7 Instruksi Penerbangan yang Wajib Dipatuhi dan Dipahami

instruksi penerbanganSaat bepergian dengan pesawat terbang, sebelum pesawat lepas landas, kamu akan mendapat instruksi dari awak kabin tentang beberapa informasi yang sangat diperlukan demi menjamin keselamatan selama mengudara. Mulai dari membuka penutup jendela saat take off dan landing, memakai sabuk pengaman, mematikan telepon genggam, dan instruksi-instruksi penerbangan yang lainnya.

Pernahkah kamu bertanya-tanya apa tujuan dari instruksi penerbangan tersebut? Ternyata, tujuannya adalah untuk mengantisipasi kecelakaan dan menjaga keamanan kamu dan seluruh penumpang pesawat, sehingga kamu wajib mematuhi dan memahami seluruh instruksi penerbangan tersebut.

Lalu, apa makna dan tujuan masing-masing instruksi tersebut? Supaya kamu makin serius memperhatikan instruksi yang dipraktekkan dan dijelaskan para awak kabin, yuk, ketahui fakta-fakta tentang instruksi penerbangan di bawah ini!

1. Memasukkan barang bawaan ke dalam bagasi atau di bawah kursi

instruksi penerbangan
Credit: pinterest.co.uk

Saat di pesawat terbang, kamu dihimbau untuk tidak meletakkan barang-barang kamu sembarangan. Alasannya adalah, supaya barang-barang tidak mengganggu akses jalan para penumpang dan awak kabin yang melewati lorong pesawat. Lalu, kamu juga diminta untuk tidak memangku barang yang berukuran besar untuk menghindari cedera apabila terjadi kecelakaan atau keadaan darurat.

2. Mematikan telepon genggam dan segala alat elektronik yang bisa memancarkan sinyal

instruksi penerbangan
Credit: lifebuzz.com

Sebelum terbang, kamu akan diminta untuk mematikan seluruh alat elektronik atau mengaturnya dengan airplane mode. Alasannya adalah karena sinyal yang dipancarkan gadget milikmu ternyata bisa mengganggu navigasi dan bisa membuat pilot kesulitan berkomunikasi dengan menara bandara (ATC). Akibatnya fatal, lho. Pilot bisa salah membaca panel instrumen. Jadi saat terbang dengan pesawat, jangan lupa matikan seluruh alat elektronik milikmu, ya!  

3. Seluruh penumpang diminta untuk duduk pada kursi masing-masing

instruksi penerbangan
Credit: garuda-indonesia.com

Tujuan kamu diminta untuk duduk pada kursi masing-masing adalah, karena di bawah setiap kursi penumpang tersedia alat keselamatan berupa masker oksigen dan baju pelampung yang bisa langsung kamu ambil bila terjadi keadaan darurat. Selain itu, duduk di kursi masing-masing juga bertujuan untuk memudahkan proses identifikasi apabila terjadi kecelakaan pesawat.

4. Menegakkan sandaran kursi

instruksi penerbangan
flipboard.com

Kursi yang sandarannya ditegakkan mempunyai kondisi yang paling kokoh dan stabil. Bukan hanya itu, kursi yang tegak mampu meminimalkan kondisi cedera dan membuat penumpang yang duduk di belakang kursi bisa keluar dengan lebih murah karena tidak terhalang sandara kursi.  

5. Membuka penutup jendela

instruksi penerbangan
Credit: shutterstock.com

Pernahkah kamu terbang di siang hari dan sinar matahari terlalu terang dan silau? Pasti kamu ingin menutup jendela di sebelahmu, kan? Tapi pada saat pesawat hendak take off atau landing, awak kabin akan memintamu membuka penutup jendela. Tujuannya adalah, agar kamu, seluruh penumpang, dan kru pesawat dapat melihat keadaan di luar pesawat dan apabila terjadi hal darurat bisa langsung diketahui dan segera ditangani.

6. Mengencangkan sabuk pengaman

instruksi penerbangan
Credit: stuff.co.nz

Apabila terjadi guncangan, kalau kamu tidak menggunakan sabuk pengaman, kamu akan beresiko terjatuh dan mengakibatkan cedera. Sangat tidak aman kan? Nah, untuk mencegah hal ini, kamu diminta untuk menggunakan dan mengencangkan sabuk pengaman saat pesawat tengah mengudara.

7. Melipat meja di hadapan kamu

instruksi penerbangan
Credit: CNN.com

Saat ada di pesawat terbang, apakah kamu sering membuka meja yang ada di depanmu? Baik untuk meletakkan makanan, membaca buku, atau sekadar untuk meletakkan tangan. Tapi awak kabin akan memintamu untuk melipat meja saat pesawat akan take off atau landing. Ternyata, tujuannya adalah untuk memudahkan kamu keluar apabila dibutuhkan proses evakuasi.

Nah, itulah tadi 7 instruksi penerbangan yang tak boleh dianggap sepele dan harus kamu patuhi, ya! Supaya perjalanan kamu menggunakan pesawat terbang semakin aman dan nyaman. Mau bepergian tapi belum punya tiket pesawat? Saatnya kamu download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Pesan tiket pesawat atau kamar hotel jadi makin praktis! Apalagi kalau kamu follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Ada banyak promo untuk kamu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *