Keren! Ini dia 7 Hewan Unik Indonesia!

hewan unik indonesia

Indonesia punya banyak flora dan fauna unik yang terkenal di dunia. Dari berbagai flora dan fauna unik itu, ada beberapa yang bisa kamu lihat langsung di habitat masing-masing. Ada yang hidup liar di hutan Indonesia dan ada juga yang tinggal di reservasi hewan langka resmi. Selain bisa mewarnai liburan kamu, melihat langsung hewan unik juga bisa menambah pengetahuan tentang satwa langka dan usaha melestarikannya lho!

Nah, supaya kamu lebih tahu tentang hewan unik di Indonesia, Airy punya daftar 6 hewan unik Indonesia dari berbagai daerah. Apa aja? Yuk cek bareng!

Komodo – Pulau Komodo

hewan unik indonesia
Credits: whc.unesco.org

Hewan unik Indonesia ini bisa kamu temukan di Pulau Komodo. Komodo adalah jenis biawak yang berukuran besar. Hewan karnivora ini menjadi langka karena didorong keluar dari habitat asli mereka. Untuk melestarikan hewan ini, pemerintah mendirikan Taman Nasional Komodo yang bisa kamu kunjungi untuk melihat komodo dari dekat. Tapi hati-hati ya, kadal besar ini ganas kalau diganggu!

Tarsius Siau – Sulawesi Utara

hewan unik indonesia
Credits: sitaro.wordpress.com

Hewan kecil yang lucu ini bisa kamu temukan di Pulau Siau, Sulawesi Utara. Ciri-ciri mencolok dari hewan ini adalah tubuhnya yang kecil dengan dua bola mata besar. Karena jumlahnya semakin sedikit, hewan unik ini sudah masuk ke dalam daftar IUCN Red List sebagai hewan terancam punah. Tarsius Siau sedang dalam proses pelestarian, sehingga kamu hanya bisa menemukan mereka beberapa daerah terlindungi di Pulau Siau: kolam air tawar di Selatan pulau dan tebing tinggi di Timur pulau.

Harimau Sumatera – Riau

hewan unik indonesia
Credits: merdeka.com

Jenis harimau paling kecil di dunia ini adalah salah satu hewan langka yang dilestarikan oleh World Wildlife Foundation. Harimau Sumatera memiliki warna lebih gelap dibandingkan spesies harimau lain, dengan warna rambut dari kuning kemerahan hingga oranye tua. Pada tahun 2004, WWF dan pemerintah Indonesia akhirnya menetapkan Taman Nasional Tessa Nilo di Riau menjadi lokasi resmi pelestarian Harimau Sumatera.

Badak Bercula Satu – Ujung Kulon

hewan unik indonesia
Credits: blog.uajy.ac.id

Kalau Badak Afrika biasanya punya dua cula, Badak Bercula Satu atau Badak Jawa hanya memiliki satu cula. Kamu bisa mengunjungi konservasi Badak Bercula Satu di Ujung Kulon, Banten untuk melihat langsung binatang unik ini. Sekarang hanya ada 67 ekor Badak Bercula Satu yang tersisa di daerah konservasi.

Burung Cendrawasih – Papua

hewan unik indonesia
Credits: raparapa.co

Hewan unik Indonesia yang berasal dari tanah Papua ini punya campuran warna merah, putih, kuning, dan hijau yang cantik banget. Kamu bisa menemukan burung ini di hutan hujan tropis, hutan dataran rendah, perbukitan dan pegunungan pulau Papua bagian selatan. Tapi ingat, kamu hanya boleh melihat dan memfoto ya, karena mengambil burung ini dilarang oleh pemerintah!

Burung Maleo – Sulawesi Utara

hewan unik indonesia
Credits: jalaksuren.net

Burung yang besar ini bisa kamu temukan di dataran rendah Pulau Sulawesi, seperti Gorontalo dan Banggai. Biasanya Burung Maleo memiliki warna bulu hitam dengan perpaduan warna krim dan putih di bagian perut. Saat ini Burung Maleo menjadi hewan langka karena habitatnya berkurang dan telurnya sering diambil pemburu. Uniknya, telur Burung Maleo besar banget, 5 kali ukuran telur ayam lho!

Wah, ternyata Indonesia punya banyak hewan unik dari berbagai daerah ya! Pasti bisa jadi pengalaman yang seru kalau bisa melihat langsung berbagai hewan tadi.

Udah kepengin banget? Mending langsung aja rencanakan liburan untuk melihat-lihat hewan unik tadi. Ini waktumu jalan-jalan bersama Airy! Di Airy, kamu bisa mendapatkan kamar penginapan dan tiket pesawat dengan harga terbaik! Caranya mudah, tinggal download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Kalau kamu mau potongan harga yang lebih banyak, jangan lupa follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Ada banyak promo untuk kamu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *