Unik! Ternyata Ini Arti dari Nama 6 Jajanan Bandung Ini!

Jajanan BandungSelain terkenal sebagai pusatnya fashion dan gudangnya destinasi wisata kekinian, Bandung juga punya ratusan kuliner lezat yang layak kamu cicipi. Mulai dari makanan manis, gurih sampai yang rasanya pedas banget, semuanya ada di Bandung.

Nah yang bikin makanan-makanan ini terlihat berbeda dengan makanan dari kota lainnya adalah penggunaan akronim pada penamaan makanannya. Maksudnya gimana sih? Daripada penasaran, langsung aja simak artikel tentang kuliner Bandung ini!

1. Populer sejak era 80-an, jajanan ini bernama CIRENG = Aci digoreng

Jajanan Bandung
Credit: Instagram.com/fithrotal_chaq

Sebelum lanjut ke kuliner lainnya, kamu harus tahu dulu apa itu aci, karena Bandung punya banyak jajanan yang bahan dasarnya adalah aci. Aci adalah sebutan dari tepung tapioka dalam Bahasa Sunda. Jadi, cireng berarti tepung tapioka yang digoreng!

Jajanan Bandung
Credit: kompaswisata.com

Di Jawa Barat, Cireng biasanya dipadukan dengan bumbu rujak, yang bahan pembuatannya terdiri dari: cabe rawit, asam jawa, garam serta gula merah. Cocol Cireng ke dalam bumbu rujak dan nikmati, wah, rasanya mantap!

2. CILOK = Aci dicolok. Makin nikmat disajikan dengan bumbu kacang

Jajanan Bandung
Credit: Tribunnews.com

Jajanan ini biasa dijual oleh pedagang yang menggunakan sepeda kayuh atau sepeda motor. Cilok biasanya disimpan di dalam panci tong berukuran besar. Saat ada pembeli, si penjual akan mengambil cilok tadi dengan cara dicolok menggunakan garpu atau lidi.

Jajanan Bandung
Credit: fourlook.com

Begitu juga dengan cara penyajiannya. Cilok akan dimasukkan ke dalam plastik bening dan kamu bisa menikmatinya dengan cara mencolok aci dengan lidi. Kamu yang suka makanan berbumbu kacang wajib coba, ya!

3. CILOR = Aci telor, jajanan favorit yang sering ditemukan di sekolahan

Jajanan Bandung
Credit: brilio.net

Pembuatan dan rasanya mirip dengan Cireng, bahan dasarnya sama-sama tepung tapioka yang digoreng. Bedanya, sebelum digoreng, Cilor akan dibalur dengan kocokan telur terlebih dahulu. Jajanan ini sering dijual di depan sekolahan, jadi wajar saja jika Cilor menjadi salah satu jajanan favorit mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa. Kamu sendiri, sudah pernah cicipi Cilor, belum?

4. Sering beli, tapi mungkin kamu belum tahu kan, kalau Es DOGER adalah singkatan dari Es Dorong Gerobak?

Jajanan Bandung
Credit: Kompasiana.com

Pada umumnya, para penjual Es Doger berjualan menggunakan gerobak yang didorong. Seiring berjalannya waktu, beberapa penjual sudah menggunakan motor untuk menjajakan jualannya. Namun tetap saja, sejarah es ini sudah melekat pada namanya.

Jajanan Bandung
Credit: ja.wikipedia.org

Meski Bandung terkenal memiliki udara yang sejuk, pada waktu siang hari, matahari tetap saja terasa sangat terik. Itulah kenapa es yang terbuat dari campuran sirup, susu, roti, ketan dan es serut ini sangat laku dan diminati banyak warga Bandung!

5. Biasa dipikul di pundak penjualnya, siapa sangka Bakso CUANKI adalah singkatan dari Cari Uang Sambil Jalan Kaki

Jajanan Bandung
Credit: Ulinulin.com

Soal singkatan makanan, masyarakat Bandung memang juaranya! Terinspirasi dari cara penjual menjajakan jualannya, bakso ini diberi nama Bakso Cuanki, Cari Uang Jalan Kaki. Kreatif banget, ya!

Jajanan Bandung
Baksoguide.blogspot.com

Di balik namanya yang punya makna unik, Bakso Cuanki punya cita rasa yang nikmat. Terdiri dari: bakso bulat, bakso tahu, dan bakso kulit pangsit, Bakso Cuanki cocok banget untuk mengisi perutmu yang kosong sehabis berkeliling di Kota Bandung.

6. Kalau biasanya bakso punya tekstur yang lembut, Di Bandung kamu mesti coba BASRENG, Bakso Goreng

Jajanan Bandung
Credit: tokoerju.com

Bakso Goreng atau Basreng memiliki rasa yang renyah dan berbunyi kriuk..kriuk.. saat dikunyah. Selain teksturnya yang berbeda dari bakso pada umumnya, Basreng ini terasa makin nikmat dengan taburan bumbu kering aneka rasa, seperti: balado, sapi panggang hingga rasa yang lebih modern seperti BBQ dan keju.

Jajanan Bandung
Credit: kudo.co.id

Karena jajanan ini sangat digemari dan dicari banyak orang, saat ini, Basreng juga tersedia dalam bentuk kemasan yang bisa disimpan berhari-hari. Jadi kalau liburan ke Bandung, kamu bisa memilih Basreng sebagai oleh-oleh.

Jangan sungkan-sungkan untuk langsung ke Bandung dan buktikan sendiri kelezatan jajanan-jajanan di atas. Download dan Install Airy App melalui Google Play Store dan App Store, booking tiket pesawat dan Kamar Airy untuk liburan yang lebih nyaman! Pesan di Airy juga bisa lebih hemat asalkan kamu follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Ada promo menarik yang bisa kamu gunakan setiap hari! Seru banget kan?

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *