Wisata Kuliner di Palembang? Cicipi 6 Hidangan Ini!

Dikenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di Sumatra, Palembang memiliki sederetan menu yang tidak boleh Anda lewatkan. Konon katanya, hidangan-hidangan ini lebih terkenal bagi para wisatawan daripada Jembatan Ampera! Apa saja, ya, nama dari berbagai makanan ini? Berikut adalah 6 menu yang harus Anda cicipi saat berkunjung ke kota Palembang!

1. Pempek

Hidangan yang terbuat dari daging ikan tenggiri ini sudah sangat terkenal di dalam maupun luar Palembang tetapi tidak ada yang mengalahkan cita rasa pempek langsung dari kota asalnya! Anda dapat menemukan berbagai jenis pempek dan cuko yang khas hampir di setiap warung makan. Warga Palembang juga menyantap pempek sebagai hidangan sarapan, loh!

2. Tekwan

Walaupun mirip dengan pempek, perbedaan antara kedua hidangan ini adalah tekwan dimasak dengan cara direbus. Tekwan juga disajikan di dalam kuah yang sedap bersama soun, jamur kuping dan bengkuang sebagai pelengkap. Apabila Anda ingin mencicipi “bakso” khas Palembang, inilah menu yang tepat!

3. Martabak HAR

Martabak HAR pertama kali dipelopori oleh Haji Abdul Rozak, seorang saudagar asal India yang menetap di Palembang. Anda akan menemukan martabak HAR disajikan dengan siraman kuah kari berisi potongan kentang dan rasa rempah-rempah yang nikmat. Untuk merasakan cita rasa martabak khas ini di rumah makan aslinya, Anda bisa menemukan cabang resmi martabak HAR dengan melihat adanya foto Haji Abdul Rozak di dalam restoran maupun papan namanya.

4. Mie Celor

Salah satu hidangan yang juga terkenal di luar kota Palembang adalah mie celor! Rasa dan aroma udang dalam kuah santan beserta seporsi mie tebal adalah ciri khas dari menu ini. Mie celor dilengkapi dengan tauge, irisan telur rebus dan taburan daun bawang, seledri serta bawang goreng. Anda juga dapat menikmati hidangan mie ini untuk sarapan sebelum berwisata!

5. Pindang

Rasakan kesegaran paduan rasa khas dengan mencicipi pindang. Tidak hanya dengan daging ikan, Anda dapat menemukan pindang yang dibuat dengan daging sapi atau udang galah. Kuahnya terasa pedas, asam dan gurih dari daun kemangi serta rempah-rempah lain. Pindang akan terasa lebih nikmat apabila disantap dengan sepiring nasi hangat untuk santapan siang Anda.

6. Lenggang

Palembang dijuluki sebagai Kota Pempek dan bisa terbukti dengan seberapa banyak menu serupa dengan hidangan khas nya yang paling terkenal! Lenggang terbuat dari pempek lenjer yang dicelup ke dalam adonan telur sebelum dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang. Apabila Anda ingin membawakan buah tangan untuk keluarga di rumah, banyak rumah makan yang menyediakan lenggang dibungkus khusus sebagai oleh-oleh.

Baca juga: 5 Kuliner Lezat Makassar yang Wajib Dicoba!

Dari pilihan hidangan di atas, menu apa yang paling menggugah selera Anda? Sudah siap untuk pergi berwisata kuliner ke kota Palembang? Untuk pilihan akomodasi dengan fasilitias lengkap dan harga terjangkau, jangan khawatir! AiryRooms telah hadir di Palembang dan berikut adalah kamar Airy Palembang yang tersedia:

Airy Ilir Timur Dua Sinar Raga 164 Palembang

Segera pesan kamarnya melalui aplikasi resmi Airy Rooms di Google Play Store, App Store atau kunjungi www.airyrooms.com untuk informasi lebih lanjut. Hubungi layanan konsumen kami di 0804-111-2479 (AIRY) untuk panduan selengkapnya. Informasi terkini dan kode promo tiap hari bisa Anda dapatkan melalui Facebook Airy Indonesia atau melalui Twitter dan Instagram @airyindonesia. Airy Rooms, Tidur Nyaman, Harga Aman!

Picture credits to resepjuna.blogspot.com, money.id, pempeksetia.com, ksmtour.com, burpple.com, nyesnyes.com and alcindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *