Kedai “Kopi Tuku” Jadi Favorit Baru Penikmat Kopi di Jakarta

Belakangan ini, salah satu kedai kopi yang berada di bilangan Cipete Jakarta Selatan mendadak ramai. Tempatnya tak begitu besar, nama kedai tersebut pun mungkin baru hanya dikenal oleh kalangan pecinta kopi di Jakarta saja. Meski demikian, kedai kopi yang dikenal dengan nama ‘Kopi Tuku’ ini sempat dikunjungi oleh orang nomor satu di Indonesia alias Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Sontak kedai Kopi Tuku yang jika dilihat sekilas nampak seperti toko penjual kopi ketimbang kafe dan sebagainya ini, mendadak dikenal secara lebih luas lagi. Pertanyaan pun timbul di benak, apa saja sih yang disajikan di kedai kopi yang konon, awalnya sengaja dirancang bukan sebagai tempat untuk menikmati kopi berlama-lama ini?

Layaknya sebuah toko penjual kopi

Jika ditanya, sang pemilik kedai Kopi Tuku, Andanu Prasetyo mungkin akan lebih “nyaman” jika kedai miliknya ini lebih dikenal sebagai toko penjual kopi. Menurut informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Kopi Tuku awalnya sengaja dirancang sebagai tempat untuk berbelanja kopi yang langsung dibawa pulang. Mulanya Kopi Tuku hanya menargetkan calon konsumen di sekitaran wilayah Cipete. Meski demikian kedai ini mulai dikenal luas oleh masyarakat Jakarta dari mulut ke mulut.

Tidak halnya seperti kafe dan sejenisnya, Kopi Tuku bisa dikatakan kedai kopi modern yang “tampil” sangat sederhana. Sebagai contoh, fasilitas WiFi yang seolah wajib ada di setiap coffee shop ditiadakan di tempat ini. Namun, seiring namanya kian mencuat, banyak penikmat kopi yang justru ingin betah berlama-lama di tempat ini. Apalagi alasannya kalau bukan karena sajian kopinya yang menggoda selera.

Racikan kopi yang kaya akan rasa

Selain terkenal karena kedatangan Presiden Jokowi yang mendadak, Kopi Tuku juga disebut-sebut punya racikan kopi yang nikmat, berikut dengan harganya yang amat terjangkau. Menu yang tersaji cukup menarik, mulai dari kategori Kopi Tetangga, Kopi Premium, Kopi Rasa-Rasa, dan kategori Selain Kopi. Dari sekian kategori yang tertera, kategori Kopi Tetangga cukup membuat penasaran pengunjung. Seperti yang dilansir oleh DetikFood (27/9/16), kategori Kopi Tetangga memang sengaja diracik untuk tetangga sekitar. Harganya pun lebih murah ketimbang kategori lain karena menggunakan bahan-bahan Arabica seperti Kopi Aceh Gayo, Garut, serta biji kopi lain yang memiliki grade biasa. Meski begitu, kategori Kopi Tetangga ini jadi favorit banyak pengunjung tempat ini.

Ingin coba menu andalan di tempat ini? Pastikan kamu pesan menu Kopi Susu Tetangga. Terdapat pilihan panas dan dingin, Kopi Susu Tetangga memiliki tampilan dan racikan serupa latte yang merupakan campuran kopi hitam dengan susu, ditambah dengan taburan brown sugar dan busa di atasnya. Untuk pemilihan gula, agar lebih terasa khas, kamu bisa coba menggunakan sirup gula aren dengan kandungan manis yang pas dan khas. Selain Kopi Susu Tetangga, menu seperti Espresso, Long black, Cold brew, hingga Earl Grey Tea juga jadi sajian minuman yang kaya akan rasa di sini.

Dilengkapi dengan cemilan ala warung

Banyak yang sependapat bahwa tak lengkap rasanya jika menikmati kopi tanpa ditemani cemilan. Di Kopi Tuku, kamu bisa menemukan beberapa kudapan khas yang biasa dijumpai di sekitar kita. Cemilan itu berupa Lumpia, Donat Kampung, atau pun beberapa roti yang bisa dinikmati bersama dengan secangkir kopi. Yang menarik dari sajian ini, yaitu Donat Kampung. Donat yang ditaburi oleh gula putih halus kerap jadi cemilan andalan pengunjung di tempat ini, sambil menyeruput segelas Kopi Susu Tetangga. Sebutir Donat Kampung dihargai cukup 5 ribu rupiah saja.

Baca juga: Pecinta Kopi? Ini Dia Setetes Sejarah “Kopitiam” di Indonesia!

Tertarik untuk mampir di kedai Kopi Tuku sehabis lelah beraktivitas? Travelers bisa kunjungi kedai utamanya yang berada di Jalan Cipete Raya No.7. Untuk saat ini, Kopi Tuku telah memiliki satu cabang di tempat lain yakni di kawasan Pasar Santa, dan menyusul di beberapa tempat lain di ibukota. Yuk segera melipir ke sana! Jangan lupa, jika kamu travelers yang tengah berlibur ke ibukota Jakarta, pilih akomodasi terbaik bersama Airy Rooms, jaringan akomodasi hemat terbesar dan terpercaya di Indonesia. Cek kamar terbaik Airy Rooms di Jakarta Selatan di bawah ini.

Airy Blok M Sampit
Airy Kemang Puri Sakti Satu 43 Jakarta

Selain kamar-kamar di atas, kamu masih dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung untuk iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com, atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY). Untuk Info dan promo terbaru mengenai Airy Rooms, silahkan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitter dan Instagram @airyindonesia.

Feature image: tuku.coffee

371 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *