Tak Mau Ketinggalan Zaman, 4 Jajanan Tradisional Ini Diolah Jadi Lebih Modern!

Ayo bernostalgia! Apa jajanan favoritmu di masa sekolah dulu? Ada telur gulung, kue cubit, permen gulali, martabak, cireng, sampai mochi. Banyak banget ya jajanan tradisional yang bikin kangen sama masa kecil.

Tapi tenang, kerinduanmu pada jajanan zaman sekolah dulu bisa terbayar dengan ‘jajanan tradisional jaman now’, lho. Camilan masa kecilmu dulu kini sudah bertransformasi jadi makanan modern yang nge-hits. Mulai dari martabak yang dibalur coklat melimpah, kue cubit yang ditaburi irisan keju, hingga pisang goreng dengan topping kekinian. Wah, masih paragraf pembuka saja sudah ngiler duluan. Baca sampai habis deh, dijamin bikin kamu tambah lapar!

1. Nikmati lelehan keju mozarella di atas cireng modern ini

transformasi jajanan sekolah
Credit: okedisini.com

Ini transformasi jajanan tradisional yang pertama. Cireng yang merupakan singkatan dari aci goreng ini adalah jajanan berbahan dasar tepung tapioka dan tepung kanji. Rasanya yang gurih seringkali dipadukan dengan bumbu balado pedas atau asin, lalu disajikan di dalam plastik bening dengan tusukan dari lidi.

transformasi jajanan sekolah
Credit: idntimes.com

Sudah pernah coba cireng dengan varian rasa yang baru? Bukan hanya sekedar ditaburi bumbu kering, Cireng yang kekinian kini semakin hits dengan mozarella di atasnya. Coba bayangkan cireng yang kenyal dengan lelehan mozarella menyatu dalam sekali gigitan. Mantap!     

2. Remahan biskuit, selai coklat, hingga matcha ada di atas si imut kue cubit jaman now

transformasi jajanan sekolah
Credit: food.detik.com

Ada yang tau kenapa kue ini dinamakan kue cubit? Apa kalau mau beli kamu harus dicubit? Tidak, kok! Katanya sih setelah kue matang, penjualnya akan mencubit camilan ini dari cetakannya menggunakan alat pencapit.

transformasi jajanan sekolah
Credit: resticahayar.blogspot.com

Kalau dulu kamu biasa menemukan jajanan ini di depan sekolah, kini kue cubit dijual di kafe-kafe keren tempat nongkrong anak-anak gaul. Karena mengikuti zaman, rasa kue cubit juga semakin bervariasi. Ada rasa red velvet, matcha, coklat dan keju yang nikmat. Rasa apa yang sudah pernah kamu coba?

3. Wajib coba pisang goreng yang disajikan dalam bentuk nugget pisang

transformasi jajanan sekolah
Credit: PergiKuliner.com

Masih ingat gimana rasanya pisang goreng di sekolahmu dulu? Dibalut adonan tepung terigu dan tapioka, digoreng hingga krispi, lalu disajikan selagi hangat. Ketika digigit, kress! Bunyinya sangat garing!

transformasi jajanan sekolah
Credit: solo.tribunnews.com

Pisang goreng terbaru kini dikemas lebih modern dalam bentuk nugget. Pisang yang telah dihancurkan kemudian dicampur dengan tepung terigu, mentega, telur, dan berbagai bahan dasar lainnya, dibentuk seperti persegi panjang, lalu digoreng. Rasanya sangat beragam, mulai dari coklat, matcha, almond, tiramisu, hingga rasa susu. Yang mana rasa favoritmu?

4. Mochi es krim yang manis dan creamy

transformasi jajanan sekolah
Credit: cookpad.com

Mochi tradisional biasanya ditemukan di daerah Jawa Barat. Selain jadi jajanan anak sekolahan, mochi juga sering dijadikan oleh-oleh khas daerah ini. Sering disajikan menggunakan keranjang bambu, jajanan kenyal ini biasa diisi dengan kacang tanah yang manis dan renyah.

transformasi jajanan sekolah
Credit: resepjajananindo.blogspot.com

Untuk varian Mochi yang satu ini kamu patut coba. Jika pada umumnya Mochi diisi dengan kacang tanah, Mochi yang satu ini diisi dengan es krim yang lembut dan creamy. Rasa es krimnya juga berbeda-beda, ada rasa vanila, coklat, choco chips, cheesecake, hingga tiramisu. Siang-siang makan mochi es krim, pasti nikmat!

5. Martabak manis dengan berbagai topping yang melimpah

bismaputra.j@gmail.com
Credit: merdeka.com

Jajanan tradisional yang satu ini terkenal dengan rasanya yang manis dan legit. Kalau di sekolahan, biasanya martabak manis dijual dengan versi mini dan harganya lebih murah. Adonan tepung terigu, telur, dan gula ini dimasak sampai mengeluarkan aroma sedap, kemudian disajikan dengan toping coklat, keju, atau kacang.

bismaputra.j@gmail.com
Credit: eanindya.com

Kalau sekarang, para pengusaha martabak yang kreatif mulai berinovasi dengan varian rasa baru. Mirip dengan rasa makanan kekinian lainnya, martabak ini diberi topping coklat, keju, matcha, almond, serta marshmello dalam 1 ukuran martabak. Jadi bisa icip-icip semua rasa nih.

Dari 5 jajanan yang disulap jadi makanan kekinian di atas, mana yang menjadi favoritmu? Jangan lupa untuk mencicipi kuliner di atas saat pergi berlibur, ya! Siapkan juga tiket pesawat dan kamar hotelmu dengan memesan melalui Airy. Cukup download dan install Airy App dari Google Play Store atau App Store, liburanmu jadi lebih hemat!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *