Jalan-jalan Ke Batam Belum Lengkap Kalau Belum Cicipi 7 Kuliner Batam Ini!

Kuliner Batam
Credit: asia361.com

Dijuluki sebagai kota industri, apa sih yang terkenal dari Batam? Selain punya berbagai pantai yang mempesona, seperti Pantai Nongsa, Pantai Tanjung Bemban, Pantai pulau Batam, dan lain sebagainya, ternyata kulinernya juga enak dan sayang banget kalau dilewatkan!

Makanya, Batam juga tak kalah seru untuk jadi kota tujuan wisatamu berikutnya. Sebagai panduan saat kamu berkunjung ke Batam nanti, berikut sudah Airy siapkan 7 kuliner Batam yang wajib banget kamu cicipi. Tahan lapar dulu, langsung cek hidangan nikmat yang menggugah selera di bawah ini!

1. Sebelum eksplor kota Batam, sarapan dulu dengan Nasi Lemak!

Kuliner Batam
Credit: Jess-KITCHEN-Lab

Memiliki rasa yang mirip dengan nasi uduk, nasi lemak juga dimasak dengan campuran santan. Bedanya, selain santan, nasi lemak juga dicampur dengan jahe, serai, dan daun pandan. Rempah-rempah inilah yang membedakan nasi lemak dengan ragam nasi lainnya, dan membuat  cita rasa nasi lemak ini semakin kaya. Sering dijual pada pagi hari, kuliner Batam ini cocok untuk mengganjal perut di pagi hari, supaya kamu lebih bertenaga untuk menjelajah Batam seharian!

2. Siput Gonggong, kuliner laut yang nikmat dan sehat

Kuliner Batam
Credit: surabaya.tribunnews.com

Merasa asing dengan hidangan di atas? Inilah siput gonggong, kuliner Batam dengan tekstur kenyal dan rasanya sedap. Terkenal memiliki banyak pantai, wajar kalau Batam punya berbagai jenis seafood. Kalau ingin berburu hidangan laut yang unik, di sini adalah tempat yang tepat!

Kuliner Batam
Credit: asia361.com

Selain nikmat, siput gonggong juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Dilansir dari sarihusada.co.id, 100 gram siput gonggong memiliki kandungan protein tinggi dan rendah lemak. Yes! Jadi tak perlu merasa bersalah makan hidangan ini banyak-banyak, ya..

Cara makannya juga unik. Karena tekstur siput gonggong ini terlalu menempel pada cangkangnya, kamu perlu mencungkil dagingnya menggunakan tusuk gigi, lalu dicocol ke dalam sambal. Tahan liur dulu! Masih banyak kuliner Batam lainnya yang tak kalah menggugah selera!

3.  Bingka Bakar, si manis dari pulau Batam

Kuliner Batam
Credit: Instagram.com/nayadambatam

Sejarahnya, kuliner Batam ini adalah kue andalan suku Melayu pada masa kerajaan dulu. Kalau dulu kue berbentuk bunga ini hanya tersedia dalam rasa pandan, sekarang sudah dimodifikasi dengan campuran keju dan coklat.

Kuliner Batam
Credit: Instagram.com/nayadambatam

Memiliki tekstur yang padat, lembut, serta aromanya wangi, kue ini nikmat untuk dicicipi sendiri dan sering dijadikan oleh-oleh. Nah kalau kamu masih bingung ingin membawa apa dari kota ini, bingka bakar ini bisa jadi alternatif oleh-oleh dari Batam.

4. Hangatkan tubuh dengan semangkuk Sop Ikan Batam

Kuliner Batam
Credit: merahputih.com

Selain siput gonggong, seafood yang tak kalah terkenal dari Kota Batam adalah sop ikan. Memiliki rasa kuah yang khas karena dicampur dengan sawi asin, kamu akan ketagihan setelah mencicipi sop ini. Sebagai pelengkap, kamu bisa campurkan dengan cabai rawit hijau yang dicincang, lalu aduk bersama kecap asin. Kuliner sehat nan lezat ini wajib kamu coba!

5. Luti Gendang: Roti goreng isi abon ikan

Kuliner Batam
Credit: Instagram.com/mrollieid

Ada cerita unik di balik nama roti ini. Konon, kuliner Batam ini bernama roti gendang. Tapi karena penjualnya sebagian besar keturunan Tionghoa yang cadel, mereka menyebutnya dengan luti gendang. Apa benar seperti itu? Benar atau tidak, yang jelas rasanya nikmat dan layak masuk food list-mu saat ke Batam nanti.

6. Tak seseram warnanya, Sotong Masak Hitam ini enak!

Kuliner Batam
Credit: asianfoodchannel.com

Ciri dari Kuliner Batam ini adalah kuahnya yang kental dan berwarna hitam. Ternyata, yang menyebabkan warnanya hitam seperti aspal adalah sotong  yang dimasak dengan cara mencampurkan tintanya. Rasa gurihnya berasal dari tinta ini, lho! Jadi meski warnanya agak seram, kamu tak perlu khawatir soal rasanya. Disantap dengan seporsi nasi hangat, rasanya makin mantap!

7. Mie Lendir, salah satu kuliner Batam yang namanya bikin penasaran

Kuliner Batam
Credit: masakandapurku.com

Memiliki kuah yang kental karena dicampur dengan tepung maizena, mie lendir memiliki rasa yang khas dan berbeda dengan mie pada umumnya. Selain tepung maizena, bahan dasar kuahnya adalah ubi jalar, kacang tanah, dan berbagai bumbu rahasia lainnya yang menyatu! Untuk topping-nya: cabai, bawang goreng, udang, ayam, serta taoge adalah pelengkap kuliner Batam satu ini. Rasanya? Lezat dan gurih!

Sudah berusaha menahan lapar, tapi tak sanggup? Itu artinya kamu sudah harus rencanakan perjalanan ke Kota Batam dan langsung eksplor kotanya untuk cicipi tujuh kuliner di atas! Soal akomodasi dan transportasi tak perlu pusing, karena ada Airy solusinya!

Download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store, kamu bisa memesan tiket pesawat melalui Airy Flight serta Airy Rooms untuk penginapan yang nyaman dan aman. Jangan lupa follow juga media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Setiap harinya kamu akan mendapat info tentang promo yang sedang berlangsung. Dengan Airy, kamu bisa booking akomodasi dan transportasi lebih mudah dan murah. Asyik banget, kan?

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Header and featured Image Credit: asia361.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *