Aneka Mie dari 7 Daerah di Indonesia. Sudah Pernah Coba?

Kamu penggemar kuliner mie? Makanan yang sarat karbohidrat ini sering dijadikan oleh masyakarat Indonesia sebagai makanan alternatif utama pengganti nasi. Karena itulah, masing-masing daerah memiliki jenis mie dengan cita rasa yang berbeda-beda. Kamu sudah pernah mencoba yang mana?

1. Mie Celor, Palembang

mie khas Indonesia
Credit: travelingyuk.com

Bukan cuma pempek, kota tertua di Indonesia ini juga menyediakan Mie Celor yang sangat nikmat. Kamu yang suka seafood pasti doyan karena kuah santannya dicampur dengan kaldu ebi. Mie yang dimasak berkuah ini disajikan lengkap dengan telur rebus, tauge, irisan seledri dan daun bawang. Kalau berkunjung ke Palembang, Mie Celor ini patut masuk dalam list kulinermu!

2. Mie Aceh

mie khas Indonesia
Credit: brilio.net

Kalau jalan-jalan ke Serambi Mekah, sempatkan cicipi Mie Aceh yang super nikmat ini, ya! Masakan khas Aceh yang satu ini memang sudah terkenal. Mienya yang kuning dan tebal biasa disajikan dengan daging sapi, daging kambing, serta udang. Kuahnya yang kental penuh rempah dijamin bakal bikin kamu ketagihan. Wah, jadi lapar!

3. Mie Gomak dari Sumatera Utara

mie khas Indonesia
Credit: travelingyuk.com

Nah, kalau mie yang satu ini mungkin masih belum banyak diketahui orang-orang, ya? Berasal dari tanah Batak, mie ini disebut Mie Gomak karena cara penyajiannya digomak (digenggam dengan tangan) lalu disajikan di piring. Banyak juga yang menyebutnya Spaghetti Batak karena bentuk mienya sama-sama tebal dan menyerupai lidi sebelum dimasak. Mie ini biasanya disajikan dengan kuah atau digoreng, lalu dicampur dengan topping labu siam, tempe dan udang. Jangan beranjak dari Sumatera Utara kalau belum coba nikmatnya Mie Gomak.

4. Mie Kocok Bandung

Credit: lifestyle.sindonews.com

Sudah pernah menikmati Mie Kocok khas Bandung? Kuliner ini diperkaya oleh kaldu sapi yang kental, daun seledri, dan jeruk nipis. Paduan bahan dasar ini membuat Mie Kocok terasa gurih dan lezat. Topping terfavorit adalah kikil yang dimasak sampai kenyal. Tertarik untuk mencoba?

5. Mie Cakalang, Manado

mie khas Indonesia
Credit: indonesiakaya.com

Manado memang terkenal dengan ikan cakalang yang punya aroma khas. Walaupun kuah beningnya sudah cukup pedas karena dimasak dengan lada, Mie Cakalang kerap kali disajikan dengan sambal ijo atau merah. Masyarakat di sana biasa menyantap masakan yang satu ini sebagai sarapan. Apalagi jika ditemani segarnya Es Kacang Merah atau Es Sirsak Manado. Mantap!!

6. Mie Koclok, Cirebon

mie khas Indonesia
Credit: travelingyuk.com

Kalau yang ini, kuliner sedap dari Kota Cirebon. Mie koclok adalah mie yang dihidangkan dengan kuah dari santan kelapa yang sangat kental hingga hampir menyerupai bubur. Mie direbus lengkap dengan kol, tauge, telur rebus, serta ayam yang disuwir. Jadi tak sabar ingin ke Cirebon untuk nikmati Mie Koclok ini.

7. Mie Titi, Makassar

mie khas Indonesia
Credit: qraved.com

Paling berbeda dari hidangan-hidangan di atas, Mie Titi ini berukuran tipis dan lurus seperti lidi. Bumbu yang dipakai untuk memasak mie yang digoreng kering ini sangat sederhana, yaitu bawang putih. Yang membuat kuliner ini spesial adalah, penyajian Mie Titi lengkap dengan ayam, telur, bakso, dan udang. Sangat lengkap dalam satu hidangan!

Wah ternyata jenis Kuliner Nusantara sangat banyak dan variatif banget, ya! Sudah mulai ngiler? Tenang, dengan Airy, kapan aja bisa nikmati kuliner lokal! Download Airy App dari Google Play Store atau App Store untuk memesan tiket pesawat dan kamar hotel lebih praktis. Jangan lupa, follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Kamu akan mendapat informasi tentang promo setiap hari!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *