7 Kuliner Khas Belitung yang Harus Kamu Coba!

Mungkin kamu sudah mengenal Pulau Belitung sebagai lokasi dari film Laskar Pelangi atau tentang keindahan pantai-pantainya, tetapi bagaimana dengan wisata kuliner yang ditawarkan? Sekarang adalah saat yang tepat untuk merencakan liburanmu berikutnya ke Pulau Belitung! Selain bermain di pantai atau mengunjungi beberapa tempat wisata budaya, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Belitung yang nikmat dan juga memiliki rasa tersendiri. Kira-kira hidangan apa saja ya, yang bisa kamu cicipi saat berlibur ke pulau tersebut? Yuk, simak 7 makanan khas Belitung yang harus kamu coba!

1. Mie Belitung

Photo courtesy of pegipegi.com

Sebagai pembuka petualanganmu, nikmati Mie Belitung untuk sarapan! Hidangan mie yang satu ini disajikan dengan kuah kari udang yang kental dan gurih, serta mie yang kenyal. Untuk melengkapi cita rasanya, potongan tahu goreng, tauge, emping dan tumbukan cabe rawit ditambahkan ke dalam mie. Bagi kamu yang mungkin tidak terlalu ingin makan banyak saat pagi hari, jangan khawatir. Kunjungi Mie Belitung Atep, gerai yang sangat direkomendasikan, tempat ini memiliki porsi yang pas untuk disantap saat sarapan.

2. Gangan

Photo courtesy of indonesiakaya.com

Karena Belitung adalah daerah kepulauan, tentunya kamu dapat menemukan banyak hidangan laut sebagai kuliner khas. Salah satunya adalah Gangan! Gangan adalah sup ikan khas dengan kuah kuning. Rasa asam dan pedas dari kuah akan sangat cocok dengan ikan yang gurih, membuat hidangan ini tidak boleh terlewatkan untuk kamu cicipi. Jangan lupa untuk menyantap Gangan dengan sepiring nasi putih hangat, ya!

3. Kopi khas Belitung

Photo courtesy of objekwisata.com

Mungkin kamu belum terlalu mengenal kopi asal Belitung, tetapi bagi para pecinta kopi, kamu dijamin akan ketagihan setelah mencobanya! Walaupun warung-warung kopi di daerah tersebut hanya menyajikan kopi hitam atau kopi susu, kamu dapat menikmati rasa yang cukup kuat dan pas untuk memulai hari. Setiap warung kopi akan menyajikan kopinya dengan cara tradisional, dimulai dari merebus air seduhannya dengan tungku arang! Kamu dapat mengobrol atau bersantai dengan teman di salah satu warung kopi ini setelah pergi jalan-jalan seharian.

4. Suto Belitung

Photo courtesy of travelingyuk.com

Walaupun dari namanya kamu mungkin menebak hidangan ini adalah soto khas Belitung, tetapi menu yang satu ini bukanlah sebuah soto. Banyak orang yang sudah mencicipinya mengatakan bahwa Suto Belitung sepintas terlihat seperti sepiring ketupat sayur, tetapi memiliki rasa yang sangat berbeda. Kuahnya berasal dari kari iga yang kental dan juga gurih, disajikan dengan potongan lontong, bihun, irisan daging dan juga emping.

5. Pais

Photo courtesy of lucianancy.com

Kalau kamu sedang ingin menyantap hidangan ikan bakar yang lezat, kamu dapat langsung pergi ke restoran seafood mana pun selama berlibur disana dan memesan Pais! Menu satu ini menggunakan bumbu yang sama dengan yang digunakan untuk masakan Gangan dan dibalurkan ke ikan sebelum dibakar. Dengan rasa gurih dan garing khas ikan bakar, kamu juga bisa merasakan rasa asam pedas yang nikmat. Kamu juga memerlukan sepiring nasi hangat untuk menikmati Pais sampai puas!

6. Berego

Photo courtesy of klikhotel.com

Satu lagi hidangan mie yang khas dari daerah ini adalah Berego! Mienya berwarna putih dan lebar, menyerupai mie yang digunakan untuk kwetiau, serta terbuat dari tepung beras dan sagu. Berego akan disajikan beserta kuah kari ikan yang kental, menambahkan cita rasa yang kamu harus nikmati selagi berlibur disana.

7. Ketam Isi

Photo courtesy of gamaholiday.com

Belitung memang memiliki segudang hidangan seafood yang lezat! Menu yang satu ini dapat kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga dan kerabat, loh. Ketam isi adalah campuran daging kepiting rajungan, bumbu khas, daun bawang dan telur. Campuran tersebut kemudian dimasukkan kembali ke dalam cangkang kepiting untuk digoreng. Rasanya yang lezat dan gurih sangat pas untuk disantap bersama nasi putih, kamu pasti akan ketagihan!

Baca juga: Mencicipi 10 Kuliner Legendaris Khas Surabaya

Bagaimana? Apa kamu sudah tidak sabar untuk berlibur dan mencicipi hidangan khas Belitung? Segera rencanakan liburanmu sekarang dan pesan Airy Rooms untuk akomodasi yang hemat serta nyaman! Sebagai jaringan akomodasi terbesar dan terpercaya, Airy Rooms sudah hadir di 70 kota di Indonesia dan berkomitmen untuk memberikan kamu pengalaman menginap yang terbaik. Di setiap kamar Airy, kamu dapat menemukan 7 garansi kenyamanan, yaitu tempat tidur bersih dan nyaman, AC, WiFi gratis, TV layar datar, shower air panas, perlengkapan mandi dan air minum gratis. Jadi, kamu tidak perlu takut karena kenyamananmu terjamin di Airy Rooms!

Untuk memulai perencanaan liburanmu, berikut adalah kamar Airy Belitung yang kami rekomendasikan:

Airy Tanjung Pandan Pattimura 8 Belitung
Airy Tanjung Pandan Sudirman 16 Belitung

Pesan kamar hotel Airy Rooms melalui aplikasi AIRY APP yang bisa di download di Google Play Store atau App Store,  atau bisa juga melalui website kami www.airyrooms.com dan langsung nikmati proses reservasi yang mudah dengan sistem pembayaran yang fleksibel untuk Anda. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi layanan konsumen Airy Rooms di nomor  0804 111 2479 (AIRY). Jangan lewatkan promo dan informasi ter-update Airy Rooms dengan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitters dan Instagram @airyindonesia.

Featured photo courtesy by avocadolite.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *