Bikin Pengin Nambah. Ini Kuliner Ambon yang Wajib Kamu Coba!

Kuliner Ambon

Kali ini Airy pengin ngajak kamu wisata kuliner ke Ambon! Pulau yang terkenal dengan kekayaan alam yang indah ini ternyata memiliki kuliner yang lezat-lezat! Mulai dari makanan ringan yang manis, sambal colo-colo yang unik, sampai makanan khas yang kaya dengan rempah, semua bisa kamu temukan di Ambon! Mau tahu selengkapnya? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini!

Roti Kering Kenari

Kuliner Ambon

Credit: amboinakampoengkoe.wordpress.com

Sekilas kuliner Ambon ini terlihat seperti roti tawar biasa, namun yang membedakannya adalah taburan gula dan cacahan kacang kenari yang melimpah. Roti kenari biasanya dijadikan oleh-oleh dari Ambon yang begitu khas. Memiliki tekstur renyah dan rasa yang manis, makanan ini cocok untuk dijadikan camilan ringan!

Nasi kelapa

Kuliner Ambon

Credit: traveltodayindonesia.com

Kuliner yang satu ini adalah hidangan andalan Ambon! Nasi kelapa adalah nasi yang dimasak dengan santan kelapa. Hidangan ini memang terdengar seperti nasi uduk biasa, namun yang membedakannya adalah cara pembuatannya yang unik. Nasi kelapa khas Ambon dibuat dengan cara memasak nasi dua kali menggunakan santan. Hal ini dilakukan supaya rasa santannya lebih meresap dan terasa. Hidangan ini semakin spesial dan lezat, dengan tambahan sambal kelapa yang bikin nagih. Penasaran nyoba?

Ikan Asar

Kuliner Ambon

Credit: pesonaamboncity.blogspot.com

Mau nyobain kuliner Ambon yang unik dan beda dari yang lainnya? Cobain aja ikan asar. Kuliner ini adalah ikan bakar yang dibuat dengan cara khusus, yaitu dengan membakar ikan menggunakan bungkusan daun pisang dan olesan saus spesial. Ikan yang biasanya digunakan adalah ikan tongkol. Tapi kamu juga bisa menemukan pilihan lain seperti ikan tuna dan ikan cakalang! Kamu bisa menemukan hidangan lezat ini di pasar tradisional seperti Pasar Mardika.

Sambal colo-colo

Kuliner Ambon

Credit: youtube.com/Tastemade

Kalau Bali punya sambal Matah, Padang punya sambal cabe Ijo, Ambon juga punya sambal khas sendiri, lho! Namanya adalah sambal colo-colo. Sambal ini biasanya jadi pelengkap kuliner khas Ambon lainya, seperti ikan asar, nasi kelapa, nasi lapola, dan masih banyak lagi. Terbuat dari daun seledri, daun kemangi, bawang merah, cabai rawit, tomat, dan jeruk nipis, sambal ini memiliki cita rasa pedas dan asam yang bakalan bikin kamu pengin nambah terus!

Nasi lapola

Kuliner Ambon

Credit: youtube.com/PENDIDIKANSOSIOLOGIUPI

Terakhir adalah menu nasi lapola. Kuliner khas Ambon ini terbuat dari campuran nasi dan kacang kedelai merah. Kalau kamu mau membuat sendiri di rumah, caranya gampang, kok! Hanya perlu mencampurkan nasi yang sudah setengah matang dengan kacang kedelai merah, garam, dan kelapa parut. Rasa hidangan ini lezat, gurih, dan memiliki tekstur nasi yang begitu empuk dan lembut!

Itu dia ragam kuliner Ambon! Jadi pengin cepat-cepat nyobain, ya? Makanya buruan booking kamar dan tiket pesawat melalui Airy, supaya wisata kulinernya lebih nyaman dan praktis! Caranya tinggal download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store aja, kok! Mau liburan hemat? Pasti bisa, follow aja media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms! Ada banyak informasi promo menarik untukmu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *