Berburu 3 Kuliner Tersembunyi di Jawa Tengah dan Yogyakarta Dalam Sehari

kuliner

Apa yang biasanya kamu cari saat traveling? Bermain air di pantai sambil menikmati sunset? Melakukan pendakian mencari surga tersembunyi di kota wisata tersebut? Belanja pernak-pernik khas daerah wisata pilihan kamu? Atau berwisata kuliner? Nah, kalau kamu kebetulan termasuk penggemar wisata kuliner, cobalah sesekali “blusukan” di daerah wisata tersebut. Selain harganya pasti lebih murah daripada yang dijual di sentra-sentra kuliner, rasanya pun biasanya lebih spesial dan kamu bisa mendapatkan suasanya yang lebih otentik! Yuk blusukan bersama Airy untuk berburu 3 kuliner tersembunyi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta!

Mengapa Jawa Tengah dan Yogyakarta? Kedua provinsi ini sering disebut-sebut sebagai daerah dengan kuliner terbaik, sehingga pasti kamu bisa mendapatkan makanan enak saat berwisata di kedua tempat ini. Selain itu, letak Yogyakarta dan Jawa Tengah, terutama Semarang dan Surakarta, sangat dekat. Wisata kuliner bisa dilakukan dengan sangat mudah. Dan yang paling penting, berlibur ke dua destinasi wisata ini sangat murah! Tidak percaya? Cek saja ulasan Airy mengenai Semarang dan Yogyakarta ini!

 

1. Mangut Lele Mbah Marto, Yogyakarta

kuliner
Credit: food.detik.com

Daerah tujuan kita yang pertama adalah Yogyakarta. Daerah ini memiliki sebutan Kota Gudeg, karena memang kamu bisa mencicipi banyak rumah makan gudeg dengan rasa terbaik. Kuliner Yogyakarta kembali menjadi sorotan setelah Sate Klathak jadi populer berkat film Ada Apa Dengan Cinta 2. Nah, kali ini Airy mau mengajak kamu jalan-jalan ke Mangut Lele Mbah Marto yang benar-benar tersembunyi. Bagaimana tidak, untuk menemukan tempat ini, kamu harus berjalan kaki menyusuri gang-gang sempit. Setelah ketemu, kamu akan disuguhi suasana rumah yang sudah bertahun-tahun menjadi dapur Mbah Marto, sehingga dindingnya dipenuhi “ornamen” jelaga. Asyiknya makan di Mangut Lele Mbah Marto ini adalah kamu bebas mengambil nasi putih sendiri! Harganya pun tergolong murah. Menyenangkan dan mengenyangkan, ya!

Buat kamu yang penasaran dengan Mangut Lele Mbah Marto, bisa langsung cari di sini!

 

2. Nasi Goreng & Gongso Babat Pak Karmin, Semarang

kuliner
Credit: travelingyuk.com

Apabila saat melancong ke Semarang selama ini kamu hanya mencicipi Lunpia Semarang, Nasi Liwet, dan Bandeng Presto, berarti kamu wajib kembali lagi ke sana untuk blusukan lagi dan mencari Nasi Goreng dan Gongso Babat Pak Karmin. Gongso Babat ini terbuat dari jerohan sapi yang dimasak dengan kecap dan beberapa bumbu, sampai menghasilkan cita rasa manis dan pedas. Jerohan yang biasa terdapat di dalam seporsi babat gongso ini adalah babat yang berasal dari lambung sapi, usus, paru, limpa dan sebagainya. Jadi, tetap kontrol kadar kolesterolmu saat menjajal makanan ini ya!

Mau mencoba uniknya rasa Gongso Babat ini? Cari tempatnya di sini!

 

3. Sate Kere Bu Tugiyem, Solo

kuliner
Credit: surakarta.go.id

Setelah puas berwisata kuliner di Yogyakarta, kamu wajib mampir ke Surakarta, alias Solo. Kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini memang gudangnya makanan enak dan pastinya murah-murah banget! Sebut saja Sate Kere Bu Tugiyem yang juga jadi langganan Presiden ini. Terletak di Jalan Arifin, Sate Kere ini terbuat dari jeroan, tempe dan tempe gembus yang terbuat dari ampas tahu. Rasanya? Jangan ditanya! Bahkan saking enaknya, Presiden Jokowi sampai memberikan gerobak untuk Bu Tugiyem agar punya tempat tetap daripada berjualan asongan. Beberapa tahun kemudian, giliran Gibran, anak kandung Presiden Jokowi, menawarkan sebuah kios agar Sate Kere Bu Tugiyem memiliki tempat yang lebih layak, walaupun akhirnya ditolak oleh Bu Tugiyem.

Penasaran, kan, bagaimana enaknya sate ini sampai dibantu oleh Presiden dan anaknya? Coba berburu Sate Kere mulai dari sini!

Berkeliling wisata kuliner di daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta memang menyenangkan! Selain tidak terlalu jauh, ada banyak ragam makanan yang bisa kamu coba dan pasti bikin pengalaman liburanmu jadi makin seru! Nah, supaya hemat, menginapnya di Airy saja! Dengan 7 Jaminan Kenyamanan, pasti istirahatmu akan lebih nikmat tanpa mengeluarkan budget berlebihan! Tidur nyaman, harga aman!

Download Airy App sekarang juga melalui Google Play Store dan App Store atau klik langsung di www.airyrooms.com. Jangan lupa juga untuk follow Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms untuk mendapatkan kode kupon yang bisa kamu gunakan tiap hari agar perjalananmu makin murah! Informasi lebih lanjut, hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479. Airy, Kapan Aja Bisa!

Header Image Credit: anakjajan.com
Feature Image Credit: travelingyuk.com

538 total views, 2 views today

One Response to “Berburu 3 Kuliner Tersembunyi di Jawa Tengah dan Yogyakarta Dalam Sehari”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *