5 Minuman Tradisional Indonesia yang Wajib Kamu Coba

Minuman Tradisional Indonesia

Indonesia adalah negeri yang kaya dengan rempah-rempah. Gak heran hampir setiap masakan dan kuliner di Indonesia dipenuhi dengan paduan rempah-rempah yang bercita rasa unik dan lezat. Rempah-rempah ini gak hanya dimanfaatkan untuk hidangan tradisional saja, lho. Cara lain yang sering dilakukan warga untuk memanfaatkan rempah-rempah Indonesia adalah dengan menjadikannya minuman tradisional.

Penasaran minuman tradisional Indonesia apa saja yang nikmat dan wajib untuk kamu coba? Yuk, Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Bajigur

Minuman Tradisional Indonesia
Credit: jajananpasarnusantara.blogspot.com

Bajigur merupakan minuman tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat. Bajigur terbuat dari bahan-bahan tradisional seperti: santan, gula jawa, gula pasir, kopi, daun pandan, dan garam. Biasanya minuman berkhasiat ini dihidangkan pada sore hari sambil ditemani camilan ringan seperti singkong atau kacang rebus.

Bir Pletok

Minuman Tradisional Indonesia
Credit: craftlog.com

Minuman tradisional Indonesia yang satu ini sudah ada dari zaman Belanda, lho! Bir Pletok adalah minuman khas Betawi yang terbuat dari kayu secang, jahe, cabe jawa, pala, cengkeh, kapulaga, daun pandan, sereh wangi, gula, lada, kayu manis dan daun jeruk. Bir pletok ini berkhasiat untuk menghangatkan badan dan juga kaya akan vitamin yang bermanfaat untuk memberikan energi untuk tubuh kamu, lho!

Sekoteng

Minuman Tradisional Indonesia
Credit: Wikipedia.com

Sudah pernah coba sekoteng? Berasal dari Jawa Tengah, ‘sekoteng’ adalah singkatan dari kata ‘nyokot weteng’, yang memiliki arti menggigit perut dalam bahasa Jawa. Terbuat dari dari ramuan jahe, gula merah, kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti, setelah mengkonsumsi minuman ini, perut kamu akan terasa hangat! Penasaran untuk mencobanya? kamu bisa menemukan sekoteng di pasar tradisional atau alun-alun kota.  

Sarabba

Minuman Tradisional Indonesia
Credit: beritagar.id

Sarabba adalah minuman khas Makassar yang dipercaya dapat memulihkan stamina dan menyembuhkan berbagai penyakit seperti pilek, masuk angin dan perut kembung. Minuman tradisional Indonesia ini terbuat dari bahan-bahan tradisional seperti jahe, kayu manis, cengkeh, gula aren, santan, merica bubuk, dan kuning telur. Kalau kamu liburan ke Makassar, jangan lupa untuk nyobain sarabba, ya!

Bandrek

Minuman Tradisional Indonesia
Credit: resepgulaku.com

Nah, kalau minuman tradisional Indonesia ini pasti sudah banyak yang tahu. Bandrek adalah minuman tradisional khas Bandung yang terbuat dari rempah-rempah seperti cengkeh, jahe, pala, lada hitam dan gula aren. Minuman tradisional yang cukup populer ini sekarang semakin mudah untuk dinikmati karena sudah banyak produk bandrek yang bisa dibuat dengan instan atau dalam kemasan. Kalau kamu jatuh sakit dan ingin obat tradisional yang alami, kamu bisa coba minum bandrek sebagai pertolongan pertama.  

Itu dia 5 minuman tradisional Indonesia yang wajib kamu coba! Ternyata Indonesia memiliki banyak kuliner tradisional yang unik dan nikmat, ya! Penasaran mau cobain menu makanan khas indonesia yang lain? Yuk, wisata kuliner keliling Indonesia! Booking tiket pesawat dan kamar kamu melalui Airy, biar lebih praktis. Tinggal Download dan Install Airy App melalui Google Play Store dan App Store aja, kok! Kalau mau lebih hemat, kamu bisa lihat info promonya dengan follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms.

Untuk Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *