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Pilihan maskapai dan jadwal penerbangannya lengkap banget! Dengan Airy, kapan aja bisa terbang liburan!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *