Bukan Bandara Soekarno-Hatta, Ternyata Bandara Ini yang Punya Landasan Pacu Terpanjang di Indonesia

Landasan Pacu TerpanjangHingga saat ini, Bandara Soekarno-Hatta adalah bandara terbesar di Indonesia, dengan luas mencapai lebih dari 1.740 Ha. Tapi tahukah kamu, walaupun Soekarno-Hatta adalah bandara terluas, ternyata landasan pacu terpanjang di Indonesia bukan ada di bandara ini, lho.

Landasan pacu atau runway adalah tempat pesawat melakukan take off dan landing. Jadi benda ini memiliki peran yang sangat penting dalam penerbangan.

Lalu, bandara apa yang punya landasan pacu terpanjang di Indonesia ini? Yuk, simak artikel di bawah ini yang lengkap dengan daftar bandara-bandara lainnya yang juga memiliki landasan pacu panjang!

Bandara Hang Nadim, Batam (4.025 meter)

Landasan Pacu Terpanjang
Credit: Merdeka.com

Ini dia bandara dengan landasan pacu terpanjang di Indonesia: Bandara Hang Nadim. Bandara yang berlokasi di kota industri ini layak jadi kebanggaan masyarakat Batam, dengan panjang runway 4.025 m atau setara dengan 4 km. wah, panjang banget, ya. Kalau ditempuh dengan sepeda motor, setidaknya kamu butuh waktu 15 hingga 20 menit di jalan!

Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Medan (3.750 meter)

Landasan Pacu Terpanjang
Credit: aeronef.net

Sebenarnya bandara ini terletak di Kabupaten Deli Serdang, yang jaraknya masih sekitar 37 km dari Kota Medan. Tapi karena orang-orang lebih familiar dengan Kota Medan, maka bandara ini sering disebut berada di Medan. Coba tebak, berapa panjangnya runway di Bandara Kualanamu ini? 3.750 m! Dengan landasan pacu sepanjang ini, Bandara Kualanamu mendapat predikat bandara dengan landasan pacu terpanjang nomor 2 di Indonesia!

Bandara Soekarno-Hatta, Banten (3.660 meter)

Landasan Pacu Terpanjang
Credit:blog.davestpay.com

Didapuk sebagai bandara terluas di Indonesia, tak heran kalau Bandara Soekarno-Hatta juga memiliki landasan pacu yang panjang. Sebagai salah satu bandara yang memiliki penerbangan yang sangat padat dan sibuk, bandara ini memiliki runway dengan panjang 3.660 m.

Bandara Frans Kaisiepo, Biak, Papua (3.571 meter)

Landasan Pacu Terpanjang
Credit: inspirasi-traveling.blogspot.com

Dulunya, bandara ini merupakan bandara milik Belanda yang diberi nama Bandara Mokmer. Lalu pada tahun 1984, pemerintah Indonesia mengubah nama bandara ini menjadi Bandara Frans Kaisiepo, yang diambil dari nama salah seorang pahlawan nasional Indonesia yang lahir di Biak, Papua. Bandara Frans Kaisiepo ini memiliki runway sepanjang 3.571 m dan saat ini dikelola oleh PT Angkasa Pura I.

Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar (3.100 meter)

Landasan Pacu Terpanjang
Credit: breakingnews.co.id

Selain dilengkapi fasilitas bak pusat perbelanjaan seperti: berbagai ritel makanan dan minuman, tempat belanja oleh-oleh, serta arena bermain anak, Bandara Sultan Hasanuddin juga salah satu bandara yang memiliki landasan pacu terpanjang di Indonesia, yaitu 3.100 m, atau setara dengan 3,5 km. wah, hebat ya!

Nah, itulah tadi 5 bandara di Indonesia dengan landasan-landasan pacu terpanjang. Kalau kamu berangkat atau pergi dari bandara ini, jangan lupa perhatikan kemegahan runway ini ya! Untuk tiket pesawatmu, booking di Airy saja! Download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Jangan lupa follow juga media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Ada banyak promo yang menunggu kamu setiap hari!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *