Ternyata Ini 5 Fakta Unik Nasi Padang. Sudah Tahu Belum?

Fakta Unik Nasi Padang

Siapa yang tidak doyan menikmati lezatnya kuliner asal Negeri Minang ini? Kuahnya yang khas dengan rempah-rempah, sambal balado yang pedas menggigit, serta lauk yang beragam selalu sedap untuk dilahap di siang hari.

Di balik rasa dan tampilannya yang sungguh menggoda, ternyata nasi Padang punya segudang rahasia yang mungkin kamu belum ketahui! Untuk menjawab rasa penasaranmu, langsung saja baca artikel fakta unik nasi Padang ini sampai habis!

1. Di Padang tidak ada rumah makan Padang. Wah, kok bisa?

Fakta Unik Nasi Padang
Credit: resepkoki.id

Tentu saja bisa. Di Padang, seluruh rumah makan adalah milik orang Padang. Hidangannya juga persis dengan nasi Padang yang kamu temukan di luar Sumatra Barat. Jadi mereka tidak akan menulis “Rumah Makan Padang” di depan restorannya, tapi cukup menuliskan “Rumah Makan”. Ternyata hanya beda penyebutan saja, ya!

2. Rendang masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia

Fakta Unik Nasi Padang
Credit: indoncuis.blogspot.com

Apa nih lauk favoritmu saat membeli nasi padang? Ayam pop, ikan balado atau rendang? Tahukah kamu kalau rendang menjadi salah satu makanan terlezat di dunia? Berdasarkan polling CNN Travel, rasanya yang empuk, gurih dan nikmat ini berhasil mencuri hati orang-orang dan mengantar rendang menempati posisi pertama sebagai makanan terenak dunia. Keren!

3. Pernah lihat foto seorang kakek di rumah makan Padang? Ternyata ada maknanya, lho!

Fakta Unik Nasi Padang
Credit: ngelmu.id

Berdasarkan penuturan dari mulut ke mulut, beliau adalah Syech Kiramatulla Ungku Saliah, ulama yang dihormati masyarakat kota Pariaman, Sumatera Barat. Beliau dipercaya memiliki indera lebih untuk meramal dan memprediksi kejadian-kejadian yang akan datang. Oleh karena itu masyarakat Pariaman sangat mengagumi Ungku Saliah.

Namun ada pemandangan yang berbeda nih jika kamu mengunjungi rumah makan Minang yang pemiliknya berasal dari kota Pariaman. Pemilik restoran biasanya akan memajang foto tokoh Ungku Saliah. Hal ini untuk menandakan bahwa rumah makan tersebut milik warga dari Pariaman.

4. Porsi nasi Padang yang dibungkus jadi lebih banyak!

Fakta Unik Nasi Padang
Credit: PergiKuliner.com

Sudah pernah dengar tentang fakta unik nasi padang yang satu ini? Sebenarnya ada banyak penafsiran untuk fakta ini. Ada yang menyebutkan kalau porsi nasi Padang jadi lebih banyak kalau dibungkus ini telah terjadi di masa penjajahan. Katanya, hal ini merupakan bentuk solidaritas para pemilik rumah makan Padang kepada pembelinya yang kurang mampu, yang mayoritas akan membungkus makanannya.

Biasanya seporsi nasi yang dibeli akan dibagi lagi untuk beberapa anggota keluarga di rumah. Untuk membantu sesama, pemilik akan melebihkan porsi yang dibungkus. Salut!

Fakta Unik Nasi Padang
Credit: tumblr.com

Versi lain mengatakan hal ini sebagai salah satu tampilan estetika. Kalau porsinya lebih banyak, bungkusan nasi Padang akan terlihat lebih tegak dan sedap dipandang. Unik, ya!

Apapun alasannya, yang penting porsinya lebih banyak! Kalau kamu, lebih suka langsung makan di rumah makan Padangnya atau dibungkus dan makan di rumah?

5. Ada lagu nasi Padang ciptaan bule asal Norwegia

Fakta Unik Nasi Padang
Credit: Youtube.com

Jauh sebelum goyang nasi Padang menjadi populer, Youtuber asal Norwegia yang dikenal dengan nama Audun ‘Kvitland’ ini telah lebih dulu menciptakan lagu berjudul nasi Padang di tahun 2016 lalu.

Fakta Unik Nasi Padang
Credit: Youtube.com

Lirik dari lagunya menceritakan betapa dia sangat menyukai rasa nasi Padang yang begitu nikmat. Bahkan saking sukanya, dia ingin menikahi nasi Padang kalau saja kuliner kebanggaan masyarakat Minang ini adalah wanita! Wah, ada-ada saja, ya.

Kamu sudah pernah coba nasi Padang yang paling enak? Langsung saja cicipi kuliner ini di kota asalnya! Pesan tiket pesawat dan kamar hotel di Padang melalui Airy App. Download dan Install Airy App dari Google Play Store atau App Store. Lalu, follow akun social media Airy di Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Ada banyak promo menantimu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *