Ini dia 5 Tempat Mencoba Wisata Kopi Terbaik di Indonesia!

wisata kopi

Industri kopi di Indonesia mulai terkenal sejak beberapa tahun terakhir. Munculnya berbagai kedai kopi yang mempromosikan biji-biji kopi dari seluruh Indonesia berpengaruh besar terhadap naiknya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap kualitas kopi lokal. Karena kesadaran ini, mulai banyak bermunculan destinasi wisata kopi yang asik dan hits di Indonesia. Penasaran di mana aja? Yuk cek!

1. Gayo, Aceh

wisata kopi
Credits: zalcoffee.com
wisata kopi
Credits: pecintakopiaceh.blogspot.com

Biji Kopi Gayo adalah salah satu biji kopi paling terkenal yang beredar di Indonesia dan juga luar negeri. Tidak hanya kopi nya saja yang enak, kebun kopi Gayo juga indah untuk dikunjungi. Salah satu objek wisata kopi yang sering dikunjungi di daerah Gayo adalah Danau Lut Tawar. Objek wisata kopi di ketinggian 1.100 meter diatas permukaan laut ini menjual biji kopi yang diolah secara tradisional oleh warga sekitar. Kalau liburan ke tempat ini, kamu juga bisa memesan dan minum kopi langsung di sana tanpa harus membeli biji kopi nya.

2. Liwa, Lampung

wisata kopi
Credits: kratonpedia.com
wisata kopi
Credits: viva.co.id

Lampung adalah salah satu penghasil biji robusta terbesar di Indonesia, dengan jumlah produksi mencapai 100.000 ton setiap tahunnya. Salah satu dari daerah wisata kopi yang ada di sana adalah daerah Liwa, Lampung Barat. Daerah ini terkenal dengan perkebunan luas dan kental nya bau kopi yang disajikan oleh kedai-kedai kopi yang berada di sekitar perkebunan. Saking terkenalnya, daerah ini menjadi salah satu lokasi film Filosofi Kopi (2015).

3. Bolokan, Toraja

wisata kopi
Credits: cubes-asia.com
wisata kopi
Credits: dzargon.com

Daerah Toraja adalah salah satu penghasil kopi arabika yang terkenal di Indonesia dan mancanegara. Biasa dipasarkan dengan merek dagang Toraja Arabica Coffee, perkebunan kopi di daerah Toraja banyak menarik wisatawan yang ingin merasakan kopi Toraja secara langsung. Salah satu objek paling terkenal di daerah tersebut adalah Perkebunan Sulotco yang terletak di Bolokan. Perkebunan kopi yang sudah ada dari jaman Belanda ini memiliki luas sekitar 800 hektar. Bercampurnya aroma kopi yang sedap dengan sejuknya udara di tanah Toraja menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi para pecinta kopi yang pernah datang kesana. Mantap, deh!

4. Kintamani, Bali

wisata kopi
Credits: Stephanie Martha Potography
wisata kopi
Credits: instagram.com/kopikintamani

Tidak hanya pesona pantai dan budaya yang dikenal luas, industri kopi di Kintamani, Bali juga memiliki reputasi yang baik di Indonesia dan mancanegara. Hal ini dikarenakan oleh tinggi nya daerah Kintamani dan cuaca yang mendukung untuk menanam pohon kopi. Nah, salah satu keunikan yang bisa kamu temukan di daerah ini adalah cara pengolahan biji kopi yang dipanen. Apabila biasanya biji kopi dikeringkan dahulu sebelum dikupas, warga perkebunan di Kintamani mengupas biji kopi sebelum dikeringkan, sehingga warna biji kopi Kintamani cenderung lebih terang dibandingkan kopi lain. Kamu juga dapat berpartisipasi dengan ikut memetik, mengolah, dan minum langsung kopi yang ada dari perkebunan. Asik banget ya!

5. Temanggung, Jawa Tengah

wisata kopi
Credits: republika.co.id
wisata kopi
Credits: posong-indonesia.com

Apabila kamu penasaran dengan proses dan rasa dari biji kopi dari Temanggung, maka kamu dapat mengunjungi Temanggung Coffee House yang terletak di Desa Kedu, Temanggung, Jawa Tengah. Di tempat ini kamu bisa menikmati pemandangan luas yang asri bercampur dengan aroma kopi Temanggung yang harum. Pas banget buat wisata kopi santai bersama teman dan keluarga!

Kalau kamu ngaku pecinta kopi, maka kamu harus coba mengunjungi objek wisata kopi di atas. Kamu bisa menambah pengetahuan sambil menikmati berbagai kopi nikmat dari daerah lokal nusantara. Selain daftar di adas, ada juga berbagai tipe kopi di Indonesia yang cocok kamu telusuri. Kamu bisa cek berbagai biji kopi terenak di Indonesia lainnya di sini. Wah, jadi bangga deh sama industri kopi di Indonesia!

Sudah penasaran sama rasa dan suasana berbagai wisata kopi di atas? Jangan khawatir, kamu bisa langsung merencanakan liburan kamu ke berbagai tempat tadi di Airy! Caranya mudah, tinggal download Airy Apps melalui Google Play Store atau App Store aja, kok! Jangan lupa follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms biar gak ketinggalan informasi promonya!

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Header and featured image credit: iyakan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *