Menarik! Ini Fakta Tentang Bandara Soekarno-Hatta yang Perlu Kamu Ketahui

Bandara Soekarno-Hatta

Sudah berapa kali kamu bepergian dari atau menuju Bandara Soekarno-Hatta? Menjadi salah satu bandara tersibuk di Asia, bandara ini memiliki berbagai hal-hal menarik yang layak diulik! Mulai dari desainnya, fasilitasnya, semua punya fakta unik yang mungkin belum kamu ketahui.

Nah, supaya pengetahuanmu makin kaya dan saat ke bandara nanti kamu punya cerita yang layak dibagikan untuk teman-temanmu, ayo simak 6 fakta tentang Bandara Soekarno-Hatta di bawah ini!

Dibangun pada tahun 1975-1981 dan diresmikan pada tahun 1985

Bandara Soekarno-Hatta
Credit: airliners.net

Jauh sebelum Bandara Soekarno-Hatta dibangun, Indonesia telah memiliki bandara internasional komersial pertama bernama Bandara Kemayoran. Bandara ini dibangun tahun 1940. Pesawat yang beroperasi di sana adalah pesawat DC-3 Dakota, milik perusahaan penerbangan Hindia Belanda bernama Koninklijke Nederlandsch-Indische Luchtvaart Maatschappij (KNILM).

Bandara Soekarno-Hatta
Credit: Fauzihamro.com

Tapi pada tahun 1985, bersamaan dengan diresmikannya Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten, Bandara Kemayoran dinonaktifkan. Alasannya karena jarak Bandara Kemayoran terlalu dekat dengan basis militer Indonesia. 

Coba tebak siapa yang mendesain bandara ini!

Bandara Soekarno-Hatta
Credit: architecturaldigest.com

Paul Andreu adalah arsitek asal Perancis yang berjasa merancang bandara spektakuler ini. Bagaimana tak disebut spektakuler? Bandara ini didesain dengan taman-taman yang hijau yang bisa dinikmati pengunjung dari dalam bandara.

Bandara Soekarno-Hatta
Credit: sk.wikipedia.org

Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta juga mengusung arsitektur bertema Bali, Jawa, serta ukiran bergaya Sumatera, Papua, Jawa, dan Bali. Indah sekali, ya!

Ada hotel kapsul di Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Soekarno-Hatta
Credit: len-diary.com
Bandara Soekarno-Hatta
Credit: liputan6.com

Ini inovasi yang sangat tepat! Beberapa waktu yang lalu, PT Angkasa Pura II bekerja sama dengan Capsule Indonesia untuk menghadirkan Digital Airport Hotel di terminal 3 bandara ini. Tujuannya adalah untuk menyediakan tempat beristirahat yang praktis dan efisien untuk kamu yang ingin beristirahat. Tertarik ingin mencobanya?

Dilengkapi kereta bandara yang artistik dan elegan!

Bandara Soekarno-Hatta
Credit: VenueMagz.com

Tanggal 2 Januari tahun 2018 yang lalu, Presiden Joko Widodo meresmikan kereta bandara dan beliau langsung mencoba menaiki kereta tersebut. Punya fasilitas seperti pesawat, penumpang akan dimanjakan dengan kursi yang bisa diatur kemiringan dan sandaran tangannya, dilengkapi charging port, toilet yang bersih, full AC, serta TV untuk menghibur para penumpang selama perjalanan. Jadi saat akan berangkat ke bandara, tak perlu khawatir dengan jalanan yang macet, karena kini kamu bisa menggunakan kereta!

Hebat ya. Ternyata bandara-bandara di Indonesia memiliki kelebihan masing-masing untuk membuat para penumpang semakin nyaman untuk bepergian melewati bandara ini. Nah, untuk keberangkatanmu dengan pesawat terbang, pesan tiket pesawatmu dari Airy. Download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Supaya lebih irit, jangan lupa follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, karena ada berbagai promo menarik yang bisa kamu gunakan setiap hari!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *