Ini Dia 6 Kuliner Lezat Cirebon yang Harus Kamu Coba!

Berkunjung ke kota Cirebon untuk berlibur atau sekedar lewat melalui jalur Pantura, Anda tentunya tidak dapat mengabaikan sederetan kuliner lezat khas Cirebon. Cita rasanya yang beragam tidak dapat Anda temukan di masakan dari daerah lain. Walaupun sekarang Anda dapat menemukan menu-menu ini di kota-kota besar di Indonesia, mencicipinya di kota asal menjadi sebuah keharusan saat Anda berkunjung ke Cirebon. Yuk, berwisata kuliner khas Cirebon dengan beberapa menu ini!

1. Sate Kalong

Jangan takut untuk mencicipi hidangan sate ini karena walaupun namanya adalah sate kalong, satenya terbuat dari daging kerbau, bukan kelelawar. Anda dapat menikmati paduan rasa manis dan asin yang nikmat di setiap gigitan dengan dagingnya yang terasa lembut. Untuk menikmati hidangan sate kalong, Anda harus menunggu untuk waktu Maghrib sampai tengah malam, mirip dengan namanya!

Photo courtesy of sebandung.com
Photo courtesy of sebandung.com

2. Bubur Sop

Menu satu ini dapat terbilang unik karena bubur sop memadukan dua makanan yang sudah familiar di telinga kita; sayur sop dan bubur ayam! Berisi tauco, daun bawang, kol, ayam suwir dan kerupuk, hidangan ini memiliki rasa gurih di setiap suapan. Walaupun mungkin Anda lebih sering menyantap bubur ayam pada pagi hari, bubur sop baru dapat Anda nikmati saat malam hari.

Photo courtesy of food.detik.com
Photo courtesy of food.detik.com

3. Docang

Bingung mencari menu khas Cirebon untuk sarapan? Docang dapat menjadi pilihan Anda! Menu satu ini terdiri dari daun singkong, lontong, kerupuk, taoge dan tempe gembos dan dihidangkan dengan parutan kelapa muda di atasnya. Anda dapat menemukan Docang dengan mudah saat disajikan pada pagi hari untuk sarapan.

Photo courtesy of ngiderngiler.com
Photo courtesy of ngiderngiler.com

4. Tahu Gejrot

Mungkin Anda sudah familiar dengan tahu gejrot tetapi hidangan khas Cirebon ini harus Anda cicipi di kota asalnya! Dengan potongan-potongan tahu goreng dan saus bumbu bawang merah, bawang putih, gula merah dan cabai, Anda dapat merasakan paduan rasa asam, asin dan juga manis yang pas. Anda dapat menemukan penjual tahu gejrot dengan mudah di kota Cirebon dan menikmati menu ini sebagai camilan!

Photo courtesy of katadia.com
Photo courtesy of katadia.com

5. Empal Gentong

Empal gentong mungkin adalah salah satu hidangan yang juga sudah familiar di telinga Anda. Menu ini dapat dikatakan sebagai gulai daging khas Cirebon. Perbedaan dari gulai daging biasa adalah empal gentong dimasak di dalam gentong sampai daging nya terasa lembut dengan kuah mirip seperti soto. Untuk menikmati empal gentong, Anda dapat menambahkan cabai kering, kucai dan kerupuk sebagai tambahan.

Photo courtesy of viva.co.id
Photo courtesy of viva.co.id

6. Nasi Jamblang

Anda dapat merasakan cita rasa makanan kaki lima khas Cirebon dengan mencicipi nasi jamblang! Nasi jamblang hampir mirip seperti nasi kucing yang kita sering lihat tapi menu ini dibungkus dengan daun jati, bukan sekedar daun pisang. Anda dapat memilih berbagai macam menu tambahan untuk nasi jamblang seperti semur, ikan asin, tahu dan tempe serta sambal.

Photo courtesy of padudadi.com
Photo courtesy of padudadi.com

Baca juga: Cari Kuliner Halal di Bali? Sambangi Lokasi-Lokasi Ini!

Berwisata kuliner di Cirebon dapat membuka mata kita kepada cita rasa kuliner yang baru, bukan? Segera rencanakan perjalanan Anda ke Kota Udang bersama Airy Rooms untuk akomodasi dengan harga yang terjangkau! Sebagai Accommodation Network Orchestrator, Airy Rooms menawarkan akomodasi termurah dengan kenyamanan berkualitas di 38 kota besar di Indonesia. Berikut beberapa kamar Airy yang kami rekomendasikan:

Airy Eco Grage Cangkring Tengah 22 Cirebon
Airy Syariah Sumber Pangeran Cakrabuana Cirebon
Airy Syariah Sumber Pangeran Cakrabuana Cirebon

Segera pesan kamarnya melalui aplikasi resmi Airy Rooms di Google Play Store, App Store atau kunjungi www.airyrooms.com untuk informasi lebih lanjut. Hubungi layanan konsumen kami di 0804-111-2479 (AIRY) untuk panduan selengkapnya. Informasi terkini dan kode promo tiap hari bisa Anda dapatkan melalui Facebook Airy Indonesia atau melalui Twitter dan Instagram @airyindonesia. Airy Rooms, Tidur Nyaman, Harga Aman!

Featured photo courtesy of nasikentjana.com

893 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *