5 Kuliner Padang yang Sayang Banget Kalau Dilewatkan

Kuliner PadangBerbicara tentang kota Padang, apakah kulinernya yang paling kamu ingat? Ada nasi Padang, rendang, ayam balado, ayam pop, dan masih banyak lagi. Terkenal sebagai salah satu suku yang senang merantau, wajar saja jika kuliner Padang sering kita temukan dimana-mana. Untuk rasanya, tak perlu diragukan, bumbu-bumbunya yang kaya bikin makanan ini lezat tiada tara.

Di luar kota asalnya saja rasa makanan Padang sudah enak banget. Bisa bayangkan gimana rasa kuliner Padang yang asli dibuat langsung di kotanya? Nah, kalau jalan-jalan ke Padang, kamu wajib banget mengetahui dan mencicipi 7 kuliner berikut ini!

1. Cicipi sate bertekstur lembut di Sate Padang Mak Syukur

Kuliner Padang
Credit: nibble.id

Kuliner pertama yang akan diulas adalah Sate Padang. Daging yang ditusuk, dibakar, lalu disiram dengan kuah berwarna kuning yang kental ini memang lezat. Dipadukan dengan potongan lontong, kemudian di atasnya ditaburi bawang goreng, hmmmm aromanya yang nikmat bikin perut jadi lapar!

Kuliner Padang
Credit: tesyasblog.com

Kalau di Padang, salah satu penjual Sate Padang yang terkenal adalah Sate Padang Mak Syukur. Mulai berjualan sejak tahun 1941, sate legendaris ini punya cita rasa yang tetap sama hingga saat ini. Yang membedakan dengan sate lainnya adalah sate ini diolah dari bagian rusuk dan punuk sapi, sehingga teksturnya tidak terlalu keras dan masih berlemak. Keunikan inilah yang bakal bikin kamu ketagihan!

Alamat Sate Mak Syukur: Jalan Sutan Syahrir No.250, Silaing Bawah, Padang Panjang Bar., Kota Padang Panjang, Sumatera Barat

2. Makan Nasi Padang di restoran legendaris, RM Lamun Ombak

Kuliner Padang
Goodindonesianfood.com

Meski sudah tersedia di berbagai daerah di Indonesia, saat berkunjung ke Padang, kamu wajib banget cobain Nasi Padang yang satu ini. Saat berkunjung ke sini, kamu akan dihiburkan dengan cara penyajian yang unik, di mana para uda yang menghidangkan makanan akan mengangkat belasan bahkan puluhan piring dalam dua tangan sekaligus. Hebat banget, kan?

Kuliner Padang
Credit: pelangiholiday.com

Tersedia rendang, ayam goreng, sayuran dengan bumbu rempah yang lengkap, gulai otak, udang balado, paru goreng dan masih banyak lagi menu lainnya yang tersedia di rumah makan ini. Mulai ngiler? Jangan dulu! Lanjut lagi cek kuliner Padang di bawah ini!

Alamat RM Lamun Ombak: Rumah Makan Lamun Ombak Jl. S Parman No. 232 Ulak Karang, Padang, Sumatera Barat

3. Buka hingga 3 cabang, Soto Garuda ini wajib banget kamu cobain

Kuliner Padang
Credit: goodindonesianfood.com

Seperti kuliner legendaris lainnya, Soto Garuda sudah mulai menjual soto sejak tahun 1976. Masih menjaga dan menggunakan resep turun temurun yang ada, kualitas cita rasa soto ini tetap terjaga. Bahkan menurut penuturan Wilda Rahma, selaku pengelola restoran ini kepada detikTravel, menyebutkan pelanggan mereka ada yang sampai belasan tahun tetap datang ke Soto Garuda ini.

Kuliner Padang
Credit: goodindonesianfood.com

Salah satu menu soto yang paling digemari adalah soto paru. Dalam satu hari, yang sudah memiliki 3 cabang ini mampu menghabiskan 40 kg daging untuk bahan dasar menunya. Mau tahu apa yang membuat kuliner Padang satu ini berbeda dengan yang lainnya? Ternyata air kaldu dari rebusan daging inilah yang membuat rasanya terasa nikmat dengan campuran penyedap rasa yang dipakai dalam jumlah yang sangat sedikit. Kalau ingin berkunjung ke sini, kamu bisa datang pada pukul 07.00–21.00 WIB.

Alamat Soto Garuda S. Parman:  Jl. S. Parman No. 112 B-C, Padang, Sumatera Barat

4. Wisata malam sambil isi perut di Lontong Malam Turagari

Kuliner Padang
Credit: tripzilla.id

Meski langit mulai gelap bukan berarti waktu untuk berburu kuliner harus berakhir. Padang punya tempat nongkrong yang asyik sambil menikmati Lontong Telur Gulai Paku yang gurih di Ongkrongan Turagari. Ongkrongan Turagari sendiri memiliki tampilan tampilan unik yaitu berupa tenda yang didirikan di pinggir jalan, layaknya angkringan Jogja.

Kuliner Padang
Credit: pegimakan.id

Bahan utamanya mirip dengan lontong sayur pada umumnya, yaitu lontong dan telur. Bedanya, Lontong Telur Gulai Paku ini diberi sayur gulai paku. Gulai paku adalah gulai yang dibuat dari tumbuhan pakis muda dengan kuah yang dicampur santan dan kaldu udang. Rasa seafood–nya menyatu dengan lontong yang gurih. Penasaran dengan rasanya? Langsung saja berkunjung ke Ongkrongan Turagari!

Alamat Ongkrongan Turagari: Jl. Veteran No.Kel, Purus, Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat

5. Sekarang saatnya cicipi Es Durian Ganti Nan Lamo yang segar!

Kuliner Padang
Credit:kulinerbangsakoe.blogspot.com

Berlokasi di salah satu daerah pecinan di Padang, warung es durian ini terkenal akan aromanya yang sedap dan rasanya yang segar. Dikelola oleh generasi ketiga, pemilik kedai Es Durian Ganti Nan Lamo selalu sanggup menyediakan es durian meskipun sedang tidak musim durian.

Kuliner Padang
Credit: wonderfulminangkabau.com

Kok bisa? Ternyata pemilik sudah menjalin kerjasama dengan para penjual durian, baik itu dari pesisir selatan Sumatera, Bengkulu, Medan, dan lain sebagainya. Kualitasnya tak perlu diragukan, mereka selalu menghidangkan durian asli yang rasanya mantap dan nikmat!

Alamat Es Durian Ganti Nan Lamo: Kampung Pondok, HOS. Cokroaminoto No.31a, Padang Barat, Kp. Pd., Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat

Siap untuk mencoba 5 kuliner Padang di atas? Langsung saja terbang ke kota Padang! Pesan tiket pesawat dan penginapannya di Airy, ya! Caranya mudah banget. Tinggal download dan Install Airy App melalui Google Play Store dan App Store, bisa langsung dapat harga yang lebih murah. Harganya bisa lebih murah lagi kalau kamu mengikuti media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, karena kamu akan mendapat promo menarik setiap hari!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *