Ini Dia 9 Kuliner Legendaris Malang yang Wajib Dicoba

Sebagai salah satu kota yang menjadi tujuan wisata di Jawa Timur, Malang memang tidak sebesar Surabaya. Tapi, jika berbicara soal wisata kulinernya, Malang ternyata punya daya tarik yang juga sama menariknya. Apa lagi kalau bukan kuliner legendaris di Malang yang konon selalu membuat siapa pun yang mencicipinya, rindu untuk kembali lagi ke kota Apel tersebut. Seperti yang sudah dirangkum dari berbagai sumber, berikut ada 9 (sembilan) kuliner legendaris di Malang yang wajib Anda cicipi.

1. Toko Oen

toko-oen

Ada yang mengatakan “Anda belum sah ke Malang jika belum mencoba rasa es krim di Toko Oen”. Ya, toko yang sudah berdiri sejak tahun 1930 ini memang tersohor jadi salah satu kuliner legendaris Malang. Dengan aneka cita rasa es krim yang disajikan, dan aneka makanan lain khas pecinan, Indonesia, maupun western, bersantap di sini selain disuguhkan rasa yang lezat, Anda juga serasa dibawa ke masa lampau.

Jika Anda termasuk traveler yang suka melakukan napak tilas kuliner tempo dulu di Malang, Anda bisa kunjungi Toko Oen yang beralamat di Jl Basuki Rahmat, No 5, Malang. Toko Oen sendiri beroperasi mulai pukul 8 pagi hingga 9 malam setiap harinya.

2. Warung Ronde Titoni

warung-ronde-titoni

Udara Malang yang dingin akan sangat cocok jika kita berkunjung ke warung ini. Apa lagi kalau bukan karena suguhan minuman jahe yang mampu menghangatkan tubuh. Selain itu, di sini banyak menu yang tersaji seperti roti goreng, kacang kuah, angsle yang berwujud seperti ronde tetapi dengan kuah santan dengan isian kacang hijau rebus, roti tawar, petulo atau selendang mayang, dan kacang tanah sangrai. Oh ya warung ini juga sudah menjadi salah satu legenda kuliner di Malang karena sudah berdiri sejak tahun 1948. Alamatnya sendiri  ada di Jl Zaenal Arifin, Malang Raya.

3. Putu Lanang Celaket

putu-lanang-celaket

Putu Lanang sendiri merupakan panganan berbahan dasar tepung beras, dengan parutan kelapa yang diisi dengan gula merah. Jika Anda “orang lama”, rasa makanan ini seakan membawa Anda ke masa lampau, dan tentunya mampu menggoda selera bagi siapa saja. Nah di Putu Lanang Celaket, konon tempat ini adalah lokasi terbaik menyantap panganan ini.  Berdiri sejak tahun 1935, Putu Lanang Celaket yang berlokasi di Jl Jaksa Agung Suprapto, Malang ini tak pernah sepi pelanggan.

4. Warung Tahu Lontong Lonceng

warung-tahu-lontong

Depot makan satu ini sudah ada sejak tahun 1935. Dan sejak dulu, sajian di tempat ini nikmatnya tak pernah berubah. Adalah Warung Tahu Lontong Lonceng, yang menyajikan ragam menu berbahan dasar tahu telor, mulai dari tahu telor biasa, sampai tahu telor lontong, dan tahu telor nasi yang semuanya disiram dengan bumbu kacang bercampur petis. Jika penasaran ingin mencobanya, sambangi saja depot yang berlokasi di Jl Laksamana Martadinata No 66, Pasar Lama Malang.

5. Pondok Desa Kampung Telaga

pondok-desa-kampung-telaga

Mencari tempat yang enak untuk bersantai, suasana yang berbeda dengan sentuhan pedesaaan di Pondok Desa Kampung Telaga tempatnya. Menu yang tersedia didominasi oleh ikan dengan bumbu yang dimasak dengan cara tradisional. Selain kulinernya yang lezat, tempat ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang cukup memukau. Lokasinya ada di daerah Ngijo, Kecamatan Karangploso, Malang.

6. Depot Rawon Nguling

rawon-nguling

Buat Anda yang gemar makanan berkuah, sajian Rawon Dengkul dan Rawon biasa adalah menu utama yang ditawarkan di sini. Kuahnya yang berwarna hitam namun tidak kental dan tidak berlemak, dengan daging yang sangat empuk ini, membuat kita kangen dan ingin kembali lagi. Lebih enak lagi jika disantap dengan pilihan gorengan pendamping dan sambal cobek dengan tempe. Penasaran seperti apa? Anda bisa mampir ke Jl Jend Arifin 62, Klojen, Malang.

7. Cwie Mie Malang

cwie-mie-malang

Tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi restoran Cwie Mie Malang yang ada di kota aslinya. Mie rebus yang ditaburi daging ayam halus menjadi khas Cwie Mie Malang ini. Bisa pula ditambahkan bakso ataupun pangsit. Untuk rasa, sepertinya kelezatan Cwie Mie Malang tak perlu diragukan lagi. Anda bisa mengunjunginya di Jl Mojorejo No 99, Batu, Malang.

8. Bakso Bakar Trowulan

bakso-bakar-trowulan

Sajian Bakso tak mesti berkuah. Di Malang, Bakso bahkan bisa disajikan dengan cara dibakar. Bakso yang bulat-bulat ditusuk seperti sate dalam ukuran besar, lalu dicelupkan di panci besar berisi bumbu kemudian dibakar. Dari warnanya saja sudah menggoda, apalagi jika disantap. Pasti menggugah selera! Bagi Anda yang penasaran ingin mencobanya, alamat bakso bakar ini ada di Jl Candi Trowulan No 65, Malang. Tak jauh dari lokasi wisata Candi Trowulan.

9. Pos Ketan Legenda 1967

pos-ketan-malang

Ingin mencoba sajian ketan dengan berbagai topping? Cuma ada di Pos Ketan Legenda 1967. Di sini Anda bisa mencicipi ketan putih maupun hitam dengan aneka topping dari asin, gurih sampai dengan manis. Ayam, keju, kacang, cokelat, sampai unti  yang merupakan perpaduan kelapa dengan gula. Salah satu menu favorit di sini adalah ketan dengan topping durian. Lebih mantap sensasinya, jika didampingi dengan teh panas tawar. Anda bisa menyambanginya di Jl Agus Salim, Alun-alun Batu, Malang.

Baca juga: Cari Kuliner Halal di Bali? Sambangi Lokasi-Lokasi Ini!

Puas memanjakan selera makan di Malang, Anda juga mesti manjakan diri dengan menginap di hotel yang bersih, nyaman, dan lengkap dengan fasilitas. Di mana lagi menginapnya kalau bukan di Airy Rooms. Jaringan hotel budget virtual terbesar dan terpercaya di Indonesia.

airy-alun2-malang-aries-munandar
Airy Alun-Alun Malang Aries Munandar
Airy Klojen Brawijaya Telomoyo 1 Malang

Reservasi kamar kini jauh lebih mudah dengan aplikasi resmi Airy Rooms yang bisa di-download langsung di Google Play Store atau App Store. Tersedia pula pemesanan lewat situs www.airyrooms.com. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi layanan konsumen Airy Rooms di nomor  0804 111 2479 (AIRY). Jangan lewatkan promo dan informasi ter-update Airy Rooms dengan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitter dan Instagram @airyindonesia

Feature image courtesy of: Danny Tjahjono | Flickr

2 Responses to “Ini Dia 9 Kuliner Legendaris Malang yang Wajib Dicoba”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *