Keuntungan dan Cara Check in Online Maskapai Penerbangan Indonesia

Check in onlineSaat akan bepergian dengan pesawat terbang, salah satu hal yang wajib kamu lakukan adalah check in. Familiar dengan istilah ini? Check in adalah proses verifikasi dan pengecekan berkas-berkas seperti KTP dan tiket pesawat sebelum penumpang akan berangkat. Selain dilakukan di bandara, saat ini penumpang dapat melakukan check in sendiri secara online. Dengan melakukan check in online, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan, yaitu:

1. Tidak perlu menunggu lama untuk antre dan check in di bandara

Check in online
Credit: komando.com

Setelah melakukan check in online, kalau kamu bepergian tanpa memasukkan barang ke bagasi pesawat, kamu bisa langsung melenggang ke dalam waiting room tanpa berdiri lama di depan tempat check in di bandara. Jadi kamu tak perlu datang terburu-buru. Praktis banget, kan?

2. Pilih sendiri kursi favoritmu!

Check in online

Adakah posisi kursi yang kamu sukai? Kalau ingin menikmati pemandangan di luar pesawat, kamu bisa memilih kursi di sebelah jendela. Atau kalau kamu sering ke toilet, silahkan memilih kursi yang di dekat lorong. Nah, dengan melakukan check in online, kamu bisa memilih sendiri kursi yang kamu mau, bahkan melihat kursi mana saya yang sudah diisi dan mana yang masih kosong! Ada maskapai yang mengenakan biaya untuk pemilihan kursi, seperti Air Asia dan Citilink. Tapi beberapa maskapai lainnya tidak mengenakan biaya pemilihan kursi pesawat. 

3. Mengurangi resiko ketinggalan pesawat

Check in online

Ketika kamu melakukan check in online, kamu telah mengkonfirmasi kehadiran dan namamu sudah masuk dalam database penerbangan. Jika saat final call kamu belum berada di dalam pesawat, namamu akan dipanggil sebanyak tiga kali sebelum pesawat lepas landas. Hal ini akan mengurangi resiko kamu ketinggalan pesawat. Sangat menguntungkan, ya!

Setelah melihat keuntungan-keuntungannya, ini waktunya kamu mengetahui cara melakukan check in online. Pertama, yang kamu butuhkan adalah PNR (Passenger Name Record). PNR adalah deretan kode angka dan huruf acak yang berisi identitas dan penerbangan kamu. Kemudian, masuk ke website khusus yang telah disediakan maskapai penerbangan pilihanmu. Check in online dapat kamu lakukan mulai 14 hari hingga 4 jam sebelum jadwal penerbanganmu.

Untuk memudahkan dan membantu kamu, Airy sudah siapkan daftar maskapai dan website untuk melakukan check in secara online.

Nama maskapai Website
Lion Air Web check in di sini
Citilink Web check in di sini
Batik Air Web check in di sini
Sriwijaya Air Web check in di sini
Garuda Indonesia Web check in di sini
Air Asia Web check in di sini

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui keuntungan dan cara melakukan check in secara online. Sudah waktunya kamu menerapkannya untuk penerbanganmu berikutnya! Belum membeli tiket pesawat? Tenang! Buruan download dan install aplikasi Airy dari Google Play Store dan App Store. Temukan tiket pesawat dan kamar hotel untuk perjalanan kamu. Jangan lupa follow juga media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Ada banyak promo untuk kamu!

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *